Xiaomi Bakal Luncurkan HP Android dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus

Oleh Yuslianson pada 01 Mei 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2022, 15:00 WIB
Xiaomi 12
Perbesar
Varian warna Xiaomi 12. (Doc: Xiaomi)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tersiar kabar Qualcomm sedang bersiap untuk meluncurkan chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Disebutkan, perusahaan akan mengumumkan kehadiran seri upgrade Snapdragon 8 Gen 1 itu pada Mei 2022.

Walau belum diketahui kapan chipset baru milik Qualcomm itu diungkap, diperkirakan produsen sudah siap meluncurkan HP Android dengan Snapdragon 8 Gen 1 Plus ini.

Salah satu perusahaan yang diyakini lebih awal menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 Plus ini adalah Xiaomi.

Kabar ini diungkap oleh reporter Xiaomiui, yang menemukan informasi tentang HP tersebut di source code MIUI.

Mengutip Xiaomiui via Gizchina, Minggu (1/5/2022), sebuah HP Android dengan nomor model "PlatformX475" muncul di berbagai aplikasi.

Berdasarkan bocoran yang beredar saat ini, Qualcomm menggunakan kode nama SM845 untuk penyebutan Snapdragon 8 Gen 1 Plus secara internal.

Diyakini, deretan HP Xiaomi yang akan menggunakan chipset baru milik Qualcomm tersebut, antara lain Xiaomi 12 Ultra, Mix Fold 2, 12S, 12SPro, dan 12T Pro/ Redmi K50S Pro.

Kemungkinan besar, Xiaomi 12 Ultra akan menjadi pilihan utama perusahaan untuk debut pertama chip Snapdragon 8 Gen 1 Plus itu.

Selain mengumumkan Snapdragon 8 Gen 1, Qualcomm disebutkan akan meluncurkan Snapdragon Gen 1.

Kabarnya, chipset milik Qualcomm ini akan tampil perdana di ponsel Oppo Reno8. Adapun informasi ini diungkap oleh leakster kenamaan, yakni Digital Chat Station (DCS).

 


Qualcomm Kucurkan Rp 1,4 Triliun untuk Eksosistem Metaverse

Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)

Qualcomm mengumumkan akan mengucurkan dana bagi pengembang dan perusahaan yang membangun ekosistem metaverse, yang termasuk di dalamnya ada teknologi XR (extended reality), AR (augmented reality), dan kecerdasan buatan.

Mengutip informasi dari ZDNet, Selasa (22/3/2022), dana yang disiapkan melalui program Snapdragon Metaverse Fund ini mencapai USD 100 juta atau sekitar 1,4 triliun. Dana ini akan disalurkan melalui kombinasi investasi ventura di oleh Qualcomm Ventures dan hibah dari Qualcomm Technologies.

Pendanaan ini nantinya akan diberikan pada perusahaan XR terkemuka untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi tersebut di berbagai bidang, seperti game, kesehatan dan kebugaran, media, hiburan, pendidikan, hingga keperluan bisnis.

Selain pendanaan, Qualcomm menuturkan, perusahaan yang masuk dalam program ini akan menerima akses awal ke sejumlah platform teknologi XR, mulai dari hardware, jaringan investor, termasuk kesempatan untuk melakukan pemasaran bersama dan promosi.

Pendaftaran untuk program Snapdragon Metaverse Fund ini akan dibuka pada Juni 2022. Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, berharap program ini dapat memberdayakan developer dan perusahaan untuk mendorong mereka mengembangkan teknologi generasi baru ini.


ESL Gaming dan Qualcomm Bakal Gelar Kompetisi Esports Mobile

ESL Gaming dan Qualcomm siap gelar turnamen Snapdragon Pro Series. (Doc: ESL/Qualcomm)

Tidak hanya itu, Qualcomm juga mengumumkan telah bekerja sama dengan Square Enix sebagai bagian dari Snapdragon Spaces Project. Lewat program ini, Snapdragon ingin mengembangkan headset untuk menghadirkan pengalaman gaming mixed-reality.

Untuk diketahui, pada tahun, Qualcomm memang menyebut Snapdragon akan menjadi tiket untuk menuju metaverse. Pernyataan itu bukannya tanpa alasan karena sebagai perangkat atau headset yang akan membawa pengguna ke metaverse telah menggunakan Snapdragon.

Sebelumnya, ESL Gaming bekerja sama dengan Qualcomm menggelar kompetisi esports untuk pemain di seluruh dunia. Kerja sama yang bergulir selama beberapa tahun ini merupakan komitmen bersama untuk memberikan pengalaman esports mobile yang mudah diakses dan berkualitas tinggi.

Kompetisi yang bertajukan Snapdragon Pro Series ini akan menjadi ekosistem esports mobile global yang mencakup komprehensif. Pelaksanaannya pun dilakukan di beberapa wilayah, seperti Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Tiongkok, Afrika Utara, dan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Kompetisi global ini bersifat multi-genre dengan acara final yang disiarkan secara langsung. Nantinya, perangkat yang digunakan dalam kompetisi ini dipersenjatai Snapdragon seri premium yang dilengkapi Snapdragon Elite Gaming.


Kompetisi Esports ESL Gaming dan Qualcomm

Logo Qualcomm Snapdragon di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia

Kompetisi ini akan hadir dengan tiga seri, yakni Open, Challenge, dan Masters. Kompetisi esports ini akan memberikan kesempatan bagi para pemain dari berbagai kawasan dan berbagai tingkat dengan total hadiah mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

Di sisi lain, Senior Vice President and Chief Marketing Officer, Qualcomm Technologies, Don McGuire menuturkan, Snapdragon Elite Gaming telah memimpin industri di seluruh teknologi mobile game. Karenanya, kemitraan ini menjadi pilar tambahan penting dari strategi gaming perusahaan.

"Dalam kemitraan dengan ESL, Snapdragon Pro Series akan menjadi pilar tambahan penting dari strategi gaming komprehensif kami yang memungkinkan perusahaan membangun kepemimpinan dalam kategori esports mobile secara global," tuturnya.

Kendati demikian, informasi mengenai game dan jadwal penyelenggaraan kompetisi ini belum diungkap. Dalam keterangannya, Qualcomm menyebut informasi detail mengenai program ini baru akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya