5 Cara Cerdas Kelola THR untuk Tabungan Masa Depan dari Zipmex

Oleh Iskandar pada 24 Apr 2022, 03:00 WIB
Diperbarui 24 Apr 2022, 03:00 WIB
THR
Perbesar
THR/copyright:shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi kita akan menyambut datangnya Lebaran Hari Raya Idul Fitri. Kemungkinan besar, bagi kamu yang berstatus karyawan tentunya sudah mendapatkan tunjangan hari raya (THR)

Mengingat kebutuhan menjelang Lebaran begitu banyak, kamu harus pintar mengatur keuangan. Jika tidak, THR akan habis begitu saja.

Meski THR digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan dalam menyambut hari Lebaran, namun jangan sampai tunjangan ini hanya lewat begitu saja.

Maka dari itu, kelola sebagian dari uang THR yang kamu dapatkan untuk tabungan masa depan. Bagaimana caranya?

Platform investasi digital Zipmex, memberikan lima tips yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan uang THR dengan bijak, khususnya sebagai tabungan di masa depan.

1. Niatkan tekad untuk menabung

Penting untuk kamu dapat menyisihkan uang THR untuk ditabung. Selain akan sangat berguna untuk masa depan, menabung juga bisa mencegah kamu untuk berperilaku konsumtif dengan membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Mulai menabung sekecil apapun, sangat berarti untuk dapat membentuk kebiasaan baik di masa depan.

2. Alokasikan sebagian untuk dana darurat

Sesuai dengan namanya, dana darurat berfungsi sebagai sumber dana yang dapat kamu gunakan untuk hal-hal yang tidak terduga seperti saat terkena PHK, munculnya pandemi, kebutuhan mendadak, dan lain sebagainya.

Dana darurat merupakan salah satu bagian dalam perencanaan keuangan yang wajib dimiliki, karena dapat mencegah kamu memiliki hutang, menutupi biaya mendesak, bahkan dapat menjadi tabungan masa depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tips Selanjutnya

Good News Today: Kabar Gembira THR, THR PNS, Harga Bawang Turun
Perbesar
Ilustrasi THR

3. Sisihkan untuk memenuhi kebutuhan asuransi

Asuransi sangat penting untuk dimiliki di masa sekarang ini. Memiliki asuransi dapat dikategorikan sebagai menabung, karena asuransi dapat berguna untuk keadaan-keadaan mendesak di luar ekspektasi dan tidak diinginkan seperti saat kecelakaan, kematian, dan lainnya.

Kerugian-kerugian atas kejadian tersebut dapat diminimalisasi dengan asuransi yang sudah kamu miliki.

4. Menyiapkan dana pensiun sedikit demi sedikit

Tabungan pensiun dapat menjadi jaminan di hari tua saat usia kamu sudah tidak produktif lagi. Hal tersebut dilakukan agar di masa tua, kamu masih dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menggunakan uang THR untuk dialokasikan ke dana pensiun merupakan suatu hal yang bijak.

5. Perluas portfolio Investasi

Dengan mengalokasikan THR untuk berinvestasi, kamu dapat memiliki masa depan yang aman dan tenang. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang memudahkan kamu untuk mulai berinvestasi.

Dari mulai emas, saham, reksadana sampai kripto. Belakangan kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dan menjadi salah satu dari lima instrumen investasi terpopuler bersama dengan emas.

 


Agar Tak Cepet Habis

THR PNS
Perbesar
THR. Liputan6.com/Abdillah

Idul fitri merupakan momen yang selalu dinanti oleh semua orang, baik yang muslim dan non muslim. Tak hanya itu saja, Tunjangan Hari Raya (THR) juga menjadi hal yang dinanti masyarakat, khususnya mereka yang hendak mudik dan berbelanja kebutuhan lebaran.

THR Keagamaan diberikan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus atau lebih. THR diberikan kepada pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Pemberian THR oleh perusahaan kepada pekerja, memang sudah lama menjadi ciri khas budaya Indonesia yang diatur oleh pemerintah menjelang hari besar keagamaan.

Bahkan untuk PNS, tahun ini mendapatkan tiga jenis pendapatan tambahan diantaranya THR, tunjangan kerja (Tukin), dan gaji ke-13.

Pastinya THR tahun ini lebih ditunggu-tunggu, karena tahun ini Pemerintah mengizinkan mudik untuk merayakan lebaran dikampung halaman bersama keluarga.

Pemberian THR dan Gaji ke-13 untuk PNS tahun 2022 diharapkan juga sebagai tambahan bantalan ekonomi saat ini akibat dampak ekonomi global dengan menambah daya beli masyarakat serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Begitupun bagi pekerja, setelah 2 tahun kebelakang THR sempat dicicil pembayarannya oleh perusahaan. Namun, sekarang Pemerintah meminta agar Perusahaan membayar penuh THR para pekerja/buruh.


Tips Kelola THR

Cara Menghitung THR
Perbesar
Cara Menghitung THR

Lantas, apakah THR lebih baik di habiskan saja atau disisihkan untuk ditabung?

Daripada kamu bingung, berikut cara mengelola dan membelanjakan uang THR agar manfaatnya jangka panjang, tips dari Perencana Keuangan Ruisa Khoiriyah, kepada Liputan6.com, Rabu (20/4/2022).

1. Bayar Zakat dan Sedekah

Dalam Islam, disebutkan sebagian rezeki yang kita miliki di dalamnya ada hak orang lain. Apalagi di momen Ramadhan, merupakan bulan yang luar biasa untuk menebar kebaikan membantu sesame melalui sedekah dan membayar zakat.

Diketahui bersama, untuk zakat sendiri ada beberapa jenis, diantaranya zakat penghasilan, zakat mal, dan zakat fitral yang wajib dibayarkan sebelum idul fitri.

2. Bayar Utang dan pengeluaran wajib

Jika kamu memiliki utang yang segera harus dilunasi, dan pengeluaran wajib yang jatuh tempo. Mungkin kami bisa memanfaatkan uang THR untuk melunasi itu.

“Utang mendesak dan pengeluaran wajib menempati urutan prioritas untuk ditutup. Namun bila kami sudah menyiapkan anggaran untuk pos-pos tersebut, kamu bisa lanjut ke prioritas berikutnya dan tak perlu memakai uang THR untuk menutupnya,” jelas Ruisa.

3.THR untuk Pekerja rumah

Jika kamu mempekerjakan Asisten Rumah Tangga (ART), pengasuh anak, ataupun supir. Kamu bisa menggunakan uang THR yang kamu miliki, dan memberikan untuk mereka. Tak perlu dalam bentuk uang, namun bisa dalam bentuk THR bingkisan seperti baju baru bahkan sembako.


Infografis Aturan THR

Infografis Aturan THR
Perbesar
Infografis Aturan THR
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya