Sukses

Cara dan Syarat Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara dan syarat pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir telah resmi membuka program Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Program rekrutmen ini membuka lebih dari 2.700 lowongan kerja dan ada lebih dari 40 BUMN Grup yang bergabung.

Saat pembukaan, Erick Thohir menyatakan perekrutan ini merupakan salah satu bentuk transformasi BUMN pada bidang human capital. Lewat rekrutmen ini, ia ingin memastikan, BUMN bisa menarik talenta terbaik bangsa di bidangnya masing-masing.

Rekrutmen Bersama BUMN ini terbuka untuk semua pelamar dengan strata pendidikan D1 hingga S2. BUMN juga membukan program ini untuk calon pelamar disabilitas dan putra/putri Kawasan Timur Indonesia.

Registrasi online dan seleksi administrasi rekrutmen ini akan dilakukan pada 14 hingga 25 April 2022. Untuk mendaftar, pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk bisa mengikuti proses seleksi.

Dalam proses pendaftaran, pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain atau kantor. Calon pelamar Rekrutmen Bersama BUMN perlu menyiapkan beberapa dokumen, seperti foto profil, KTP, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, SKCK, Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan), dan Surat Rekomendasi. 

Pendaftaran rekrutmen ini hanya dapat dilakukan secara online lewat laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Ada sembilan ketentuan umum yang perlu diketahui calon pelamar program Rekrutmen Bersama BUMN. Berikut informasinya :

  1. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 3 posisi di BUMN berbeda
  2. Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).
  3. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.
  4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id
  5. Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.
  6. Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id
  7. FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.
  8. Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Masa waktu registrasi online adalah 14 April s.d. 25 April 2022.

Sementara untuk persyaratan pendaftaran program Rekrutmen Bersama BUMN, calon pelamar harus memenuhi beberapa hal berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: Diploma I/II/III: 27 tahun; S1/Diploma IV: 30 tahun; S2: 35 tahun
  3. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.
  6. Dokumen SKCK dari Kepolisian.
  7. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
  8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Startup) apabila ada.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Link dan Jadwal Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Pendaftaran program ini hanya dilakukan secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Untuk itu, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.

Perlu diingat, seluruh kegiatan seleksi online termasuk pengumuman tiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN. Registrasi online dan seleksi administrasi rekrutmen ini akan dilakukan pada 14 hingga 25 April 2022.

Sementara pengumuman tahap pertama untuk registrasi online dan seleksi administrasi akan dilakukan pada 9 hingga 11 Mei 2022. Setelahnya, pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN diselenggarakan pada 17 hingga 27 Mei 2022

Pengumuman untuk tahap kedua dilakukan pada 8 hingga 10 Juni 2022. Tahap ketiga untuk Tes Kemampuan Bidang, wawancara dan MCU akan dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Adapun proses tahap ketiga dari Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini akan berlangsung dari 12 hingga 25 Juni 2022. Lalu pengumuman final calon pegawai BUMN dilakukan pada 4 Juli 2022.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir: 1/3 Kekuatan Ekonomi Indonesia adalah BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir tak menyangka ternyata jumlah pendaftar dalam lowongan kerja kali ini jauh di atas posisi yang ditawarkan. 

"Saya cukup terharu tetapi juga sangat khawatir karena jumlah rektutan 2.700 yang mendaftar puluhan kali lebih banyak," ujar Erick dikutip tayangan YouTube Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Erick Thohir mengatakan, jumlah pendaftar yang membludak tersebut sejalan dengan bonus demografi penduduk Indonesia. Di mana sebagian besar terdiri dari milenial dan gen Z.

"Ini harus kita sadari sejalan dengan bonus demografi Indonesia karena makin hari makin besar," katanya.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan, proses rekrutmen ini adalah bagian dari transformasi BUMN yang tidak mungkin berhasil tanpa transformasi human capital. Inilah pentingnya memastikan bagaimana talenta terbaik bergabung di BUMN.

"Sebab, kita sadari 1/3 kekuatan ekonomi Indonesia adalah di BUMN. Jadi harus kita sadari juga kita yang berkarya di BUMN adalah putra putri yang terbaik," tandasnya. 

4 dari 4 halaman

Regenerasi

Erick menambahkan, sangat penting kontinuitas kepemimpinan di BUMN agar terus berlanjut. Itu kemudian diisi oleh figur-figur dari generasi muda yang tak hanya punya kapabilitas, tapi juga karakter Akhlak yang baik.

"Karena kita tidak mau juga menjadi sebuah kekuatan yang besar, tetapi menjadi kekuatan yang justru salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan," tegasnya.

Bagaimana para pimpinan BUMN yang merupakan putra terbaik juga punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik.

Erick pun meminta bantuan perguruan tinggi agar bisa ikut bantu membangun karakter calon-calon pemimpin BUMN yang baik.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran para rektor yang terus berkolaborasi, tentu dengan BUMN ataupun Kementerian BUMN untuk memastikan link and match, dimana para putra-putri terbaik dari masing-masing perguruan tinggi bisa juga terserap untuk ke BUMN tersebut," pungkasnya. 4 dari 4 halaman

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.