Sukses

Niagahoster Ajak UMKM Kembangkan Usaha Online di Bulan Ramadhan

Penyedia layanan web hosting Niagahoster mengajak pelaku UMKM atau mereka yang baru memulai jualan online untuk mengembangkan usaha online di Bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan menjadi bulan penuh berkah, tidak hanya bagi mereka yang menjalankan puasa tetapi juga yang menjalankan usaha.

Banyak orang memanfaatkan momen Ramadan untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka dengan berjualan barang-barang yang dibutuhkan saat Ramadan hingga Idulfitri.

Sepanjang Ramadan, orang cenderung lebih suka berbelanja online karena lebih praktis dan tidak mengeluarkan banyak tenaga. Seiring perkembangan era digital, belanja online pun kian mudah.

Hal tersebut berbanding lurus dengan persaingan yang kian ketat. Bahkan, beberapa menjadi primadona bagi pemilik usaha, khususnya bagi yang baru memulai bisnis.

Banyak orang mengunggah jualan mereka di status WhatsApp. Cara ini memang bisa efektif orang-orang terdekat, tetapi jangkauannya tidak terlalu luas.

Bagi pebisnis yang sudah berkembang, mereka memilih memasarkan usahanya di berbagai marketplace agar bisa menjangkau pasar lebih luas.

Dua marketplace terbesar di Indonesia bisa menjangkau 100 juta pengunjung tiap bulan. Namun, jumlah tersebut tidak hanya dinikmati oleh 1-2 penjual, melainkan ribuan penjual lain dalam marketplace.

Untuk itulah, berbekal kesadaran digital masyarakat yang kian tinggi, memasarkan bisnis di status WhatsApp atau marketplace saja tidaklah cukup.

Untuk mengembangkan usaha, tidak bisa hanya mengandalkan platform milik orang lain dan pasrah tanpa memiliki kontrol atas pengelolaan platformnya.

Niagahoster sebagai penyedia layanan web hosting pun mengajak pelaku UMKM atau mereka yang baru mau mulai bisnis Ramadan ini untuk membuat websitenya sendiri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kendali Penuh

Head of Niagaweb by Niagahoster Bijak Putranto mengatakan, memiliki website bisnis sendiri sebagai platform toko online membuat pebisnis memiliki kendali penuh atas usahanya.

Ia juga berkata, dengan platform web sendiri, aktivitas branding dan promosi lebih leluasa.

“Menggunakan marketplace itu ibaratnya kita masih menumpang dan memanfaatkan trafik milik orang lain. Yang juga berarti kita harus mengikuti peraturan dari pemilik platform tersebut," kata Bijak.

Ia juga menambahkan, para penjual di marketplace juga harus membayar biaya admin pada marketplace yang nominalnya mungkin cukup tinggi.

Sementara menggunakan platform sendiri, selain bebas dari biaya admin, pemilik usaha yang memiliki platform sendiri juga bisa mengumpulkan data konsumen yang bisa digunakan untuk marketing dan membuat strategi demi meningkatkan jumlah penjualan di bulan Ramadan ini.

Website bisnis juga tidak hanya bisa digunakan sebagai platform toko online milik sendiri, tapi juga bisa digunakan sebagai profil bisnis atau katalog yang berisi penjelasan produk yang lebih rinci.

Penggunaan website pun bisa dipadukan dengan marketplace dan media sosial agar bisnis lebih kuat.

 

3 dari 4 halaman

Harga Layanan Pembuatan Web Terjangkau

Menurut Niagahoster, saat ini orang masih beranggapan bahwa membuat website itu ribet dan mahal karena harus mengelola semuanya sendiri.

Padahal, menurut mereka, memiliki website dengan hosting terbaik, nama domain sendiri agar terlihat kredibel, dan tema yang menarik, tidaklah serumit yang dibayangkan.

"Website bisnis bisa terwujud secara mudah dengan memanfaatkan layanan membuat website dari Niagahoster menggunakan layanan Website Instan atau Jasa Pembuatan Website Niagaweb," kata Niagahoster.

Untuk membuat website di Niagahoster, pemilik usaha hanya perlu menentukan jenis website yang akan dibuat. Selanjutnya mereka bisa memasukkan nama domain yang diinginkan.

 

4 dari 4 halaman

Tawarkan Kemudahan

Kemudian, Niagahoster akan membuatkan website dengan harga yang terjangkau dan fitur yang lengkap.

Niagahoster menyerahkan pengelolaan konten pada tangan pemilik bisnis. Pebisnis pun bisa dengan leluasa mengisi dan mengatur konten produk, deskripsi, maupun foto dan video pada website.

Dengan website bisnis menggunakan layanan Niagahoster, usaha di bulan Ramadan pun akan semakin lancar dan meraup berkah sebanyak-banyaknya.

Niagahoster kini juga menyediakan promo diskon hingga 75 persen selama Ramadan, untuk layanan website instan dan jasa pembuatan website Niagaweb.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.