Sukses

Menkominfo: Mudik dan Perayaan Idul Fitri Momentum Pengakhiran Pandemi Jadi Endemi

Hal itu diungkapkan Menkominfo Johnny G. Plate saat Temu Keluarga Besar Kemkominfo yang berlangsung secara hibrida.

Liputan6.com, Jakarta - Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Johnny G. Plate menyatakan pelaksanaan mudik dan perayaan Idul Fitrii 1443 H merupakan momentum pengakhiran pandemi Covid-19. Hal itu ia ungkapkan saat Temu Keluarga Besar Kemkominfo yang berlangsung secara hibrida.

Menurut Menkominfo, aktivitas masyarakat selama bulan Ramadhan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, meski di tengah pandemi. Ia juga mengapresiasi masyarakat yang saat bersilaturahmi dengan keluarga tetap menjaga protokol kesehatan dan menjaga kelancaran perjalanan mudik.

Oleh sebab itu, ia menuturkan, pelaksanaan mudik dan Lebaran yang lancar kali ini bisa menjadi awal dari pengakhiran pandemi Covid-19 di Indonesia. 

"Saya tentu berharap bahwa mudik kali ini menjadi indikator penting Indonesia berhasil mengendalikan pandemi dan sebagai awal dari pengakhiran pandemi, awal dari kita menuju situasi lingkungan endemi Covid-19 di Indonesia dan di dunia," tuturnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima, Senin (9/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri untuk seluruh sivitas Kemkominfo. Turut hadir dalam acara tersebut adalah Sekretaris Jenderal Kemkominfo Mira Tayyiba.

Mira menuturkan, silaturahmi yang digelar dalam bingkai halal bihalal ini sesungguhnya sejalan dengan salah satu tugas Kemkominfo, yakni connect the unconnected. Namun, menurutnya, penyediaan akses internet saja tidak cukup.

"Kita harus mengambil beberapa langkah lebih maju seperti meningkatkan literasi dan kecakapan digital, serta menjaga ruang digital dari hoaks dan konten negatif demi mewujudkan pemanfaatan teknologi digital yang tidak saja inklusif tetapi juga lebih produktif dan lebih bermakna," ujarnya.

Ia pun mengharapkan semangat silaturahmi dapat menjadi energi dalam menyelesaikan program kerja Kemkominfo. Harapannya, energi positif dan perasaan riang setelah berkumpul dengan keluarga di Idul Fitri dapat terus dibawa dalam bekerja untuk menyelesaikan berbagai program kerja sekaligus target.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menkominfo Pastikan KesiIapan Layanan Telekomunikasi Saat Mudik dan Lebaran 2022

Sebelumnya, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) Johnny G. Plate memastikan kesiapan operator seluler dalam antisipasi perjalanan mudik termasuk Lebaran 2022. Johnny juga mengunjungi pusat sistem pemantauan Telkom yang ada di Cirebon.

"Saya baru saja melakukan monitoring persiapan antisipasi perjalanan mudik 2022, dan dapat saya sampaikan operator seluler sudah menyiapkan persiapan yang baik, berkaitan dengan infrastruktur, personel, maupun surveillance system ," tutur Menkominfo dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (29/4/2022).

Menurut Johnny, persiapan matang ini dibutuhkan karena sudah sekitar dua tahun masyarakat tidak bisa pulang ke kampung halaman karena pandemi Covid-19. Selain itu, masyarakat saat ini telah terbiasa menggunakan gadget dalam aktivitasnya.

Oleh sebab itu, Johnny menuturkan, ketersediaan bandwidth menjadi sangat penting agar layanan telekomunikasi tetap dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakat. Terlebih saat ini, menurut Johnny, juga sudah mulai terlihat perubahan traffic data dari kota besar ke kota-kota tujuan mudik.

Selain memastikan kesiapan, Johnny juga menyampaikan pada para operator seluler dalam melakukan pemantauan untuk bisa berkoordinasi dengan surveillance system dari Kemkominfo. Ia menuturkan, ada tiga surveillance system yang telah beroperasi penuh di Kemkominfo saat ini.

"Yang pertama Pusat Monitoring Telekomunikasi Kominfo yang memonitoring bandwidth untuk memantau quality of servicequality of experience telekomunikasi di seluruh Indonesia," tuturnya menjelaskan.

Surveillance system yang kedua dimiliki BLU BAKTI. Sistem ini akan memantau backbone jaringan fiber optik di darat dan laut, monitoring akses internet atau penggunaan satelit, termasuk permasalahannya.

Terakhir untuk mendukung bulan Ramadhan dan Lebaran kali ini, cyber drone dan pengendalian Kemkominfo di ruang digital juga beroperasi penuh untuk bisa memberikan kenyamanan ruang digital bagi masyarakat.

"Dengan melakukan tindakan tegas selama Ramadhan, termasuk melakukan take down atas konten yang tidak seharusnya," tuturnya. Ia juga menutuirkan, pemerintah bekerja sama dengan ekosistem untuk memastikan infrastruktur fisik maupun digital bisa memberikan layanan yang memadai selama perjalanan mudik tahun ini.

3 dari 5 halaman

Kemkominfo Luncurkan E-Book Mudik Aman dan Sehat untuk Panduan Pemudik

Kemkominfo juga meluncurkan buku elektronik "Mudik Aman & Sehat 2022". Buku ini berisi panduan mudik dan merupakan hasil kolaborasi dengan Kemenhub, Kemenag, Kepolisian RI, Majelis Ulama Indonesia, dan Satgas Covid-19.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Usman Kansong menyebut, peluncuran buku elektronik Mudik Aman & Sehat ditujukan sebagai panduan bagi masyarakat agar mudah mencari informasi dan menerapkan protokol kesehatan selama mudik.

"Buku ini kami luncurkan sebagai panduan bagi masyarakat yang ingin mudik, untuk memudahkan dalam mencari informasi seputar mudik dan protokol kesehatan selama mudik, dalam sebuah buku saku yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja," kata Usman, dikutip dari keterangan Kemkominfo, Selasa (26/4/2022).

Usman mengatakan, e-book panduan mudik tersebut berisi nomor-nomor penting yang mungkin diperlukan saat mudik, syarat dan aturan mudik, program mudik gratis, rekayasa lalu lintas, dan protokol kesehatan.

"Informasi di dalam e-book yang bisa didapatkan masyarakat, termasuk sejarah tradisi mudik dan tips agar tetap bugar saat mudik. Itu penting karena kita masih dalam situasi Covid-19 selama silaturahmi Lebaran 2022," ujar Usman.

Usman menyebut, Kemkominfo telah memastikan kesiapan jaringan elektronik dan telekomunikasi selama mudik dan Lebaran 2022. Menurutnya hal ini penting untuk mendukung kelancaran masyarakan dalam mengakses Buku Panduan Mudik Aman & Sehat sekaligus aktivitas digital lain.

"Dalam buku panduan Mudik Aman & Sehat, disertakan pula informasi bermanfaat untuk kelancaran mudik, mulai dari info lalu lintas, Korlantas, dan NTMC Polri. Ada pula informasi titik vaksinasi di Tol Jagorawi, aplikasi PeduliLindungi, dan peta kuliner mudik di Pulau Jawa," katanya. 

4 dari 5 halaman

Isinya Terus Diperbarui Sesuai Kebijakan

Dengan demikian, pemudik bisa melakukan perjalanan mudik sembari berwisata kuliner sekaligus ikut memajukan UMKM.

Buku Mudik Aman & Sehat bisa diakses melalui tautan linktr.ee/mudik2022. Usman menyebut buku elektronik tersebut sebagai living document.

"Artinya, informasi yang ada di dalamnya akan selalu diperbarui jika ada kebijakan protokol kesehatan atau informasi terbaru," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menhub Bidang Komunikasi Thonthowi Djauhari memuji kolaborasi sejumlah pihak terkait dalam pembuatan e-book tersebut.

Ia menilai, keberadaan e-book tersebut melengkapi sejumlah persiapan yang dilakukan Kemenhub selaku regulator yang membawahi bidang transportasi.

"Buku panduan mudik e-book 2022 sangat memudahkan pemudik karena bisa dibaca melalui smartphone, banyak informasi di dalamnya, termasuk mengetahui jadwal ganjil genap dan angkutan barang," kata Thonthowi.

Dengan begitu, pemudik bisa memilih kapan sebaiknya mereka melaksanakan mudik.

Berdasarkan survei Litbang Kemenhub, diperkirakan akan ada peningkatan mobilitas signifikan selama mudik Lebaran tahun 2022 dibandingkan Lebaran 2021 dan Nataru 2021/2022.  

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.