Top 3 Tekno: Pemecatan Sejumlah Manajer Senior Amazon Tuai Perhatian

Oleh Iskandar pada 08 Mei 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 11:00 WIB
Amazon Hadir di Singapura
Perbesar
Pekerja memindai barang ketika mencari pesanan pelanggan di pusat gudang toko online Amazon usai resmi dibuka di Singapura, Kamis (27/7). Amazon telah meluncurkan layanan pengiriman Amazon Prime Now di Negeri Singa itu. (AP Photo/Joseph Nair)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah manajer senior Amazon kena pemutusan hubungan kerja (PHK). Sejumlah karyawan anonim mengatakan kepada The New York Times bahwa pemecatan itu terjadi sebulan setelah para pekerja memilih untuk berserikat.

Berita ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Jack Ma yang dirumorkan ditangkap oleh polisi. Isu ini berimbas pada nilai saham Alibaba yang anjlok sebanyak 10 persen.

1. Amazon Pecat Sejumlah Manajer Senior, Ada Apa?

Amazon memecat sejumlah manajer senior dari gudang JFK8 di Staten Island, belum lama ini, hanya sebulan setelah para pekerja memilih untuk berserikat.

The New York Times melaporkan perusahaan memecat lebih dari enam pekerja tingkat senior pada Kamis, (6/5/2022), di mana banyak dari mereka terlibat dalam pengorganisasian serikat pekerja.

Sejumlah karyawan anonim mengatakan kepada The New York Times, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu (7/5/22), bahwa mereka yakin pemecatan itu sebagai 'pembalasan'.

Untuk diketahui, JFK8 adalah gudang Amazon pertama dan saat ini satu-satunya yang memiliki serikat pekerja di AS.

Dalam sebuah pernyataan kepada Engadget, raksasa e-commerce itu mengatakan para pekerja dipecat sebagai akibat dari 'perubahan manajemen'.

“Bagian dari budaya kami di Amazon adalah untuk terus meningkatkan, dan kami percaya penting untuk meluangkan waktu untuk meninjau apakah kami melakukan yang terbaik untuk tim kami atau tidak," kata Amazon.

"Selama beberapa minggu terakhir, kami menghabiskan waktu untuk mengevaluasi aspek operasi dan kepemimpinan di JFK8, dan sebagai hasilnya membuat beberapa perubahan manajemen,” sambung perusahaan.

Baca selengkapnya di sini 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Rumor Jack Ma Ditangkap Polisi Bikin Alibaba Rugi Rp 377 Triliun

Jack Ma Terlihat di Mallorca Spanyol
Perbesar
Jack Ma Terlihat di Mallorca, Spanyol

Rumor penangkapan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, membuat saham perusahaan anjlok sebanyak 10 persen dalam beberapa menit pada Selasa pagi (3/5/2022) dan merugikan perusahaan senilai US$ 26 miliar atau sekitar Rp 377 triliun.

Jack Ma belakangan ini jarang terlihat di depan umum sejak pemerintah China melancarkan tindakan keras terhadap bisnis Alibaba pada akhir 2020.

Media yang dikelola pemerintah China melaporkan bahwa seorang pria dengan nama yang sama dengan Ma--merupakan nama yang sangat umum di China--ditangkap polisi karena dugaan pelanggaran keamanan nasional.

Penangkapan itu terjadi di kota Hangzhou, China, tempat perusahaan e-commerce itu bermarkas. Demikian sebagaimana dikutip dari New York Post, Sabtu (7/5/2022).

Berita Jack Ma ditangkap polisi mengguncang pasar karena investor mulai menjual saham Alibaba. Harga saham perusahaan turun 9,4 persen pada awal perdagangan di Hong Kong pada Selasa kemarin, menurut Bloomberg News.

Tetapi kemudian media yang dikelola pemerintah mengeluarkan klarifikasi, menegaskan kalau orang yang dimaksud bukanlah Jack Ma.

Orang yang ditangkap, diidentifikasi sebagai karyawan perusahaan IT lokal, dilaporkan lahir pada tahun 1985 atau 20 tahun lebih muda dari Jack Ma.

Setelah klarifikasi tersebut muncul, saham Alibaba perlahan mulai naik dan menutupi kerugian perusahaan.

Jack Ma sudah lama absen dari panggung publik sejak November 2020, ketika dia diseret untuk diinterogasi oleh regulator karena mengkritik bank-bank milik negara China. Imbasnya, IPO dari perusahaannya yang lain (Ant Group) berujung gagal total.

Baca selengkapnya di sini 4956654

 


3. 1,2 Juta Gamers Ramaikan Masa Pra-Registrasi Ys 6 Mobile

Game mobile Ys 6 Mobile-The Ark of Napishtim
Perbesar
Game mobile Ys 6 Mobile-The Ark of Napishtim

VNG Corporation selaku pubisher game mengklaim ada lebih dari 1,2 juta gamers yang mengikuti masa pra-registrasi Ys 6 Mobile yang berlangsung di Asia Tenggara termasuk Indonesia, pada 16 April sampai 5 Mei 2022.

"Pada periode pra-registrasi tercatat lebih dari 1,2 juta gamers berpartisipasi dan 10.000 gamers ikut serta mencoba game ini pada periode alpha test," ungkap Product Operation Lead dari VNG Corporation, Jhonsen Lim, melalui keterangannya, Sabtu (7/5/2022).

Ia menyebut pihaknya sangat excited bisa membawa Ys 6 Mobile ke Indonesia. Game Action RPG klasik ini disebut telah lebih dulu diluncurkan di negara lain dan mendapatkan feedback positif. Begitu juga dengan Indonesia, antusiasme gamer sangat luar biasa.

"Dengan story yang kuat, gameplay yang menarik dan didukung komunitas solid, kami sangat yakin Ys 6 Mobile bisa menjadi salah satu game terbaik di Indonesia,” pungkas Lim dengan penuh percaya diri.

Marketing Lead dari VNG, Sheilla Pinem, menambahkan untuk mensukseskan periode pra-registrasi, perusahaan menyiapkan event spesial berupa lucky draw dengan hadiah seperti: ROG Phone 5s, TWS Razer Hammerhead, Blackshark Magnetic Cooler, dan Merchandise Exclusive dari Ys 6 Mobile.

"Selain itu, di periode Open Beta, kami juga mengajak banyak talent untuk berpartisipasi melalui berbagai aktivitas menarik yang akan membantu gamers dalam berpetualang," tuturnya.

Memasuki masa Open Beta, VNG juga mempersiapkan sejumlah kegiatan interaktif, seperti live stream, review, pembahasan lengkap serta walkthrough Ys 6 Mobile, yang akan dilakukan oleh gaming influencer populer dari Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya