Sukses

Peluncuran Headset AR Apple Bakal Tertunda hingga 2023

Apple disebutkan bakal menunda peluncuran headset AR pertama buatannya hingga 2023 dengan beberapa alasan, apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebutkan akan menunda peluncuran headset AR (Augmented Reality) buatannya hingga awal tahun depan atau 2023.

Kabar ini terungkap lewat laporan Jeff Pu dari Macrumors. Sayang, dirinya tidak mengungkap lebih lanjut alasan kenapa Apple menunda peluncuran headset AR ini.

Namun beberapa pihak meyakini, alasan perusahaan berbasis di Cupertion itu urung meluncurkan headset AR di pasaran terkait kendala pasokan hardware.

Dikutip GSM Arena, Minggu (17/4/2022), Apple tidak ingin merilis headset AR pertamanya tersebut di pasaran dalam jumlah terbatas.

Diprediksi headset AR Apple ini akan mencapai angka penjualan 1 hingga 1,5 juta perangkat di tahun pertamanya. Hal ini terhitung cukup ambisius.

Meski kacamata AR dan VR bukan sebuah teknologi baru, headset buatan Apple yang diperkirakan akan dijual seharga USD 2.000 ini akan masuk ke dalam kategori premium.

Informasi, Apple berhasil meyakinkan salah satu eksekutif Meta untuk bergabung ke dalam perusahaan. Apple telah membajak pemimpin komunikasi augmented reality Meta, Andrea Schubert.

Meskipun tidak 100 persen dikonfirmasi apa yang akan dilakukan Schubert di Apple, fakta dirinya memiliki peran di departemen augmented reality (AR) Meta, menunjukkan dia akan memainkan peran yang sama di Apple.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Persiapkan Headset AR

Ilustrasi Apple  (AP Photo/Mary Altaffer, File)

Ada desas-desus bahwa Apple sedang bersiap-siap untuk mengumumkan mixed reality headset mereka yang akan segera meluncur pada tahun depan. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Selasa (28/12/2021).

Sejauh ini Bloomberg melaporkan bahwa headset AR Apple dapat menampilkan teks, email, peta, game, dan hal-hal lain melalui tampilan holografik yang terpasang di lensa.

Tahun lalu, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki dua strategi untuk perangkat augmented reality-nya: kacamata AR dan headset AR/VR yang lebih powerful.

Rumor terbaru menyebutkan perangkat itu ditargetkan untuk pengguna tingkat lanjut karena akan dilengkapi dua layar 8K untuk menampilkan gambar beresolusi tinggi.

Analis Ming-Chi Kuo memprediksi headset AR/VR Apple akan dilengkapi dengan sensor 3D canggih yang tidak hanya mampu mendeteksi objek dalam sebuah adegan, tetapi juga mengidentifikasi gerakan yang dibuat oleh tangan pengguna.

 

3 dari 4 halaman

iPhone Tanpa Slot SIM Card

iPhone SE 2022. (Doc: Apple)

Di sisi lain, Apple mungkin akan meluncurkan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card. Mengutip Gadgetsnow, Senin (27/12/2021), kemungkinan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card adalah iPhone 15 series. Informasi ini pertama kali diungkap berdasarkan laporan dari BlogDoiPhone.

iPhone 15 sendiri diperkirakan bakal rilis pada 2023, hal ini mengingat iPhone terbaru yakni iPhone 13 series dirilis pada 2021.

Laporan itu menyebut, iPhone 15 bisa jadi model iPhone pertama yang rilis tanpa slot SIM card fisik. Rumor ini berdasarkan sumber internal dari perusahaan. Meski begitu kebenarannya masih belum diketahui.

Menurut laporan, Apple telah lama bereksperimen untuk tidak menghadirkan SIM card di perangkatnya, salah satunya dengan implementasi teknologi eSIM.

"Seorang sumber internal yang tidak disebutkan namanya menyebut, nantinya mulai dari 2023, iPhone versi Pro mungkin tidak akan menghadikan slot SIM card fisik dan hanya menggunakan 2 slot eSIM," tulis laporan itu.

 

4 dari 4 halaman

Transisi ke eSIM

Tampilan salah satu seri iPhone 12 yang dilengkapi dengan teknologi 5G sehingga lebih cepat diluncurkan Apple pada Selasa (13/10/2020). Apple meluncurkan seri iPhone 12 yang mendukung teknologi seluler 5G. (Apple via AP)

Perlu diketahui, iPhone dan iPad perlahan memang sudah memulai transisi untuk menerapkan slot eSIM pada sejumlah model iPhone, dalam beberapa tahun terakhir.

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro merupakan model iPhone pertama yang memiliki dukungan dual eSIM, memungkinkan pengguna memakai dua eSIM.

Jika Apple benar-benar akan menghadirkan iPhone tanpa slot SIM card pada iPhone 15, kemungkinan perangkat ini tidak bisa dirilis di seluruh pasar internasional. Hal ini masuk akal mengingat belum semua negara mengadopsi teknologi eSIM pada smartphone.

Selain rumor mengenai desain iPhone tanpa slot SIM card, ada juga rumor mengenai Apple yang tengah mengembangkan iPhone port-less.

Jika rumor ini benar, ada kemungkinan Apple mau mempensiunkan konektor Lightning yang selama ini dipakai di iPhone.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini