Sukses

Top 3 Tekno: XL Axiata Ingin Hapus 3G untuk Naikkan Kecepatan Internet 4G

Pernyataan XL Axiata ingin menghentikan layanan 3G sehingga dapat meningkatkan kecepatan jaringan internet 4G menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (24/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata berencana untuk menghapus seluruh layanan 3G di berbagai daerah sebelum akhir 2022.

Adapun alasan XL Axiata ingin mematikan 3G adalah untuk memakai spektrum frekuensi itu dan dimigrasikan ke layanan 4G, sehingga membuat kecepatan data semakin meningkat.

Pernyataan yang diungkap oleh Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, ini menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (24/4/2022).

Tak hanya itu, artikel tentang Kemkominfo akan tutup 11 aplikasi pelanggar data pribadi jika tak lakukan update hingga daftar wilayah yang siaran TV analog dimatikan pada 30 April 2022.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Kecepatan Internet 4G XL Axiata Bakal Naik 15 Persen Jika 3G Dihapus

<p>Direktur & Chief Technology XL Axiata I Gede Darmayusa menjelaskan tantangan yang dihadapi XL Axiata dalam mematikan layanan 3G XL Axiata. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

XL Axiata kini tengah melakukan penghapusan 3G di berbagai daerah. XL Axiata menargetkan 3G dihapus sepenuhnya sebelum akhir 2022.

Nantinya setelah layanan 3G dimatikan, XL Axiata akan memakai spektrum frekuensi yang semula dipakai 3G untuk dimigrasikan ke layanan 4G. Hal ini diyakini akan membuat kecepatan akses data 4G XL Axiata meningkat.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, saat ini XL Axiata menggelar layanan 3G di spektrum frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 5 MHz.

Baca Selengkapnya di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kemkominfo Tutup 11 Aplikasi Pelanggar Data Pribadi Jika Tak Lakukan Perbaikan dalam 3 Hari

Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi (Foto: Kemkominfo).

Kemkominfo telah melakukan pendalaman atas dugaan 11 aplikasi pencuri data pribadi. Aplikasi-aplikasi tersebut diduga melanggar atau menyalahgunakan data pribadi masyarakat.

Dari 11 aplikasi itu, termasuk di antaranya adalah aplikasi azan, aplikasi salat, dan juga aplikasi Alquran.

Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi mengungkap, jika dalam tiga hari ke-11 aplikasi tidak memperbaiki sistem, Kemkominfo akan menutup aplikasi.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3 dari 3 halaman

3. Migrasi TV Digital Tahap 1 Mulai 30 April 2022, Ini Daftar Lengkap Wilayahnya

Ilustrasi TV Digital. Kredit: Mohamed Hassan via Pixabay

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memastikan akan menghentikan siaran TV analog analog switch off (ASO) tahap pertama mulai 30 April 2020.

Masyarakat pun diajak segera beralih ke siaran TV digital untuk bisa menyaksikan siaran televisi.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (KIP) Kemkominfo Usman Kansong mengatakan, saat penghentikan siaran TV analog dan migrasi ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) merupakan bagian dari transformasi digital oleh pemerintah.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini