Sukses

NASA dan SpaceX Luncurkan 4 Astronaut Swasta Pertama ke Stasiun Luar Angkasa

Penerbangan yang dilakukan NASA, SpaceX, dan Axiom Space ini merupakan bagian dari Axiom Mission 1 (Ax-1), misi astronaut swasta pertama ke Stasiun Luar Angkasa.

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, NASA dan SpaceX meluncurkan empat astronaut swasta ke Stasiun Luar Angkasa International (International Space Station/ISS), dalam peluncuran pada Jumat siang lalu waktu setempat.

Penerbangan ini merupakan bagian dari Axiom Mission 1 (Ax-1), misi astronaut swasta pertama ke Stasiun Luar Angkasa.

Keempat astronaut Axiom Space tersebut lepas landas pada pukul 11.17 Waktu Timur (Eastern Daylight Time/EDT), dari Launch Complex 39 A di Kennedy Space Center NASA, Floria, Amerika Serikat.

Mengutip siaran pers NASA di laman resminya, Senin (11/4/2022), pesawat luar angkasa Dragon Endeavour yang membawa astronaut-astronaut ini diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9.

Keempat astronaut ini sendiri adalah Michael López-Alegría, Larry Connor, Mark Pathy, dan Eytan Stibbe.

Para kru akan menghabiskan lebih dari seminggu untuk melakukan penelitian ilmiah, penjangkauan, dan kegiatan komersial di Stasiun Luar Angkasa. 

Administrator NASA Bill Nelson mengatakan bahwa peluncuran astronaut swasta ini sebagai kejadian yang bersejarah. Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh tim di NASA.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Era Baru

"Kemitraan NASA dengan industri melalui program kargo dan kru komersial telah membawa bangsa kita ke era baru dalam penerbangan antariksa manusia — era dengan potensi tak terbatas," kata Nelson.

"Selamat kepada Axiom, SpaceX, dan kru Axiom-1 karena telah mewujudkan misi pribadi pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ini," imbuhnya.

Mulai hari Sabtu, 9 April 2022, pukul 05.30 waktu setempat, NASA pun memberikan liputan langgsung tentang docking Endeavour, pembukaan palka, dan upacara penyambutan kru. Acara ini disiarkan melalui NASA Television, aplikasi NASA, serta situs web institusi ini.

Michael Suffredini, Presiden dan CEO Axiom Space, juga mengucapkan selamat kepada keempat astronaut swasta ini.

"Kami akan mengantar era baru dalam penerbangan antariksa swasta manusia ketika mereka melewati ambang pintu untuk memasuki Stasiun Luar Angkasa Internasional," kata Suffredini.

3 dari 4 halaman

Disambut Kru Expedition 67

Perjalanan ini pun dinilai jadi puncak pelatihan, perencanaan, dan dedikasi dari kru dan seluruh tim Axiom Space, mitra di SpaceX, dan penghargaan untuk visi NASA mengembangkan kehadiran berkelanjutan di orbit rendah Bumi.

Begitu berada di stasiun, kru Axiom akan disambut oleh anggota dari kru Expedition 67.

Para astronaut ini di antaranya adalah NASA Thomas Marshburn, Raja Chari, dan Kayla Barron, astronot Badan Antariksa Eropa Matthias Maurer, dan kosmonot Roscosmos Oleg Artemyev, Sergey Korsokov, dan Denis Matveev.

Astronaut Axiom Space diperkirakan akan menghabiskan sekitar 10 hari di orbit, sebelum kembali ke Bumi dan mendarat di salah satu dari tujuh lokasi pendaratan di lepas pantai Florida.

4 dari 4 halaman

Proses Docking Sempat Tertunda

Mengutip blog NASA, pada Sabtu, 9 April 2022, 08.29 EDT keempat kru ini berhasil tiba di ISS setelah hampir 21 jam perjalanan.

Kru dari Dragon Endeavour merapat ke kompleks orbital sementara pesawat ruang angkasa itu terbang sekitar 260 mil di atas Samudra Atlantik tengah.

Meski begitu, dilaporkan bahwa proses docking atau penambatan dari Dragon Endeavour, sempat tertunda sekitar 45 menit.

Ini karena tim stasiun luar angkasa, termasuk pengontrol misi di NASA dan SpaceX, mencoba memecahkan masalah yang mencegah anggota kru di ISS menerima pandangan kamera garis tengah Dragon dari port docking modul Harmony.

Tim misi bekerja untuk merutekan video menggunakan stasiun darat SpaceX, ke kru di stasiun luar angkasa yang memungkinkan Dragon melanjutkan docking.

Pada pukul 10.13 EDT, di hari yang sama, keempat astronaut Ax-1 akhirnya berhasil memasuki Stasiun Luar Angkasa Internasional.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.