WhatsApp Eror? Simak 5 Langkah Ini untuk Mengatasinya

Oleh Agustinus Mario Damar pada 10 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi milik Meta ini kerap menjadi andalan pengguna smartphone untuk berkirim pesan.

Kendati demikian, ada kalanya aplikasi ini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Terkadang, salah satu masalah yang dihadapi pengguna adalah kesulitan terhubung dengan layanan WhatsApp atau tidak bisa berkirim pesan.

Lalu, masalah lain yang juga kadang muncul adalah tidak bisa membuka aplikasi WhatsApp. Beberapa kasus WhatsApp eror sendiri sebenarnya bisa diatasi secara mandiri oleh kamu.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com berbagi tips untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi di WhatsApp seperti dikutip dari Android Authority, Selasa (10/5/2022).

1. Tutup dan Buka Kembali Aplikasi

Salah satu cara simpel untuk mengatasi WhatsApp yang bermasalah, kamu bisa menutup dan membuka kembali aplikasi tersebut.

Cara ini biasanya dapat mengembalikan fungsi aplikasi ke awal dan menyelesaikan masalah yang muncul.

2. Perbarui Aplikasi

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah mengecek apakah ada update yang tersedia untuk aplikasi WhatsApp dan segera melakukan pembaruan. Sebab, update biasanya dirilis dengan sejumlah pembaruan untuk mengatasi bug di sebuah aplikasi.

3. Restart Smartphone

Salah satu cara ampuh lain yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi WhatsApp bermasalah adalah melakukan restart smartphone.

Metode ini menjadi salah satu opsi yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah di smartphone.

4. Cek Internetmu

Setelah mencoba beberapa cara di atas, ada kemungkinan jaringan internetmu yang bermasalah, sehingga tidak dapat terhubung dengan WhatsApp. Untuk itu, kamu dapat mencoba untuk mengakses layanan lain dan memastikan koneksi internetmu.

5. Cek Kondisi WhatsApp

Selain cara-cara di atas, tidak tertutup kemungkinan memang WhatsApp tengah mengalami masalah. Karenanya, kamu bisa mengecek informasi ini di platform lain dan memastikan apakah memang aplikasi chatting tersebut tidak dapat digunakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penggguna WhatsApp Kini Bisa Kirim File Hingga 2GB

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

WhatsApp mengumumkan kemampuan untuk berkirim file melalui platformnya kini telah ditingkatkan. Lewat peningkatan ini, pengguna sekarang bisa berkirim file dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya.

Dikutip dari blog WhatsApp, Jumat (6/5/2022), pengguna kini dapat mengirimkan file dengan ukuran hingga 2GB dalam sekali waktu. Tidak hanya itu, perusahaan juga memastikan pengiriman ini tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

"Kini, kamu bisa mengirimkan file di WhatsApp hingga 2GB dalam sekali waktu, dan dilindungi dengan proteksi end-to-end," tulis perusahaan melalui situsnya. Peningkatan kemampuan berkirim file ini terbilang signifkan.

Seperti diketahui, sejauh ini kemampuan berkirim file di aplikasi WhatsApp dibatasi hingga 100MB saja. Karenanya, kemampuan baru ini jelas kian membantu para pengguna aplikasi chatting milik Meta ini.

Menurut WhatsApp, peningkatan kemampuan ini diharapkan bisa membantu kolaborasi antara pengguna, baik untuk keperluan bisnis maupun produktivitas. Untuk mengoptimalkan fitur ini, perusahaan menyarankan pengguna untuk memakai WiFi ketika berkirim file dengan ukuran besar.

"Kami merekomendasikan memakai WiFi untuk mengirimkan file berukuran besar dan kami akan menampilkan penghitung saat (pengguna) mengunggah atau mengunduh file untuk memberikan informasi bagi Anda berapa lama transfer akan berlangsung," tulis perusahaan.

Selain bisa kirim file berukuran besar, WhatsApp juga menambah kapasitas jumlah pengguna yang bisa masuk dalam grup chat. Kini, pengguna dimungkinkan untuk bisa menambahkan hingga 512 orang ke dalam sebuah grup.


Fitur Reactions Resmi Hadir di WhatsApp

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. 

Kedua peningkatan tersebut rilis bersama dengan kehadiran fitur reactions untuk para pengguna. Saat ini, WhatsApp baru menyedikan enam pilihan reactions yang bisa digunakan pengguna, tapi ke depannya akan terus ditambahkan.

CEO Meta Mark Zuckerberg sendiri yang mengumumkan kehadiran fitur reactions di WhatsApp. Informasi tersebut ia umumkan melakui akun resminya di Facebook dan Instagram.

"Reactions di WhatsApp bergulir mulai hari ini," tulis Mark seperti dikutip dari unggahan di Instagram Storiesnya, dikutip Kamis (5/5/2022). Dalam unggahan tersebut, ia juga menampilkan enam reactions yang hadir kali ini.

Ada reactions acungan jempol, hati, tertawa terbahak-bahak, kaget, serta sedih. Sebagai tambahan, ada pula reactions yang kerap diartikan sebagai ucapan terima kasih atau tos.

Dalam unggahan melalui Facebook, Mark Zuckerberg juga menuliskan dalam waktu dekat lebih banyak ekspresi akan ditambahkan di fitur ini. Namun, ada kemungkinan fitur ini akan rilis secara bertahap untuk seluruh pengguna, sehingga saat ini tidak semunya sudah bisa memakainya.

Untuk diketahui, fitur reactions di WhatsApp sebenarnya sudah terdengar kehadirannya sejak tahun lalu, tapi baru muncul di versi beta baru pada bulan lalu. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi pada pesan yang diterima.

Dengan kata lain, pengguna WhatsApp kini bisa lebih ekspresif dalam memberikan reaksi terhadap pesan yang dikirimkan orang lain. Fitur ini sebenarnya sudah hadir lebih dulu di aplikasi Facebook.

Reactions memperkaya respons pengguna pada unggahan maupun komentar Facebook, sehingga tidak lagi sekadar tombol like.

Menurut laporan, awalnya WhatsApp tidak memiliki rencana mengungkap kehadiran fitur reactions untuk para pengguna. Namun pada akhirnya, perusahaan mulai mengembangkan fitur ini di iOS versi beta, kemudian untuk Android.


Cara Menggunakan Fitur Reactions atau Reaksi Emoji di WhatsApp

Reaksi emoji atau fitur Reactions di WhatsApp baru saja resmi diluncurkan. Hal ini dikonfirmasi oleh kepala WhatsApp, Will Cathcart, dalam sebuah video di Twitter dan di blog WhatsApp.

"Kami senang mengumumkan bahwa reaksi akan datang ke WhatsApp dimulai dengan 👍❤️😂😮😢🙏 beserta semua emoji dan warna kulit yang akan datang," ujarnya saat pengumuman fitur tersebut.

Melalui fitur baru WhatsApp ini kamu akan menemukan sejumlah reaksi emoji yang intuitif. Namun sepertinya, fitur ini digulirkan secara bertahap karena tak semua pengguna langsung bisa menggunakannya.

Agar kamu tak penasaran, berikut cara menggunakan fitur Reactions atau reaksi emoji di WhatsApp.

  • Buka obrolan tempat pesan yang ingin kamu tanggapi.
  • Tekan dan tahan pada pesan yang kamu terima dan ingin kamu tanggapi.
  • Sebuah pop-up akan muncul dengan 6 emoji yang bisa kamu gunakan untuk bereaksi.
  • Pilih salah satu dari 6 emoji itu untuk menggunakannya sebagai reaksi.
  • Reaksi pesan kamu akan muncul di bawah pesan yang kamu pilih sebelumnya.

(Dam/Isk)


Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker
Perbesar
Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya