Sukses

Sony Tunda Peluncuran PlayStation VR2 hingga Tahun Depan

Berdasarkan informasi, Sony tidak akan meluncurkan PSVR 2 buatannya pada 2022 ini dan memilih untuk merilis headset VR baru mereka tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Sony mengumumkan pada Januari 2022 akan meluncurkan headset VR terbarunya yang bernama PlayStation VR2 (PSVR 2).

Sebulan berikutnya, perusahaan asal Jepang tersebut membagikan informasi tentang sepert apa bentuk PSVR 2.

Sayang, Sony tidak pernah mengonfirmasi kapan headset VR baru itu akan diluncurkan. Meski begitu, banyak pihak meyakini PSVR 2 akan meluncur pada tahun ini.

Namun berdasarkan informasi Ross Young (dari Display Supply Chain Consultants), Sony tidak akan meluncurkan PSVR 2 buatannya pada tahun 2022 ini.

Mengutip laporan Ross Young via GSM Arena, Kamis (14/4/2022), PlayStation VR2 bakal melakukan debutnya pada tahun depan atau 2023.

Masih belum diketahui secara pasti alasan kenapa headset penerus PlayStation VR itu ditunda peluncuran.

PSVR2 dirancang untuk PlayStation 5, dimana pengguna dapat langsung menghubungkan headset ke konsol cukup dengan menggunakan satu kabel USB-C untuk dapat menikmati grafis 4K HDR pada 90 Hz atau 120 Hz.

Hardware headset ditingkatkan dengan bidang pandang 110 derajat--naik dari 100 derajat pada seri sebelumnya.

Tak hanya itu, PSVR2 juga diklaim akan memiliki tampilan lebih tajam berkat dua layar OLED beresolusi 2.000 x 2.040 px (vs. satu panel 1.920 x 1.080 px).

Sony juga memasang dua kamera IR yang berfungsi untuk pelacakan mata pengguna, sehingga dapat memberikan opsi untuk rendering lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Headset Sony PlayStation VR2

Sony ungkap bentuk PlayStation VR2. (Doc: Sony)

Sony akhirnya memperlihatkan seperti apa desain headset PlayStation VR2 (PSVR2), setelah sebelumnya diumumkan pada Februari 2021.

Berdasarkan gambar yang dibagikan Sony, desain headset VR ini tampil dengan skema warna putih-hitam yang identik dengan konsol PlayStation 5.

Walau sebagian besar bentuknya tidak terlalu berbeda jauh dengan headset PS VR sebelumnya, model baru ini menjanjikan beberapa peningkatan.

Dikutip The Verge, Kamis (24/2/2022), PSVR2 hadir dengan tombol yang dapat menyesuaikan jarak lensa, ventilasi udara baru, dan sedikit lebih ringan dari generasi sebelumnya.

Seperti PlayStation 5 dan kontroler DualSense-nya, Sony akan menyertakan sebuah easter egg ikon PlayStation kecil di bagian depan dan belakang headset PS VR2.

PS VR2 juga sudah mendukung fitur haptic feedback--seperti di DualSense PS5, eye tracking, HDR 4K, frame rate 90/120Hz, dan bidang pandang 110 derajat, dan terhubung ke PS5 dengan satu kabel USB-C.

3 dari 4 halaman

Horizon Call of the Mountain

Sony ungkap nama headset VR terbarunya, yaitu PlayStation VR2 (PSVR 2). (Doc: Sony)

Lebih lanjut, Sony juga mengumumkan salah satu gim pertama yang dapat dimainkan menggunakan PSVR 2 ini adalah Horizon Call of the Mountain.

Adapun Horizon Call of the Mountain dikembangkan oleh Guerrilla Games bersama dengan Firesprite Games--studio yang baru diakuisisi oleh PlayStation September lalu.

"Gim Horizon Call of the Mountain sedang dibangun khusus untuk PSVR2, dan akan membuka pintu bagi pemain untuk masuk lebih dalam ke dunia Horizon," kata Sony.

4 dari 4 halaman

Kapan Rilis?

Terkait waktu rilis alat teranyar Sony ini, tampaknya pengguna perlu menunggu waktu cukup lama. Pasalnya, perusahaan mengaku masih perlu melakukan pengembangan untuk menyempurnakan alat tersebut.

“Masih banyak pengembangan yang sedang dilakukan untuk sistem VR baru kami, sehingga tidak akan diluncurkan pada tahun 2021,” kata perusahaan.

Rencana ini disebut sebagai pembaruan awal bagi penggemar Sony PlayStation, perusahaan telah melakukan sesuatu untuk meningkatkan pengalaman bermain gim agar lebih realistis secara virtual.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini