Apple Patenkan Desain Kontroler Game Buatan Sendiri

Oleh Yuslianson pada 13 Apr 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 13 Apr 2022, 09:30 WIB
Ilustrasi Apple
Perbesar
Ilustrasi Apple (AP Photo/Mary Altaffer, File)

Liputan6.com, Jakarta - Apple tampaknya secara perlahan mulai masuk ke dalam pasar game, dengan langkah pertamanya dengan mengumumkan konten bernama Apple Arcade.

Tak hanya Apple Arcade, perusahaan bentukan Steve Jobs itu dikabarkan sedang mencari cara untuk masuk ke industri game.

Salah satu cara tersebut adalah dengan merilis kontroler game buatan mereka sendiri. Hal ini diketahui lewat paten terbaru yang telah Apple daftarkan.

Mengutip Patently Apple via 9to5Mac, Rabu (13/4/2022), perusahaan telah mendaftarkan paten terkait dengan kontroler game di Kantor Paten dan Merek Dagang AS.

Selain mendaftarkan di negara asal mereka, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga telah mememasukkan berkas mereka ke Kantor Paten Eropa dalam dua minggu terakhir ini.

Berdasarkan gambar paten yang didaftarkan tersebut, terlihat proyek kontroler buatan Apple ini masih dalam tahap eksperimental.

Dari gambar di bawah, terlihat bagaimana tim engineering Apple mengeksplore berbagai bentuk konsep dimana kontroler buatan Apple terlihat seperti Joy-Con Nintendo Switch.

Paten kontroler game buatan Apple. (Doc: Patently Apple/ 9to5Mac)

Terlihat, pengontrol buatan Apple ini dipisah menjadi dua bagian berbeda yang dapat dipasang di masing-masing perangkat, seperti iPhone dan iPad dalam posisi potret atau lanskap.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Konsep Desain Kontroler Lainnya

Ilustrasi Apple (AP Photo/Mark Lennihan)

Lebih lanjut, tampak juga bagaimana sebuah kontroler lainnya yang dibuat secara khusus untuk dipakai di iPhone.

Selain berfungsi sebagai kontroler, terlihat desain kedua ini juga berfungsi sebagai kasingy yang dapat dilipat dengan tombol di dalamnya--mirip Nintendo DS.

Paten ketiga tampil dengan desin joystik yang lebih klasik, dan dapat dipakai di semuar perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac via Bluetooth.

Apple juga sepertinya menambahkan sebuah tombol khusus yang berfungsi untuk mengaktifkan mode gaming di perangkat atau bisa dipakai untuk menjawab panggilan telepon saat bermain.

Perlu diingat, ini bukan pertama kalinya Apple dikabarkan akan merilis kontroler game buatan mereka sendirinya.

Pada 2020, leaker @L0vetodream sempat mengatakan, Apple telah mengerjakan joystik--namun kabar tersebut menghilang begitu saha.

Tertulis, paten pertama ini diterbitkan pada 31 Maret. Sementara yang kedua diterbitkan pada 10 April.

 


Apple WWDC 2022 Digelar pada 6 Juni

Apple WWDC 2022 akan digelar secara online pada 6 Juni mendatang. (Doc: Apple)

Di sisi lain, Apple juga baru saja mengumumkan konferensi tahuanan mereka Worldwide Developers Conference (WWDC) akan digelar secara online.

Rencananya, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, tersebut akan mengelar Apple WWDC 2022 pada 6 Juni hingga 10 Juni 2022.

Meski digelar secara online, Apple menyebutkan masih melakukan sesi tatap muka terbatas dengan developer dan siswa di Apple Park pada 6 Juni.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apple menggunakan acara WWDC 2022 ini sebagai tempat untuk berbagi informasi terkini yang akan hadir di iOS, iPadOS, macOS, tvOS, dan watchOS.

Tahun lalu, Apple mengumumkan serangkaian peningkatan dari sisi software seperti SharePlay yang mendukung FaceTime, hingga fitur baru dilayanan iCloud Plus.

Dengan deretan produk baru akan diungkap beberapa bulan mendatang, kira-kira informasi baru apa yang bakal perusahaan perkenalkan di Apple WWDC 2022 pada Juni mendatang.

(Ysl/Tin)

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Perbesar
Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya