Sukses

Penegak Hukum Sita dan Tutup Situs Web RaidForums

Dalam aksi gabungan ini, ditangkap pula administrator RaidForums dan dua kaki tangannya. Kini, seluruh infrastruktur pasar ilegal tersebut sudah berada di bawah kendali penegak hukum.

Liputan6.com, Jakarta - RaidForums, situs web yang sering digunakan hacker atau pelakuk kejahatan siber untuk memperjualbelikan informasi curian dari berbagai perusahaan hingga institusi pemerintahan tersebut akhirnya ditutup.

Tak hanya itu, domain RaidForums disita pihak berwenang saat melancarkan operasi bernama Tourniquet. Adapun operasi Tourniquet ini juga didukung dan dikoordinasi bersama Europol, dan melibatkan lembaga hukum lain di beberapa negara di dunia.

Dalam aksi gabungan ini, ditangkap pula administrator RaidForums dan dua kaki tangannya. Kini, seluruh infrastruktur pasar ilegal tersebut sudah berada di bawah kendali penegak hukum.

Mengutip Bleeping Computer, Rabu (13/4/2022), administrator dan pendiri RaidForums bernaama Diogo Santos Coelho dari Portugal telah ditangkap pada 13 Januari di Inggris.

Departemen Kehakiman AS (Department of Justice, DoJ) mengatakan, Diogo yang saat ini berusia 21 tahun pertama kali membuat dan meluncurkan RaidForums pada 2015 ketika berusia 14 tahun.

Tiga domain hosting RaidForums, yakni "raidforums.com," "Rf.ws," dan "Raid.Lol" telah disita bersamaan dengan dijalankannya operasi Tourniquet.

"Forum hacker ini terkenal dengan menjual database berisikan informasi jutaan kartu kredit, nomor rekening bank, nama pengguna, dan password terkait akun online milik korban," tulis Europol.

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jual 10 Miliar Data Curian

Ilustrasi peretasan sistem komputer. (Sumber Pixabay)

Menurut Departemen Kehakiman AS, forum jual beli ilegal ini menyediakan lebih dari 10 miliar catatan unik dari ratusan basis data curian.

Dalam pengumuman terpisah, Europol mengatakan RaidForums memiliki lebih dari 500.000 pengguna dan "dianggap sebagai salah satu forum peretasan terbesar di dunia."

Penutupan forum dan infrastrukturnya merupakan hasil dari rencana selama setahun oleh aparat penegak hukum di AS, Inggris, Swedia, Portugal, dan Rumania.

Tidak diketahui secara pasti sudah berapa lama pihak berwenang di berbagai negara tersebut melakukan penyelidikan terhadap RaidForums.

Badan penegak hukum Eropa memberikan sedikit rincian dalam siaran persnya, mereka yang menjalankan RaidForums bertindak sebagai administrator, mencuci uang, mencuri dan mengunggah data, dan membeli informasi curian.

 

3 dari 3 halaman

Anggota RaidForums Sudah Curiga

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Pelaku kejahatan dan peneliti keamanan sudah mencium hal yang mencurigakan terjadi terhadap RaidForums sejak Februari 2022.

Saat itu, RaidForums mulai menampilkan formulir login di setiap halaman. Saat mencoba masuk ke situs, pengguna hanya ditampilkan halaman masuk lagi.

Hal ini membuat para peneliti dan anggota forum percaya situs tersebut telah disita, dan login ini menjadi upaya phishing oleh penegak hukum untuk mengumpulkan kredensial pelaku ancaman.

Pada tanggal 27 Februari 2022, server DNS raidforums.com pun tiba-tiba berubah.

Karena server DNS ini sebelumnya digunakan dengan situs lain yang disita oleh penegak hukum, para peneliti semakin percaya domain tersebut disita.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.