Sukses

Perkuat Ekosistem Digital, Kampus UMKM Shopee Hadir di Malang

Shopee mendirikan Kampus UMKM sebagai langkah nyata untuk mendorong dan mempermudah sektor digitalisasi bagi para pelaku UMKM.

Liputan6.com, Malang Perkembangan teknologi yang sangat massif dan cepat, tentu harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang terlibat aktif di dalamnya, khususnya para pelaku UMKM. Merespon hal tersebut, Shopee, marketplace teratas di Indonesia mendirikan Kampus UMKM sebagai langkah nyata untuk mendorong dan mempermudah sektor digitalisasi bagi para pelaku UMKM.

Setelah hadir di Kota Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Medan, sekarang Kampus UMKM Shopee hadir di Kota Malang. Peresmian kampus dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada Selasa (12/4).

"Hadirnya kampus ini, pelaku UMKM Jawa Timur bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk bisa naik kelas, menjadi lebih besar, dan meluaskan jejaring," ungkap Khofifah di UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur di Kota Malang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampus UMKM Shopee Mudahkan Digitalisasi

Khofifah menegaskan, masalah permodalan dan pemasaran juga menjadi tantangan berat yang dirasakan para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dengan hadirnya Kampus UMKM yang didirikan oleh Shopee diharapkan akan mempermudah digitalisasi yang lebih massif untuk para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur, terkhusus Kota Malang dan sekitarnya.

Dengan peningkatan kecakapan digital, para pelaku UMKM bisa semakin melakukan ekspansi jangkauan pemasaran produknya ke seluruh Indonesia dan itu akan berdampak kepada pembangunan serta pertumbuhan ekonomi pasca pandemi dan bisa semakin mengurangi angka pengangguran sekaligus memperbesar penciptaan lapangan pekerjaan. 

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan kolaborasi yang sinergis dengan Shopee Indonesia dengan menghadirkan Kampus UMKM Shopee Malang. Kampus ini berlokasi di UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur di Perumahan BTU Kota Malang.

3 dari 3 halaman

Kampus UMKM Shopee Solusi Jutaan UMKM Lokal

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengungkapkan komitmenya kepada pelaku UMKM dan masyarakat pada umumnya. Kampus di Malang sebagai yang ke-8 di Indonesia.

“Sejak Mei 2021, kami hadirkan Kampus UMKM Shopee di berbagai kota untuk membantu peningkatan keterampilan digital UMKM lokal agar lebih berdaya saing, " tegasnya.

UMKM merupakan penopang dari ekonomi Indonesia secara umum dan pelaku UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk mendukung kelancaran akses digitalisasi UMKM, termasuk di Jawa Timur.

Hadirnya Kampus UMKM Shopee Malang bisa menjadi one-stop service untuk solusi jutaan UMKM lokal dan dapat memperkuat ekosistem digital yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kampus UMKM akan memberikan berbagai fasilitas gratis bagi pelaku UMKM. Jadi, kalian dapat mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer yang sudah terlatih. Pelatihan yang akan diberikan berupa pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

"Mereka juga akan mendapat pendampingan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan. Selain itu juga tersedia fasilitas gratis berupa studio foto, ruang live streaming, ruang pertemuan, dan area pameran produk," tutup Handhika.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini