Sukses

Menjajal Berbagi Konten dan Kolaborasi Pakai Google Duo di Galaxy Tab S8 Series

Samsung dan Google bermitra menghadirkan sejumlah fitur Google Duo pada perangkat Galaxy Tab S8 Series. Bagaimana pengalaman menggunakan Google Duo di Galaxy Tab S8 Series, yuk simak dalam artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah membuat berbagai hal dilakukan dari jarak jauh, termasuk pekerjaan. Pekerjaan tim yang semula perlu dilakukan dari satu tempat, misalnya di kantor, kini bisa dilakukan secara kolaboratif dari tempat berbeda.

Survei Kaspersky menyebut, sebanyak 37 persen pekerja jarak jauh justru merasa memiliki komunikasi lebih baik dengan rekan kerjanya dengan cara ini.

Agar kolaborasi berjalan dengan baik dan efektif, tentunya butuh perangkat dan kualitas Internet yang memadai. Di antara berbagai perangkat yang tersedia saat ini, tablet terbaru Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G bisa jadi solusinya.

Selain didukung layar yang luas hingga fitur Samsung Dex yang menghadirkan pengalaman komputasi layaknya bekerja dengan laptop, Galaxy Tab S8 Plus 5G juga bisa mengakses Google Duo dengan cara yang menarik.

Samsung sudah berkolaborasi dengan Google untuk menghadirkan aplikasi video call Google Duo yang memungkinkan pengguna terhubung dengan tim kerja sambil berkolaborasi.

“Video call dengan Google Duo di Galaxy Tab S8 Series 5G tidak hanya menghadirkan kualitas panggilan yang smooth melalui konektivitas cepat, layar luas dan jernih, tapi pengguna bisa berbagi konten dan berkolaborasi untuk mendorong produktivitas tim kerja,” kata Annisa Maulina, Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Berikut ini hal-hal menarik yang bisa dilakukan saat video call dengan Google Duo di Galaxy Tab S8 Series 5G:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar Lapang Galaxy Tab S8 Series untuk Video Call HD

Kualitas video HD yang disajikan oleh Google Duo tentu perlu dibarengi dengan perangkat dengan layar lapang yang mendukung tampilan lebih jernih dan jelas saat video call.

Saat memakai Galaxy Tab S8 Series 5G untuk video call dengan Google Duo, kami merasakan tampilan yang begitu jernih. Hal ini karena Galaxy Tab S8 Plus sudah didukung layar Super AMOLED dan refresh rate 120Hz.

Selain itu, Galaxy Tab S8 Series memiliki bezel yang sangat tipis. Untuk Galaxy Tab S8 Ultra bezelnya hanya 6,3 mm, sehingga layar lebih lapang untuk menghadirkan pengalaman video call lebih imersif di layar luas.

Berdasarkan pengalaman, saat menggunakan jaringan 4G dengan sinyal internet yang baik, output lawan bicara ketika video call Google Duo di layar terlihat sangat jernih di latar. Belum lagi, Galaxy Tab S8 series sudah didukung jaringan 5G.

Screenshot Video call Google Duo berkualitas HD di Galaxy Tab S8 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Jika pengguna melakukan panggilan video menggunakan jaringan 5G yang sudah disediakan beberapa operator di Indonesia, kemungkinan output video yang ditampilkan juga lebih baik.

3 dari 4 halaman

Fitur Auto Frame Google Duo di Galaxy Tab S8 Series

Galaxy Tab S8 Series 5G didukung kamera selfie yang ditempatkan di sisi tengah atas saat tablet diposisikan horizontal. Hal ini membuat fokus mata pengguna selama video call pun akan tetap berada di bagian tengah, bukan di samping.

Galaxy Tab S8 Series 5G didukung kamera ultra-wide 12MP. Khusus untuk Galaxy Tab S8 Ultra memiliki dual kamera selfie 12MP. Berbekal kamera wide-angle ini, Galaxy Tab S8 Series 5G sudah mendukung fitur Auto Frame atau Frame Otomatis yang ada di Google Duo.

Sekadar informasi, fitur Auto Frame memungkinkan wajah pengguna tetap terlihat di tengah fokus kamera selama video call di Google Duo. Ketika pengguna sedang bergerak mundur, kamera secara otomatis akan membuat wajah pengguna yang telah video call tetap terlihat oleh lawan bicara.

Begitu juga ketika pengguna bergerak atau menggeser sikap duduk terlalu ke depan, kamera pun akan otomatis bergerak melebar sehingga wajah pengguna terlihat sepenuhnya oleh lawan bicara.

Untuk mengaktifkan fitur Auto Frame di Google Duo pada Galaxy Tab S8 Series 5G, kamu hanya perlu menelepon kontak yang diinginkan. Selanjutnya, klik pada menu titik tiga, lalu cari fitur bernama Auto Frame atau Frame Otomatis. Selanjutnya klik OK untuk mengaktifkan.

Saat fitur Auto Frame diaktifkan, lawan bicara akan melihat, ketika kita bergerak selama panggilan video berlangsung, kamera akan langsung menyesuaikan agar objek tetap di tengah kamera.

4 dari 4 halaman

Fitur Live Share Google Duo untuk Kolaborasi Real-time

Diumumkan Samsung dalam Unpacked 2022, ada sejumlah fitur Live Share terbaru yang hadir pada Google Duo. Fitur ini pun sudah bisa dinikmati pengguna Galaxy Tab S8 Series 5G.

Live Share baru di Google Duo memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman video call yang lebih menyenangkan sekaligus produktif saat berkolaborasi dengan rekan kerja. Pengguna Google Duo di Galaxy Tab S8 Series bisa membagikan layar aplikasi-aplikasi seperti YouTube, Samsung Notes, Gallery, hingga Google Maps.

Dengan Live Share, dua orang kolega atau lebih, bisa saling berbagi draft rencana yang mereka simpan di Samsung Notes. Selain itu, kolega juga bisa saling berbagi konten proyek video yang sudah diedit dari Gallery, guna memudahkan kolaborasi kerja.

Menjajal fitur Live Share Google Duo di Galaxy Tab S8 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Melalui fitur Live Share di Google Duo, Google mengizinkan pengguna berbagi aplikasi-aplikasi di atas kepada orang terdekat atau pun rekan kerja. Komunikasi dan interaksi pun menjadi lebih dekat meski kini orang bekerja terpisah jarak.

Untuk menggunakan fitur Live Share, pengguna hanya perlu melakukan panggilan di Google Duo dengan pengguna lain yang diinginkan. Selanjutnya, pada bagian bawah terdapat menu titik tiga, akan terbuka sejumlah fitur di Google Duo, pilih Live Share atau 'Berbagi Live'.

Pilih aplikasi yang ingin dibagikan ke lawan bicara, mulai dari YouTube, Google Maps, Gallery, hingga Samsung Notes. Pengguna juga bisa dengan mudah menghentikan Live Share jika memang materi meeting atau video kolaborasi telah selesai dibagikan.

Kamu bisa mendapatkan tablet ini dengan harga mulai dari Rp 9.999.000 untuk Samsung Galaxy Tab S8 (WiFi), Rp12.999.000 untuk Galaxy Tab S8 5G (8GB/128GB), Rp 16.999.000 untuk Galaxy Tab S8 Plus 5G (8GB/256GB), dan Rp 19.999.000 untuk Galaxy Tab S8 Ultra 5G (12GB/256GB).

Konsumen juga bisa mendapatkan Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G dengan penawaran menarik pada periode 1 April – 15 Mei 2022 di Samsung.com/id berupa gratis Keyboard Cover dan tambahan cashback untuk pembelian produk wearables dan aksesoris pilihan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.