Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik atau Berwisata di Libur Lebaran

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 03 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 03 Mei 2022, 18:00 WIB
FOTO: Libur Panjang, Lalu Lintas Menuju Puncak Macet
Perbesar
FOTO: Libur Panjang, Lalu Lintas Menuju Puncak Macet

Liputan6.com, Jakarta - Mudik dan berwisata menjadi kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia selama libur panjang Idul Fitri, termasuk di libur Lebaran 2022.

Apalagi tahun ini, pemerintah sudah kembali mengizinkan masyarakat untuk mudik dan memberikan waktu cuti bersama, yang dapat dimanfaatkan sebagai sebuah libur panjang.

Smartphone, saat ini menjadi salah satu peralatan yang tak boleh ditinggal dan akan tetap digunakan, termasuk saat mudik, berwisata, atau saat dalam perjalanan pulang ke kota tempat bekerja nantinya.

Mengingat penggunaannya yang terus menerus, tentu saja seringkali kita harus menghemat baterai agar ponsel tidak mati di tengah situasi yang mengharuskan kita menggunakannya.

Namun, bayangkan apabila kamu berada di tengah perjalanan mudik, balik, atau saat berwisata tanpa ada tempat untuk mengisi daya baterai ponsel. Mau tidak mau, kamu harus menghemat daya smartphone hingga seirit mungkin.

Maka dari itu, mengutip Gizchina, Selasa (3/5/2022), ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel, yang mungkin bisa kamu jajal selama libur panjang Lebaran 2022 ini.

1. Cek aplikasi yang paling boros baterai

Kamu bisa memulainya dengan mencari tahu aplikasi apa yang paling bikin borot baterai dengan masuk ke menu Settings atau Pengaturan, dan pilih Baterai.

Jika kamu melihat aplikasi boros baterai yang tidak pernah kamu gunakan, lebih baik matikan saja atau kalau perlu bisa di-uninstall.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Matikan Fitur dan Aplikasi yang Tak Dibutuhkan

Ilustrasi kamera ponsel
Perbesar
Ilustrasi kamera ponsel (Pixabay)

2. Turunkan kecerahan

Layar juga menjadi salah satu fitur di smartphone yang mengurasi baterai. Maka dari itu, kamu bisa menurunkan tingkat kecerahannya atau mematikan fitur kecerahan otomatis.

3. Matikan fitur yang tidak diperlukan

Smartphone saat ini mendukung banyak fitur seperti LTE, NFC, GPS, WiFi, dan Bluetooth. Namun, tidak semuanya dibutuhkan selama seharian. Sehingga, kamu bisa mematikan yang tidak perlu untuk menghemat baterai.

4. Matikan aplikasi berjalan di latar belakang

Smartphone saat ini dibekali dengan kemampuan untuk multitasking atau membuka lebih dari satu aplikasi pada satu waktu. Namun tentu saja, ini juga mengurangi daya baterai.

Maka, matikan saja aplikasi yang sedang tidak digunakan untuk mengurangi beban kerja CPU dan pemakaian baterai.


Mematikan Notifikasi

Ilustrasi Layar Smartphone, Layar Ponsel
Perbesar
Ilustrasi Layar Smartphone, Layar Ponsel (Pixabay)

5. Buang widget dan live wallpaper yang tidak diperlukan

Widget di layar beranda atau live wallpaper jadi salah satu fitur yang mengurasi daya baterai. Untuk itu, kamu bisa mematikan keduanya.

6. Matikan notifikasi yang tidak penting

Beberapa aplikasi akan memberikan kamu notifikasi saat ada aktivitas tertentu, membuat layar menyala, menampilkan pesan, membuat LED berkedip, atau hal-hal lain. Kamu bisa mematikan fitur ini.

Cukup hidupkan beberapa notifikasi penting yang sering digunakan seperti pemberitahuan pesan masuk atau telepon tidak terjawab. Cara ini juga mengurangi gangguan dari ponsel saat kamu sedang beraktivitas.

7. Perbarui sistem dan aplikasi

Sistem dan aplikasi seringkali diperbarui dengan tujuan agar lebih sedikit menghabiskan daya baterai.

8. Matikan sinkronisasi otomatis

Membuat ponsel terus menerus melakukan sinkronisasi juga dapat mengurasi energi baterai. Untuk itu, kamu bisa mematikan fitur ini.

 


Memakai Mode Hemat Daya

Tak Perlu Pakai Tiket, Naik Pesawat JetBlue Bisa dengan Selfie
Perbesar
Ilustrasi swafoto (Pixabay)

9. Gunakan mode hemat daya ekstra jika dimiliki

Mode hemat daya membatasi telepon ke pesan teks, panggilan telepon, dan penjelajahan web. Cara ini pun bisa membuat baterai HP menjadi lebih irit.

10. Membeli versi premium dari aplikasi yang didukung iklan

Banyak aplikasi yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Seringkali, versi gratis akan menghadirkan iklan. Menampilkan iklan menggunakan lebih banyak data dan sedikit menguras baterai.

Membayar aplikasi untuk menghilangkan iklan pun bisa mengurangi tampilan iklan yang juga menghabiskan daya baterai.

Kamu juga bisa mengosongkan layar dari iklan yang mengganggu, mendapatkan lebih banyak fitur, serta menjadi bentuk dukungan untuk pengembang aplikasi tersebut.

(Dio/Isk)

infografis journal
Perbesar
infografis journal
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya