Sukses

Kecepatan Internet Indonesia untuk Streaming Netflix Meningkat

Netflix mengungkapkan, berkat peningkatan kecepatan Telkom, kecepatan rata-rata nasional Indonesia juga naik sebesar 0,2 Mbps menjadi 3,2 Mbps

Liputan6.com, Jakarta - Netflix merilis Indeks Kecepatan ISP (Internet Service Provider) atau ISP Speed Index terbarunya, untuk bulan Maret 2022.

Pembaruan bulanan ini berisi informasi mengenai Penyedia Layanan Internet (ISP) mana yang memberikan pengalaman streaming Netflix terbaik di berbagai negara.

Dalam keterangan di laman resminya, dikutip Selasa (12/4/2022), platform over the top (OTT) Amerika Serikat itu menyebut, lima ISP di Asia mencatatkan peningkatan kecepatan di bulan Maret.

VNPT di Vietnam melonjak 0,2 Megabits per detik (Mbps) menjadi 3,4 Mbps, setelah mengalami penurunan sebesar 0,2 Mbps bulan lalu.

Lalu VECTANT di Jepang mengalami kenaikan 0,2 Mbps menjadi 2,8 Mbps. Zajil Telecom di Kuwait mencatatkan peningkatan yang sama. Fiberlink di Pakistan juga naik 0,2 Mbps menjadi 2,6 Mbps.

Sementara di Tanah Air, kecepatan Telkom di Indonesia meningkat 0,2 Mbps menjadi 3 Mbps. Berkat peningkatan tersebut, kecepatan rata-rata nasional Indonesia juga naik sebesar 0,2 Mbps menjadi 3,2 Mbps.

Menurut Netflix ISP Speed Index per Maret 2022, Biznet, LinkNet, MyRepublic, dan XL Home, menjadi ISP terdepan untuk layanan streaming Netflix dengan kecepatan 3,4 Mbps.

Di bawahnya atau posisi kedua, terdapat Cyberindo Aditama (CBN) dan MNC Play dengan kecepatan 3,2 Mbps, disusul Telkom di tempat ketiga dengan kecepatan 3 Mbps.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Empat ISP di Amerika Latin

Sementara itu, empat ISP di Amerika Latin juga dilaporkan mengalami peningkatan kecepatan.

CableColor di Guatemala, Airtek di Venezuela, Entel di Cile, dan Copaco di Paraguay, masing-masing naik 0,2 Mbps menjadi 3 Mbps, 3 Mbps, 2,6 Mbps, dan 2 Mbps.

Meskipun Copaco mengalami peningkatan, setelah turun 0,2 Mbps pada bulan Februari, rata-rata nasional Paraguay turun sebesar 0,2 Mbps menjadi 3,4 Mbps.

Di sisi lain, tujuh belas wilayah mengalami penurunan kecepatan rata-rata sebesar 0,2 Mbps.

Tujuh belas wilayah itu termasuk Bolivia, Brasil, Kanada, Kolombia, Kosta Rika, El Salvador, Finlandia, Islandia, India, Irlandia, Italia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Afrika Selatan, dan Uruguay.

3 dari 4 halaman

Mengukur Performa Netflix

ISP dengan performa terbaik pada bulan Maret mengalami penurunan dari 3,8 Mbps menjadi 3,6 Mbps karena rata-rata bitrate yang diperlukan untuk menghasilkan performa prime time Netflix menurun.

Perusahaan mengungkapkan, ada 21 negara dengan catatan kecepatan tertinggi ini.

Mereka adalah Australia, Belgia, Denmark, Jerman, Hungaria, Hong Kong, Israel, Luksemburg, Malaysia, Belanda, Panama, Portugal, Rumania, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Inggris, dan AS.

Patut dicatat bahwa Indeks Kecepatan ISP Netflix adalah ukuran performa Netflix prime time pada ISP tertentu, bukan ukuran performa keseluruhan untuk layanan atau data lain, yang mungkin melewati jaringan ISP tertentu.

"Performa Netflix yang lebih cepat secara umum berarti kualitas gambar yang lebih baik, waktu mulai yang lebih cepat, dan lebih sedikit gangguan," jelas perusahaan.

4 dari 4 halaman

Tombol Like Dua Jempol Baru Netflix

Netflix sebelumnya mulai meluncurkan tombol like baru dengan ikon dua jempol atau Double Thumbs Up atau "Amat Sangat Suka" di platformnya.

Tombol ini berguna sebagai "cara tambahan bagi anggota untuk memberi tahu" platform, jenis serial dan film di Netflix apa yang ingin ditonton lebih banyak.

Mengutip pengumuman di laman resminya, dikutip Selasa (12/4/2022), opsi dua jempol ini bisa ditemukan di samping tombol jempol ke atas dan jempol ke bawah, di perangkat seluler, TV, Web, Android, dan iOS.

Christine Doig-Cardet, Director of Product Innovation, Netflix mengatakan tombol jempol yang ada saat ini, memang menjadi cara yang baik bagi pengguna untuk mengungkapkan perasaannya sebagai sebuah serial atau film.

Sehingga, platform over the top (OTT) itu pun bisa menawarkan profil yang lebih sesuai dengan selera penonton.

"Namun, kami telah belajar dari waktu ke waktu bahwa perasaan ini dapat melampaui suka atau tidak suka yang sederhana," kata Doig-Cardet dalam keterangan tertulis dari layanan streaming Amerika Serikat itu.

Menurut Netflix, memberikan opsi tambahan untuk memberi tahu ketika pengguna benar-benar menyukai sesuai, ini berarti rekomendasi yang ditawarkan bakal lebih mencerminkan apa yang disukai pengguna.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.