Sukses

Cara Memblokir Nomor Telepon Mengganggu di iPhone

Cara memblokir nomor telepon mengganggu di iPhone, melalui aplikasi Telepon hingga iMessage.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang sedang mencoba menghindari panggilan spam atau menghindari kontak dengan mantan pacar, memblokir nomor telepon seseorang bisa jadi jawaban untuk menjaga privasi.

Memblokir nomor jadi cara tercepat dan termudah untuk mematikan gangguan digital yang tidak diinginkan. Dengan memblokir nomor, orang tidak akan lagi menerima panggilan telepon, SMS, atau permintaan FaceTime yang masuk dari nomor yang diblokir.

Lawan bicara akan langsung ditujukan ke pesan suara setiap kali mereka menelepon kita.

Nomor yang diblokir masih dapat keluar dari pesan suara, namun tidak akan ditampilkan dalam pesan suara visual standar. Sebagai gantinya, pengguna yang menelepon itu akan masuk ke bagian "pesan yang diblokir" yang bisa diabaikan sepenuhnya.

Bagi pengguna iPhone, ada beberapa metode untuk memblokir nomor. Berikut informasinya, dikutip dari The Verge, Kamis (5/5/2022).

Cara Blokir Nomor dari Aplikasi Telepon iPhone

1. Buka aplikasi Phone

2. Ketuk pada tab Recent atau Terbaru

3. Ketika pengguna melihat nomor yang ingin diblokir, ketuk tanda huruf i yang ada di sisi kanan layar

4. Pada bagian paling bawah layar berikutnya (setelah mengetuk huruf i), akan ada opsi "Blokir Penelepon Ini" atau Block this Caller.

Ketuk opsi tersebut dan nomor telepon tersebut tidak akan lagi bisa menjangkau kita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Blokir Nomor dari Aplikasi Pesan iPhone

Jika seseorang terus mengganggu melalui pesan yang masuk ke iPhone, ada cara mudah untuk memblokir nomor secara langsung melalui aplikasi Messages Apple.

1. Ketuk informasi pengirim yang ada di bagian paling atas percakapan

2. Ketuk Info

3. Pada bagian paling bawah laman info, pengguna akan melihat opsi untuk Blokir Penelepon Ini atau Block this Caller dalam teks berwarna merah.

Cara Unblock Nomor di iPhone

Jika pengguna ingin orang yang nomornya sudah diblokir bisa mengontaknya kembali, Apple menyiapkan cara untuk menghapus nomor dari daftar kontak yang diblokir.

1. Buka aplikasi Setting di iPhone

2. Ketuk Phone

3. Pilih Kontak yang Telah Diblokir atau Blocked Contacts

4. Pada layar selanjutnya, pengguna akan melihat daftar nomor yang telah diblokir. Ada dua cara untuk menghapus salah satunya.

Pertama, pengguna bisa mengetuk opsi Edit lalu pilih simbol minus merah di samping nomor yang ingin dibatalkan pemblokirannya.

Cara lain, pengguna bisa menggeser layar ke kiri di nomor mana pun untuk membuka blokirannya.

3 dari 4 halaman

Tiga iPhone Terancam Tak Dapat Update iOS 16

Saat iOS 16 diumumkan akhir tahun ini, kemungkinan akan ada tiga iPhone yang tidak lagi mendapatkan update iOS 16, meski kini ketiganya masih mendapatkan update software iOS 15.4.

Mengutip laman Tomsguide, Minggu (1/5/2022), berdasarkan tipster Apple LeaksApplePro, akan ada tiga iPhone yang kini menjalankan iOS 15, namun tidak akan mendapatkan iOS 16.

Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016).

Jika dicermati, ini bukan pertama kalinya beredar isu bahwa iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016) tidak akan mendapatkan update iOS 16. Tahun lalu, sumber berbeda menyatakan hal serupa.

Sebelumnya, di tahun lalu saat menghadirkan iOS 15, Apple memberikan kejutan yang menyenangkan. Di mana, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 bisa diperbarui software-nya hingga iOS 15.

Namun seiring iOS yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar dan daya komputasi yang lebih kuat, kejutan menyenangkan seperti di atas tidak bisa terus ada.

Apalagi, iPhone 6S dan generasi pertama iPhone SE 2016 telah berusia masing-masing 7 dan 6 tahun pada tahun 2022 ini. Jadi sepertinya tidak begitu mengejutkan jika Apple menghentikan dukungan update iOS untuk ketiga model iPhone di atas.

Sebenarnya, mendapatkan dukungan update iOS hingga tujuh tahun lamanya menunjukkan betapa baiknya Apple dibandingkan berbagai merek ponsel Android.

Seperti diketahui, pembesut smartphone Samsung dan Google baru-baru ini saja mengumumkan dukungan software lebih panjang untuk perangkatnya.

4 dari 4 halaman

Bocoran Fitur iOS 16

Meski begitu, langkah Google dan Samsung tersebut masih belum bisa menyamai apa yang dilakukan Apple, yang telah menyuguhkan update iOS selama bertahun-tahun lamanya.

Tipster LeaksApplePro menyebut, iOS 16 akan hadir dengan fitur iOS yang lebih kaya, widget interaktif, pemintas 'quick action' yang bisa dipakai dari lockscreen, dan penyempurnaan kecil di aplikasi File serta Reminders.

Berdasarkan bocoran sebelumnya, iOS 16 disebut-sebut akan menambahkan fitur pelacakan kesehatan baru dan kemampuan headset VR/ AR Apple yang akan datang.

Jika kamu adalah pemilik iPhone 6S, kehilangan iOS 16 bukanlah akhir dari segalanya. Pengguna tidak memerlukan iOS versi terbaru untuk menggunakan iPhone kamu sepenuhnya, tetapi mungkin pengguna akan merasa kehilangan jika ada sebuah fitur yang sangat menyenangkan diperkenalkan di generasi iOS mendatang.

Meski begitu, memiliki iPhone yang mendukung iOS 16 tidak menjamin pengguna mendapatkan seluruh fitur. Sebelumnya, persyaratan pemrosesan untuk beberapa fitur iOS 15 hanya bisa dipakai di iPhone XR dan iPhone XS ke atas.

Ponsel lama bahkan tidak memiliki kemampuan seperti Live Text dan Audio Spatials di FaceTime.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.