Bingung Pilih Xiaomi 12 atau Realme GT 2 Pro? Ini Perbandingan Spesifikasinya

Oleh Iskandar pada 11 Apr 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 11 Apr 2022, 12:00 WIB
Realme GT 2 Pro - Tampak Depan
Perbesar
Realme GT 2 Pro - Tampak Depan

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki awal kuartal kedua 2022, sejumlah vendor teknologi kian gencar meluncurkan smartphone andalannya di pasar ponsel Indonesia. Dua brand smartphone yang merilis produk flagship dengan waktu berdekatan adalah Realme dan Xiaomi.

Realme meluncurkan Realme GT 2 Pro di Indonesia pada 22 Maret 2022, sedangkan Xiaomi merilis Xiaomi 12 Series pada 7 April 2022.

Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, mengatakan Realme GT 2 Pro menjadi smartphone pertama yang kami aplikasikan dengan bodi smartphone bio-polimer, menjadikannya flagship smartphone premium pertama yang ramah lingkungan.

Sementara Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mengklaim kehadiran Xiaomi 12 series merupakan respons Xiaomi atas permintaan pasar ponsel flagship yang inovatif, memiliki desain elegan, tanpa mengorbankan fitur-fitur dan performa powerful-nya.

Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro pastinya memiliki daya tarik masing-masing bagi konsumen di Tanah Air. Dengan persaingan di segmen yang sama, membuat konsumen yang meminatinya mungkin sedikit bingung untuk menentukan pilihannya.

Nah, agar kamu tak bingung memilih, berikut perbandingan Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro.

Layar

Xiaomi 12 menyematkan layar AMOLED 6,28 inci dengan resolusi Full HD+, sedangkan Realme GT 2 Pro menawarkan spesifikasi layar lebih baik dengan panel E4 AMOLED 6,7 inci, beresolusi QHD+ dan dilengkapi teknologi LTPO 2.0.

Untuk kecepatan refresh rate-nya, Xiaomi 12 dan realme GT 2 Pro sama-sama menawarkan refresh rate tinggi 120Hz. Keduanya digadang-gadang bakal memberikan transisi gerakan yang smooth ketika scrolling media sosial, menonton film, atau bermain game.

 

Xiaomi 12, 12 Pro, dan 12X resmi diumumkan. (Doc: Xiaomi)

Meski memiliki kecepatan refresh rate serupa, namun Realme memberikan touch sampling rate yang lebih tinggi dengan 1000Hz, sedangkan Xiaomi 12 memiliki touch sampling rate 480Hz.

Perbedaan touch sampling rate ini akan terasa dari respons layar terhadap sentuhan, terlebih saat digunakan untuk bermain game.

Sebagai proteksi layar terhadap goresan dan benturan, kedua smartphone kelas flagship ini sudah melindungi bagian layarnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus. Keduanya juga dilengkapi dengan fitur HDR10+.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 


Desain

Xiaomi 12
Perbesar
Xiaomi 12. Dok: Xiaomi Indonesia

Xiaomi 12 dan Realme GT 2 Pro sekilas memiliki desain serupa dengan warna pastel yang simpel. Xiaomi menyediakan pilihan warna Purple, Blue, dan Gray. Sementara Realme menawarkan dua varian warna Paper White dan Steel Black.

Meski sekilas punya visual yang mirip, namun keduanya memiliki material desain berbeda. Xiaomi 12 hadir dengan bagian back cover yang terbuat dari material kaca.

Sementara Realme GT 2 Pro hadir sebagai smartphone pertama di dunia yang menawarkan desain polimer berbasis bio ramah lingkungan.

Material kaca yang diusung Xiaomi mungkin menunjukkan kesan premium, namun Realme berani tampil beda dengan desain ramah lingkungannya.

Realme mengklaim, flagship smartphone-nya ini dibuat dengan jejak emisi karbon yang 35,5 persen lebih sedikit. 

Performa

Xiaomi dan Realme tentunya sama-sama memberikan yang terbaik dari sektor performa, di mana keduanya ditopang prosesor Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 dibuat dengan arsitektur 4nm yang diklaim mampu memberikan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Mulai dari performa CPU 20 persen yang lebih tinggi dan GPU 30 persen lebih andal.

Meski menawarkan dapur pacu yang sama, namun konfigurasi RAM jadi pembeda. Xiaomi 12 datang dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB, sedangkan Realme GT 2 Pro hadir dengan membawa RAM12 GB dan memori internal 256GB.

Tampilan Realme GT 2 Pro yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. (Dok: Realme)

Walaupun mengusung prosesor dan memori internal yang sama, jelas di sini bahwa Realme lebih unggul dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Menjaga performanya tetap stabil, kedua smartphone telah dibekali teknologi pendingin untuk menstabilkan suhu. Xiaomi memperkenalkan teknologi baru bernama Liquid Cool Vapor Chambers yang menjaga kinerja ponsel agar tidak mengalami overheat.

Realme juga membawa teknologi bernama Stainless Steel Vapor Cooling Max. Pada teknologi pendinginnya ini Realme menggabungkan vapor chambers dan kombinasi tembaga yang mampu meredam panas lebih cepat ketimbang material baja atau aluminium.


Kamera

Realme
Perbesar
Tampilan Realme GT 2 Pro yang akan meluncur di Indonesia. (Dok: Realme)

Sektor fotografi juga menjadi fokus utama Xiaomi dan Realme, di mana mereka tentunya tak ingin memberikan sensor kamera ala kadarnya.

Xiaomi 12 mengandalkan komposisi tiga kamera di bagian belakang. Formasinya terdiri dari kamera utama 50MP yang didukung sensor Sony IMX766, kamera ultrawide 13MP dengan rentang 123 derajat, dan kamera telemakro 5MP.

Realme GT 2 Pro juga mengusung tiga kamera belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50MP yang juga menggunakan sensor Sony IMX766, kamera ultrawide 50MP bersensor Samsung ISOCELL JN1 dengan rentang 150 derajat, dan kamera microlens yang mampu melakukan zoom hingga 40x.

Untuk kebutuhan selfie atau video call dengan kamera depan, kedua smartphone ini sama-sama mengandalkan kamera beresolusi 32MP.

Meski memiliki beberapa kesamaan di sektor kameranya, namun jika dicermati, Realme memiliki kamera pendukung dengan resolusi dan fitur yang lebih baik. Misalnya lensa ultrawide dengan sudut gambar lebih lebar mencapai 150 derajat.


Baterai

Xiaomi 12 dan BCL
Perbesar
Xiaomi memilih penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) untuk menjadi wajah dari Xiaomi 12 (Foto: Xiaomi Indonesia)

Realme GT 2 Pro mengandalkan baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung fitur pengisian daya cepat SuperDart Charge 65W.

Sementara Xiaomi 12 membenamkan baterai 4.500 mAh dengan mendukung fast charging 67W dan pengisian nirkabel 50W.

Dari besaran kapasitas baterai yang diusungnya, terlihat jelas bahwa Realme lebih unggul. Namun, Xiaomi sedikit lebih unggul dengan kecepatan teknologi fast charging yang ditawarkannya.

Kesimpulan

Xiaomi 12 dan Realme GT 2 Pro jelas merupakan dua smartphone menarik yang meluncur pada Q1 2022. Meski memiliki label harga serupa di angka Rp 9 jutaan dan spesifikasi yang sekilas terlihat sama, namun tetap ada perbedaan.

Dari segi desain, mungkin kembali ke selera masing-masing. Namun di sini terlihat Realme GT 2 Pro unggul di bagian performa dengan RAM 12GB yang dibawanya.

Begitu juga dengan sektor kamera realme GT 2 Pro yang tergolong lebih lengkap jika dibandingkan dengan Xiaomi 12.

Pun demikian, keputusan untuk membeli smartphone tentunya tetap berada di tangan kamu.


Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya