Mark Zuckerberg Ungkap Meta Mulai Uji Coba Tampilkan NFT di Instagram Pekan Ini

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 10 Mei 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi Instagram
Perbesar
Ilustrasi Instagram (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan, mereka akan memulai uji coba untuk bisa menghadirkan koleksi digital berupa Non-Fungible Token (NFT) di platform Instagram.

Hal ini diungkap oleh Zuckerberg melalui sebuah video yang ia unggah di akun Facebook-nya, serta telah dikonfirmasi lebih lanjut oleh Head of Instagram, Adam Mosseri.

"Pekan ini kami mulai menguji koleksi digital di Instagram sehingga kreator dan kolektor dapat menampilkan NFT mereka di profilnya," tulis Zuckerberg dalam unggahan itu, dikutip Selasa (10/5/2022).

Mark Zuckerberg mengatakan, mereka mulai mengembangkan NFT tidak hanya dalam pengerjaan metaverse dan Reality Labs-nya, tetapi juga di aplikasi lain milik mereka.

"Kami juga akan membawa fungsi serupa ke Facebook, dan mungkin ke aplikasi lain di keluarga kami," ujarnya.

Zuckerberg menambahkan, mereka juga akan menggarap NFT dalam bentuk augmented reality (AR), atau yang dia sebut sebagai 3D NFT, ke Instagram Stories menggunakan Spark AR.

Sementara, dalam video pengumumannya, Adam Mosseri mengungkapkan bahwa sekelompok kecil di Amerika Serikat sudah akan bisa menampilkan NFT mereka di feed, stories, dan messages.

Detail NFT yang ditampilkan di Instagram akan mirip dengan profil dan produk yang ditandai, dan diberi nama "digital collectibles." Melihat tag tersebut akan menampilkan detail seperti nama pembuat dan pemilik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mendistribusikan Kepercayaan

Ilustrasi NFT
Perbesar
Ilustrasi NFT (Unsplash)

Menurut Mosseri, uji coba kecil ini dilakukan supaya Instagram dapat belajar dari komunitasnya.

"Saya ingin mengakui di depan bahwa NFT dan teknologi blockchain dan Web3 secara lebih luas adalah tentang mendistribusikan kepercayaan, mendistribusikan kekuatan," kata Mosseri.

"Namun Instagram pada dasarnya adalah platform terpusat, jadi ada ketegangan di sana. Jadi alasan mengapa kami mulai (tes) kecil ini adalah kami ingin memastikan kami bisa belajar dari komunitas."

Mosseri pun menambahkan, dukungan untuk NFT di Instagram dapat membantu memperkenalkan teknologi ini ke lebih banyak orang.

Selain itu, dalam keterangan videonya, Mosseri menambahkan bahwa tidak ada biaya yang dikenakan untuk unggahan koleksi digital di Instagram.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Adam Mosseri (@mosseri)

Zuckerberg sendiri memang sempat mengatakan bahwa mereka akan membawa NFT ke dalam Instagram. Hal ini dikatakannya kepada SXSW.

"Kami sedang bekerja untuk membawa NFT ke Instagram dalam waktu dekat," kata Zuckerberg kepada SXSW, dikutip dari Engadget, Kamis (17/3/2022).

Salah satu pendiri Facebook itu tidak merinci akan seperti apa bentuknya. Namun dia mengatakan, orang akan bisa memamerkan NFT, serta berpotensi membuat yang baru.

 


Zuckerberg Ungkap NFT Bakal Hadir di Instagram

Bos Facebook Mark Zuckerberg Hadapi Sidang Parlemen Eropa
Perbesar
Bos Facebook Mark Zuckerberg Hadapi Sidang Parlemen Eropa (AFP)

"Saya belum siap untuk mengumumkan dengan tepat apa yang akan terjadi hari ini," kata Mark Zuckerberg pada saat itu.

"Namun selama beberapa bulan ke depan, kemampuan untuk membawa beberapa NFT Anda masuk, diharapkan seiring waktu bisa menghasilkan hal itu dalam ekosistem tersebut," imbuhnya.

Selain itu, The Financial Times juga melaporkan, Meta berharap untuk menambahkan NFT ke dalam dompet kripto Novi.

Dalam kesempatan berbeda, Zuckerberg juga mengatakan bahwa NFT suatu saat bisa memainkan peran dalam metaverse perusahaan.

"Saya harap Anda tahu, pakaian yang dikenakan avatar Anda di metaverse, Anda tahu, pada dasarnya dapat dicetak sebagai NFT dan Anda dapat membawanya ke tempat yang berbeda," kata suami Priscilla Chan ini.

 


Meta Bukan yang Pertama

Twitter NFT
Perbesar
Twitter NFT

Meski begitu, Instagram bukan media sosial pertama yang bakal menghadirkan fitur NFT di platformnya. Bulan Januari lalu, Twitter mengumumkan fitur di mana pengguna dapat menampilkan NFT sebagai foto profil mereka.

Adapun fitur ini baru hanya tersedia bagi pengguna iOS berlangganan Twitter Blue, dan menghubungkan akun Twitter mereka ke dompet kripto.

Bagi pengguna yang memasang gambar NFT di Twitter, maka profil mereka akan tampil dengan bentuk heksagon -- berbeda dengan yang biasanya bulat.

Dikutip dari The Verge, Minggu (23/1/2022), saat profil gambar NFT di tap, maka akan muncul detail tentang informasi karya dan kepemilikannya.

(Dio/Ysl)

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya