Sukses

Vivo X Fold Meluncur, Smartphone Layar Lipat dengan Snapdragon 8 Gen 1

Setelah rumor kehadirannya sempat beredar sejak beberapa minggu, Vivo X Fold kini resmi diperkenalkan.

Liputan6.com, Jakarta - Vivo resmi meluncurkan smartphone layar lipat perdana besutannya, yakni Vivo X Fold. Kehadiran smartphone ini memang telah terdengar sejak beberapa minggu lalu, sampai-sampai Vivo sendiri sempat mengunggah teaser-nya sebelum diperkenalkan.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (12/4/2022), spesifikasi smartphone ini tidak jauh berbeda dari bocoran yang sempat beredar. Salah satunya adalah smartphone ini menggunakan layar AMOLED berukuran 6,53 inci di bagian depan atau saat perangkat di lipat.

Sementara untuk bagian dalam, Vivo menggunakan layar AMOLED E5 LTPO3 berukuran 8,03 inci. Meski berbeda ukuran, kedua layar sudah mendukung refresh rate 120Hz dan mendukung HDR 10+.

Layar bagian dalam Vivo X Fold memakai SCHOTT UTG (ultra thin glass) dan sudah memiliki mendapatkan rekomendasi A+ dari Display Mate. Baik layar bagian dalam dan luar sudah mendukung pemindai sidik jari ultrasnoik.

Vivo menyertakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 12GB. Sebagai penopang performanya, smartphone layar lipat ini memiliki baterai berkapasitas 4.600mAh yang mendukung fast charging 66W dengan kabel, 50W secara nirkabel, dan 10W reverse wireless charge.

Beralih ke fotografi, Vivo X Fold memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari kamera depan 50MP dengan OIS, lensa portrait 12MP, lensa periscope 5MP 5x optical zoom, serta ultrawide 48MP. Kali ini, Vivo bekerja sama dengan Zeiss yang ditunjukkan dengan logo perusahaan tersebut di frame kamera belakang.

Urusan selfie, smartphone ini hadir dengan dua kamera depan, satu di bagian dalam saat layar terbuka dan satu di bagian luar saat layar tertutup. Keduanya sama-sama memiliki resolusi 16MP.

Mengingat Vivo X Fold memiliki layar besar saat dibuka, perangkat ini disebut cukup menunjang aktivitas multitasking. Salah satunya dengan menjalankan dua aplikasi sekaligus yang saling bersebelahan di layar bagian dalam.

Saat ini, Vivo X Fold hanya tersedia eksklusif di Tiongkok. Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu black, blue, dan grey, serta dibanderol dengan harga mulai dari 8.999 yuan atau sekitar Rp 20,2 juta.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vivo Mau Rilis Banyak Smartphone, Termasuk Vivo X Note dan X Fold

Sebelumnya, vendor smartphone Vivo memang dikabarkan berencana meluncurkan banyak smartphone dari berbagai seri. Informasi ini berdasarkan bocoran waktu peluncuran masing-masing ponsel.

Dari perangkat yang akan dirilis Vivo, kabarnya ada Vivo X Note, Vivo X Fold yang kemungkinan besar adalah smartphone layar lipat, Vivo Pad, iQOO Neo 6, hingga Vivo X80 series.

Mengutip Gizchina, Kamis (24/3/2022), smartphone yang paling dinanti Vivo X Note bakal segera dirilis. Meski begitu, perusahaan Tiongkok ini masih belum mau mengungkap detail apa saja yang ditawarkan oleh Vivo X Note.

Berdasarkan sebuah bocoran, smartphone Vivo X Note ini bakal rilis bulan depan alias April 2022.

Vivo X Note disebut-sebut sudah terungkap di internet dari gambar render yang beredar. Leaker Digital Chat Station mengungkap detail perangkat Vivo mendatang melalui unggahan di Weibo.

Menurut DCS, Vivo X Note bakal rilis pada paruh pertama April 2022. Perangkat lain yang juga dikabarkan akan dirilis Vivo adalah Vivo Pad dan iQOO Neo 6, sekaligus smartphone layar lipat pertama Vivo X Fold, juga pada awal April 2022.

3 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi Tentang Vivo X Note

Selain tanggal perilisan, terungkap sedikit informasi mengenai Vivo X Note. Informasi menyebutkan, Vivo X Note akan rilis dengan layar 2K Samsung E5 Amoled seluas 7 inci. Layar perangkat ini disebut-sebut mendukung refresh rate 120Hz.

Lebih lanjut disebutkan, perangkat bakal didukung sensor sidik jari 3D ultrasonic. Layar Vivo X Note juga kabarnya memiliki punch-hole.

Dipercaya, Vivo X Note mengusung 4 kamera mulai dari kamera utama 50MP dengan lensa Samsung S5KGN1, kamera 48MP Sony IMX598, kamera 12MP Sony IMX663, dan kamera 8MP OVO8A10.

Vivo X Note didukung chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang membuatnya jadi smartphone di segmen flagship. Tak hanya itu, Vivo X Note hadir dengan baterai 5.000mAh yang mendukung pengisian daya cepat 80W.

4 dari 4 halaman

Vivo X Fold hingga X80 Series

Lebih lanjut, Vivo juga kabarnya mau merilis Vivo X80 series dalam beberapa hari ke depan. Model dari seri Vivo X80 digadang-gadang bernama Vivo X80 Pro+, Vivo X80 Pro, dan Vivo X80. Disebutkan, Vivo X80 series kemungkinan rilis pada akhir April 2022.

Sementara untuk smartphone layar lipat Vivo X Fold, detailnya terungkap beberapa waktu lalu.

Smartphone ini memiliki layar 6,5 inci jenis AMOLED yang berfungsi sebagai layar utama. Terdapat pula layar yang bisa dilipat dengan ukuran 8 inci, juga menggunakan layar AMOLED.

Lebih lanjut, Vivo X Fold kemungkinan mengusung baterai 4.600mAh dengan empat kamera utama. Demikian menurut laporan Gadgets 360.

Tablet pertama Vivo yang disebut-sebut bernama Vivo Pad juga akan ikut dirilis. Perangkat ini menggunakan chipset Snapdragon, baterai 8.040 mAh. Sedangkan untuk iQOO Neo 6 akan didukung layar 6,6 inci AMOLOED dengan refresh rate 120Hz.

Perangkat ini bisa saja didukung chipset Snapdragon 8 Gen 1 serta baterai 4.700mAh dengan kemampuan isi fast charging 80W.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.