Sukses

Lazada Foundation Diluncurkan untuk Dorong Pemberdayaan Perempuan dan Anak Muda

Lazada baru saja meluncurkan Lazada Foundation sebagai yayasan pemberdayaan perempuan dan kaum muda lewat edukasi ekonomi digital.

Liputan6.com, Jakarta - Lazada baru saja meluncurkan Lazada Foundation sebagai sebuah program pemberdayaan perempuan dan kaum muda. Lewat yayasan ini, Lazada ingin memastikan edukasi ekonomi digital bagi perempuan dan kaum muda, sekaligus mempersempit kesenjangan gender digital.

Lazada Foundation berkomitmen memberikan beasiswa dan menyediakan kesempatan barkarier bagi talent muda di enam pasar Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

"Lazada berkomitmen untuk menutup kesenjangan gender. Melalui Lazada Foundation, lebih banyak lagi perempuan di Asia Tenggara yang dapat diberdayakan secara ekonomi untuk memiliki peran yang lebih besar dalam ekosistem eCommerce digital," tutur General Counsel Lazada Group dan salah anggota dewan pembina Lazada Foundation, Gladys Chun dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (14/4/2022).

Kehadiran yayasan ini juga tidak lepas dari riset bersama yang dilakukan Lazada dengan International Finance Corporation di tahun lalu. Riset itu menemukan pasar e-commerce Asia Tenggara dapat tumbuh lebih dari USD 280 miliar di antara 2025 dan 2030, jika lebih banyak perempuan mendapatkan pelatihan dan dukungan finansial lebih baik.

Salah satu program dari yayasan ini adalah beasiswa Lazada Foundation yang dirancang untuk mendukung talenta muda agar dapat memperoleh pendidikan tanpa mempersoalkan finansial. Talenta muda yang bergabung juga akan memperoleh kesempatan magang dan karir.

Untuk Indonesia, program Lazada Foundation telah dimulai sejak diluncurkannya Lazada Forward Scholarship pada Desember 2021. Menurut Chief People Officer Lazada Indonesia, Evelyn Yonathan Haer, Lazada berkomitmen secara penuh memberdayakan perempuan dan kaum muda di Indonesia untuk mencapai potensi tertingginya.

"Studi Lazada di akhir tahun lalu mengenai perkembangan talenta digital menunjukkan bahwa ada empat pendekatan untuk menghasilkan talenta yang siap untuk masuk ke dalam industri: ekosistem pendidikan yang selaras dengan industri, program pengembangan untuk siap masuk industri, keberlanjutan pertumbuhan bisnis dan karier, dan pelatihan yang inklusif dan dapat diakses dengan mudah," tutur Evelyn.

Talenta digital yang terpilih dari penerima Lazada Forward Scholarship akan berpartisipasi lebih jauh dalam program LazPrentice, program magang lima bulan dengan Lazada Indonesia yang akan memberikan pengalaman langsung bekerja di perusahaan tersebut.

Selain mengakui talenta muda dengan keunggulan akademik luar biasa, Lazada Foundation juga bekerja sama dengan mitra strategis lokal untuk menyediakan peluang bagi perempuan dan kaum muda yang kurang mampu.

Bentuk kerja sama yang dilakukan di Indonesia dilakukan oleh Lazada Logistics. Unit bisnis Lazada itu menyediakan dana bantuan pendidikan dan bekerja sama dengan mitra institusi pendidikan untuk membantu keluarga potensial dari mitra kurir lewat Gerakan Solidaritas Lazada Logistics.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lazada Ajak Seniman dengan Gangguan Spektrum Autisme Mendekorasi Kendaraan Logistik

Sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Autisme Sedunia pada 2 April lalu, Lazada Indonesia menggandeng Kreaby, untuk mendekorasi armada pengantaran Lazada Logistics.

Kreaby merupakan sebuah ruang kreatif bagi seniman dengan gangguan spektrum autisme atau GSA, seperti dikutip dari keterangan tertulis Lazada, Senin (4/4/2022)

Kolaborasi ini sebagai bentuk komitmen Lazada untuk membangun ekonomi digital yang inklusif dan mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk mengapresiasi lebih seniman dan masyarakat dengan gangguan spektrum autisme.

"Kami percaya, setiap orang, termasuk mereka dengan gangguan spektrum autisme, berhak mendapatkan kesempatan sama untuk meraih potensi dan mimpinya," kata Philippe Auberger, Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia.

Phillipe mengatakan, kreasi para seniman di Kreaby, dengan desain visual kreatif di armada logistik mereka, memberikan kanvas baru dengan mobilitas tinggi untuk memperkenalkan bagi karya-karya luar biasa mereka. 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Pemahaman

Arani Aslama, General Manager, Kreaby pun mengapresiasi kolaborasi mereka dengan Lazada, dalam meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan GSA, terutama agar karya seni para seniman autisme lebih dihargai khalayak luas.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai gangguan spektrum autisme dan mendorong lebih banyak diskusi tentang potensi masyarakat dengan gangguan spektrum autisme di Indonesia untuk berkarya, terutama di dalam dunia seni Indonesia," kata Arani.

Lewat kolaborasi ini, sebanyak 14 kendaraan Lazada Logistics didekorasi dengan desain visual eksklusif dari para seniman di Kreaby. Seluruh kendaraan ini akan terlihat beroperasi dengan mobilitas tinggi di jalan-jalan Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, kerja sama Lazada dan Kreaby juga menandakan program baru dari Lazada untuk wahana promosi luar ruang di armada Lazada Logistics, yang bisa dimanfaatkan oleh brand dan penjual untuk keperluan branding dan promosi mereka.

"Penawaran promosi luar ruang melalui armada Lazada Logistics dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi brand dan penjual yang ingin lebih mempromosikan brand, produk ataupun layanannya, kepada masyarakat di area tertentu yang memang ingin dituju," kata Phillipe.  

4 dari 4 halaman

Visual Branding

Brand dan penjual yang memanfaatkan penawaran Lazada ini bisa menampilkan berbagai visual branding di armada truk, blind van, ataupun kendaraan roda tiga, baik yang dimiliki oleh Lazada Logistics maupun oleh mitra sopir dan kurir di Lazada.

Brand dan penjual juga bisa memilih target area yang ingin dituju dalam berbagai rute pengiriman khusus yang ditempuh oleh armada Lazada Logistics di kota-kota besar di Indonesia.

Selain itu, brand dan penjual juga bisa memilih jangka waktu promosi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Layanan promosi luar ruang baru ini juga memberikan peluang bagi mitra kurir Lazada Logistics untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Mitra kurir pemilik kendaraan blind van ataupun kendaraan roda tiga bisa berpartisipasi dalam inisiatif baru yang menawarkan skema insentif yang untuk mitra sopir atau kurir yang bersedia kendaraannya dijadikan media promosi bagi brand dan penjual di Lazada.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.