Melon Indonesia Dorong Industri Game Lokal Lewat Jawara Nusantara

Oleh Iskandar pada 11 Apr 2022, 02:08 WIB
Diperbarui 11 Apr 2022, 02:08 WIB
Dok: Melon Indonesia
Perbesar
Dok: Melon Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Penyedia game, musik, dan OTT lokal, Melon Indonesia menegaskan ingin mendorong kemajuan industri game di Indonesia, khususnya game lokal.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan keterlibatan perusahaan dalam turnamen game Lokapala: Saga Of The Six Realms bertajuk "Jawara Nusantara" yang digagas oleh Dunia Games Telkomsel pada 21-27 Maret 2022.

Direktur Utama Melon Indonesia, Aris Sudewo, menuturkan keterlibatan perusahaan dalam turnamen tersebut tak lain sebagai bentuk dukungan terhadap game lokal agar memiliki daya saing dengan game-game buatan developer asing.

Ia menilai di antara berbagai judul game lokal yang beredar di Indonesia, Lokapala: Saga Of The Six Realms menjadi salah satu game yang sukses diterima oleh para gamer di Indonesia.

“Saya berharap game lokal Lokapala semakin diterima dan dicintai oleh masyarakat Indonesia, khususnya pecinta gim MOBA (Multipalyer Online Battle Arena)," ujar Aris melalui keterangannya, Senin (11/4/2022).

Ia menyebut Lokapala sebagai game lokal harus terus bisa bersaing dengan game MOBA lainnya guna menjawab tantangan industri game di Tanah Air dan bisa menjadi lokomotif awal perkembangan industri game lokal yang inklusif.

“Kami dari Melon Indonesia bagian dari Telkom Group sebagai publisher tentunya juga berharap game lokal dapat terus mendorong industri kreatif di Indonesia secara keseluruhan, mulai dari developer, esports player, talent caster, dan content creator” ucap Aris menandaskan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 


Jeet Capital Jadi Juara Pertama Lokapala Jawara Nusantara

Lokapala Jawara Nusantara
Perbesar
Pemenang kompetisi Lokapala Jawara Nusantara yang digelar Telkomsel melalui Dunia Games bersama INDICO dan Melon Indonesia. (screenshot: YouTube Dunia Games)

Kompetisi Lokapala Jawara Nusantara yang diselenggarakan Telkomsel melalui Dunia Games bersama INDICO dan Melon Indonesia telah memasuki babak akhir. Grand final kompetisi ini digelar secara virtual pada 27 Maret 2022.

Dalam grand final yang mempertandingkan empat tim tersebut, Jeet Capital berhasil keluar menjadi juara. Tim ini berhasil mengalahkan Dewa United yang dinobatkan sebagai peringkat kedua.

Sementara peringkat tiga diraih oleh tim Rans Esports yang berhasil mengalahkan Bonafide Esports. Penyelenggaraan turnamen ini turut didukung Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Turnamen Lokapala Jawara Nusantara ini memiliki semangat membangun negeri hingga merupakan salah satu wadah perkembangan industri game lokal dalam melahirkan para atlet esports professional," tutur Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan saat pengumuman pemenang secara virtual.

Sebagai informasi, turnamen Lokapala Jawara Nusantara diikuti oleh 1.075 peserta yang tergabung dalam 215 tim. Seluruh peserta berasal dari 43 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan memperebutkan total hadiah hingga Rp 100 juta.

Rangkaian turnamen ini dilakukan secara virtual melalui platform Dunia Games. Seluruh pertandingan kompetisi ini dapat disaksikan secara live streaming melalui platform dan kanal YouTube Dunia Games.

Kehadiran kompetisi ini, menurut Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, tidak lepas keseriusan Telkomsel melihat potensi industri gaming yang terbilang besar di Indonesia. Namun, kontribusi pelaku game lokal masih minim, sehingga kompetisi ini hadir sebagai bentuk dukungan pada industri game lokal.

Terlebih, Lokapala sendiri merupakan game besutan pengembangan dalam negeri, Anantarupa Studios dan Melon Indonesia sebagai publisher. Game bergenre MOBA ini mengangkat karakter yang terinspirasi dari mitologi maupun legenda Indonesia.

"Semoga ajang ini dapat memberikan manfaat yang mampu membangkitkan rasa cinta dan bangga kita terhadap games eSports buatan lokal yang juga memiliki karakteristik kearifan lokal, sekaligus mendorong industri game lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tuturnya.


Telkomsel dan GoTo Bentuk JV Majamojo

Majamojo
Perbesar
Majamojo, perusahaan patungan Telkomsel dan GoTo yang bergerak di bidang publisher gaming di Asia Tenggara (Foto: Telkomsel).

Sebelumnya, Telkomsel melalui anak usaha PT Telkomsel Ekosistem Digital dan GoTo melalui PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa mengembangkan bisnis gaming untuk pasar Asia Tenggara.

Kolaborasi Telkomsel dan GoTo diwujudkan dengan membentuk perusahaan patungan PT Games Karya Nusantara "Majamojo".

Lewat Majamojo, kedua perusahaan akan mensinergikan dan memanfaatkan sumber daya Telkomsel dan GoTo dengan maksimal, mulai dari kapasitas digital, aset teknologi, dan ekosistem bisnis terintegrasi.

Kerja sama ini bakal memperkuat eksistensi pelaku industri gaming lokal juga mendorong lahirnya talenta digital di Indonesia.

Majamojo akan berfokus pada pengembangan gim dan membuka peluang kemitraan bersama pengembang pihak ketiga. Majamojo akan menjadi perusahaan publisher gaming dan diklaim akan mendominasi dalam industri gaming lokal, terutama platform mobile.

CEO Telkomsel Ekosistem Digital, Andi Kristianto, mengatakan, Majamojo memperkaya lini bisnis vertikal Telkomsel Digital setelah bergabungnya Kuncie dan Fita dalam portofolio bisnis.


Kembangkan Ekosistem Gaming

"Kami berupaya memaksimalkan keunggulan aset dan kapabilitas Telkomsel untuk mengembangkan Majamojo dalam ekosistem gaming, melengkapi yang telah dicakup oleh Dunia Games," kata Andi.

Head of GoTo Strategic Partnership Reggy Susanto menyebutkan, perusahaan patungan ini memiliki sumber daya besar guna menjadi perusahaan gim terbesar di Asia Tenggara.

"Kemitraan ini bisa menangkap peluang lebih besar di industri gim dengan mengoptimalkan layanan dan ekosistem GoTo dan Telkomsek," katanya.

Telkomsel Ekosistem Digital bakal menjadi pemegang saham mayoritas Majamojo dan sisanya adalah PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa.

Direktur Utama Majamojo Jungwon Hahn mengatakan, Majamojo akan fokus menerbitkan dan mengembangkan bisnis gaming. "Kami ingin menjadi perusahaan gaming yang diperhitungkan di Asia Tenggara."

Langkah korporasi Telkomsel dan GoTo sebelumnya mendapat dukungan dari seluruh shareholder dan investor serta berkoordinasi dengan pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait.


Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya