Microsoft Bakal Izinkan Pengembang Pasang Iklan di Game F2P Buatan Mereka

Oleh Yuslianson pada 18 Apr 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2022, 12:00 WIB
Xbox Series X
Perbesar
Xbox Series X. (Doc: Microsoft)

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft berencana untuk menyertakan iklan di game free-to-play (F2P) yang meluncur di platform gaming mereka.

Hal ini terungkap lewat laporan dari Business Insider. Berdasarkan sumber anonim, Microsoft menawarkan pendapatan iklan kepada pengembang yang membuat game F2P tersebut.

Seperti diketahui, satu-satunya cara pengembang judul game free-to-play mendapatkan untung adalah dengan cara menjual skin, senjata, atau karakter tambahan di dalam game.

Mengutip Business Insider via Gamerant, Senin (18/4/2022), sumber anonim tersebut mengatakan, iklan yang muncul di dalam game tidak akan menggangu gameplay saat bermain.

Lebih lanjut, iklan tersebut akan terpasang di struktur background di dalam game, seperti papan iklan hingga penempatan produk.

Salah satu contohnya adalah iklan baterai Energizer dalam game Alan Wake yang dirilis pada 2011, dan penampilan Mercedes-Benz GLA 2014, 1957 SL 300 Roadster, dan 1934 W25 Silver Arrow di Mario Kart 8.

Sumber itu juga menyebutkan, Microsoft tidak ingin mendapatkan persenan pendapatan iklan tersebut. Mereka ingin pengembang game dan perusahaan periklanan untuk berbagi keuntungan di antara mereka.

Bila terwujud, maka ini akan menjadi aliran pendapatan baru dan menguntungkan bagi studio game kecil yang tidak memiliki penghasilan besar dari game mereka, seperti Fortnite, PUBG Mobile, dan lainnya.

Meski begitu, Microsoft masih ada beberapa kekhawatiran iklan dalam game dapat mengganggu pemain saat bermain, dan berencana membangun "marketplace" terpisah sehingga merek tertentu dapat masuk ke dalam program tersebut.

Di sisi gamer, rencana ini memungkinkan Microsoft menggunakan iklan bertarget. Tetapi menurut Business Insider, Microsoft tidak akan menggunakan data yang dikumpulkannya dari mesin pencari Bing dan layanan lainnya untuk membuat iklan bertarget di Xbox.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Deretan Game Gratis di Xbox Game Pass April 2022

Microsoft umumkan daftar Xbox Game Pass April 2022. (Doc: Xbox)

Pelanggan layanan Game Pass April 2022 berkesempatan untuk memainkan sejumlah judul game gratis menarik lainnya, ada apa saja kali ini?

Mengutip informasi Xbox, Jumat (15/4/2022), pelanggan Xbox Game Pass dapat memainkan 10 judul game di konsol hingga PC Windows.

Berikut ini adalah daftar judul game yang menyambangi layanan Game Pass April 2022:

  • MLB: The Show 22 – 5 April
  • Cricket 22 – 5 April
  • Chinatown Dectective Agency - 7 April
  • Dragon Age II – 7 April
  • Plants Vs Zombies: Garden Warfare – 7 April
  • Star Wars: Squadrons – 7 April
  • Life Is Strange: True Colors – 12 April
  • The Dungeon of Naheulbeuk: The Amulet of Chaos – 12 April
  • Panzer Corps 2 – 12 April
  • Lost In Random – 14 April
  • Bugsnax – 28 April
  • Unsouled - 28 April

Selain menambahkan judul game ke layanan Xbox Game Pass Aprill 2022, Microsoft juga akan menghapus beberapa judul game dari daftar tersebut.

Pada bulan ini, game Destiny 2: Beyond Light, Shadowkeep, and Forsaken, MLB The Show 21, Pathway, Rain On Your Parade, The Long Dark, dan F1 2019.


Microsoft Rilis PC Game Pass di Indonesia

PC Game Pass (Dok. Microsoft Indonesia)

Di sisi lain, Microsoft mengumumkan telah meluncurkan pratinjau PC Game Pass ke lima negara di Asia Tenggara untuk pertama kalinya, pada Selasa hari ini (29/3/2022).

Melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Microsoft mengungkapkan kelima negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Pemain pun dapat melakukan registrasi untuk menikmati pratinjau PC Game Pass yang memberikan akses ke lebih dari 100 game.

Ini termasuk game dari Xbox Game Studios baru sejak hari pertama, gim dari Bethesda, serta keanggotaan EA Play dengan satu harga bulanan yang terjangkau.

"Di Xbox, misi kami sederhana, yaitu untuk menghadirkan kegembiraan dan komunitas gaming bagi semua orang di planet ini," kata Jeremy Hinton, Xbox Asia Business Lead dalam pernyataannya.


Harga Rp 1.500 Selama Pratinjau

Integrasi langsung Xbox Game Pass ke Windows 11. Pengguna bisa langsung memainkan dari cloud. (Microsoft)

Menurut Hinton, membawa PC Game Pass ke negara-negara baru di Asia Tenggara adalah bagian penting dari upaya Microsoft mencapai misi tersebut, seiring dengan upaya mereka untuk menjangkau miliaran pemain.

Pemain dapat meluangkan waktu beberapa menit untuk menggunakan versi pratinjau melalui aplikasi Xbox Insider.

Mereka lalu bisa mencoba PC Game Pass seharga Rp 1.500, selama durasi pratinjau, seiring perusahaan menyiapkan dan menguji sistem pembayaran lokal.

Mengingat ini adalah langkah pertama menghadirkan akses ke PC Game Pass di Indonesia, pemain juga dapat menguji dan memberikan masukan mereka sehingga Microsoft dapat melakukan peningkatan di seluruh layanan.

"Kami berharap dapat berbagi lebih banyak tentang cara bergabung dengan PC Game Pass ketika layanan ini resmi diluncurkan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam akhir tahun ini," ungkap Microsoft.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya