Sukses

Meta Indonesia Gelar Program Pelatihan dan Kompetisi untuk Kreator Spark AR

Meta Facebook berkolaborasi dengan Hacktiv8 menggelar Metavolution with Spark AR sebagai program pelatihan dan kompetisi kreator Spark AR di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Meta Facebook berkolaborasi dengan Hacktiv8 menggelar Metavolution with Spark AR, sebuah program kompetisi dan pelatihan bagi para kreator Spark AR di Indonesia. Program ini juga akan memberi kesempatan bagi para kreator memamerkan karya mereka pada calon klien.

Menurut Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, kreator Spark AR di Indonesia terus tumbuh dan berhasil menciptakan karya efek augmented reality (AR) yang menarik dan memberikan sentuhan pengalaman metaverse bagi komunitas sekaligus pelaku bisnis saling berbagi serta terhubung.

"Untuk itu, kami di Meta akan terus mendukung lahirnya lebih banyak kreator Spark AR dan memberikan kesempatan lebih besar kepada mereka menciptakan efek AR yang dapat membawa manfaat dan dampak ekonomi," tutur Pieter dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (28/4/2022).

Pieter menuturkan, Metavolution with Spark AR akan menjadi program bagi para kreator Spark AR membangun kemampuan mereka dengan keahlian baru, termasuk mengetahui tips dan trik membuat efek menarik sekaligus cara menawarkannya pada komunitas bisnis.

Dalam program ini, Meta akan mengumpulkan lebih dari 200 pengembang dari seluruh Indonesia. Mereka diminta untuk melakukan tes teori dan menyerahkan portofolio atau contoh hasil karya efek AR yang pernah mereka buat.

Dari 200 peserta terpilih, Meta dan Hacktiv8 akan memilih 50 kreator terbaik untuk mengikut program bootcamp selama kurang lebih empat minggu. Selama bootcamp, peserta akan belajar beragam hal, mulai dari seluk beluk efek AR tingkat lanjut, pengembangan diri, termasuk bisnis dan pemasaran.

Pada akhir program, 50 kreator terpilih akan masuk dalam tahap pitch fest. Dalam tahap ini, mereka berkesempatan ambil bagian dalam program bertema Metaverse dan Kreator yang akan digelar Meta di Indonesia pada pertengahan 2022.

Mereka akan mendapatkan tugas membuat efek AR sesuai tema yang diberikan. Meta menawarkan total hadiah senilai Rp 120 juta dalam program ini.

Lewat Metavolution with Spark AR, Meta memprediksi akan lahir sekitar 400 karya efek AR baru yang dapat dimainkan di Instagram dan Facebook. Pendaftaran program ini sudah dibuka dan akan ditutup dari 22 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Kiat Meta Facebook untuk Tetap Terhubung dengan Komunitas di Bulan Ramadhan

Bagi seluruh muslim di dunia, Ramadhan jadi momen yang tepat untuk berbagi kebaikan dengan sesama, termasuk teman-teman di komunitas.

Dengan dua miliar orang dari seluruh dunia menjalani Ramadan, banyak komunitas muslim yang menjalaninya dengan konsep pertemuan hybrid, baik tatap muka maupun daring.

Tak sedikit komunitas yang membuat berbagai cara dan pengalaman yang berkesan untuk anggota mereka merayakan Ramadan.

Untuk membantu komunitas Muslim menyambut dan merayakan Ramadan, Meta Facebook memberikan kiat bagi komunitas untuk terhubung dan membuat Ramadan berkesan.

1. Cari tahu bagaimana ciptakan kebersamaan saat Ramadan

Meta Facebook mengajak pengguna untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan komunitas mereka selama Ramadan dan bagaimana menciptakan kebersamaan, kegembiraan, dan interaksi di komunitas tersebut.

Momen ini dinilai bisa jadi momen tepat untuk memetakan beragam tipe anggota komunitas hybrid dan memahami bagaimana masing-masing kelompok di komunitas kamu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

2. Siapkan rencana untuk mencapai apa yang diinginkan

Lihat lagi apa yang aktivitas yang pernah berhasil diterapkan di komunitas dan apa yang diharapkan komunitas saat ini?

Hal ini akan membantu pengguna fokus membuat konten dan aktivitas daring maupun tatap muka yang sesuai tujuan dan harapan komunitas.

3 dari 4 halaman

Tips Selanjutnya

3. Cari tahu anggota komunitas yang bisa diandalkan

Lihat anggota komunitas kamu yang paling aktif baik secara offline maupun online, sebagai kandidat utama untuk membantu mengembangkan komunitas.

Ajak anggota ini untuk mendukung inisiatif komunitas selama Ramadan.

4. Manfaatkan jaringan untuk berkolaborasi

Lihat kembali jaringan pertemanan kamu, kenalan di komunitas lain, dan buat inisiatif untuk berkolaborasi dengan komunitas kamu.

Kalau kamu adalah orang yang mengelola grup publik di Facebook, periksa apakah kamu memenuhi syarat untuk menggunakan fitur Brand Collabs Manager.

Penggunaan fitur ini akan membuat komunitas kamu lebih mudah terlihat dan ditemukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan yang mencari mitra berkolaborasi di Ramadan ini.

5. Lakukan hal-hal di bawah ini agar konten kian menarik

- Berdiskusi dengan anggota komunitas tetang bagaimana mereka menjalankan Ramadan

- Apakah ada tradisi unik dan menarik selama Ramadan di daerah kamu atau anggota komunitas?

- Rencanakan format konten yang kamu inginkan saat berinteraksi dengan komunitas.

4 dari 4 halaman

Larang Bagikan Alamat di Facebook

Terlepas dari tips di atas, Meta secara resmi mengumumkan bahwa mereka melarang pengguna untuk membagikan alamat rumah tinggal seseorang yang "tersedia untuk umum." Kebijakan ini mengikuti rekomendasi dari Dewan Pengawas perusahaan.

Sebelumnya, Dewan Pengawas meminta Meta mempertimbangkan penanganannya atas informasi tempat tinggal pribadi.

Bulan Februari lalu, Dewan meminta Meta memperketat kebijakannya soal berbagi alamat rumah pribadi, karena kekhawatiran mereka terhadap fenomena doxing.

Mengutip The Verge, Selasa (12/4/2022), Facebook dan Instagram memang sudah memiliki aturan yang melarang pengguna membagikan alamat rumah atau tempat tinggal seseorang.

Meski begitu, kedua platform media sosial milik Meta ini tidak memiliki tindakan terhadap unggahan yang berisi "alamat yang tersedia untuk umum."

Menurut standar Meta, alamat rumah yang tersedia atau terbuka untuk umum adalah alamat yang telah diterbitkan di lima atau lebih outlet berita, atau telah tersedia dalam catatan publik.

Pengecualian aturan tersebut pun disebut akan diakhiri pada akhir tahun 2022 mendatang. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.