Sukses

Fitur Reaksi Emoji Akan Hadir di Google Docs

Google mengatakan fitur reaksi emoji baru memberikan alternatif yang tidak terlalu formal sebagai komentar untuk mengekspresikan pendapat tentang konten dalam dokumen di Google Docs.

Liputan6.com, Jakarta Google Docs bakal kehadiran fitur berupa menyematkan reaksi emoji. Ini memungkinkan pengguna menanggapi teks dengan simbol-simbol, ketimbang menulis komentar secara penuh.

Pengumuman ini disampaikan melalui blog resmi Google Workspace. Google mengatakan, fitur ini mendukung semua emoji yang tersedia dalam perilisan terbaru.

Beberapa emoji seperti emoji gender netral, hingga simbol-simbol seperti wajah meleleh dan menggigit bibir, juga akan dimasukkan ke dalamnya.

"Fitur reaksi emoji baru memberikan alternatif yang tidak terlalu formal sebagai komentar untuk mengekspresikan pendapat Anda tentang konten dalam dokumen," tulis Google dalam blognya, dikutip Minggu (10/4/2022).

Melalui panduan gif yang dirilis Google, fitur reaksi emoji ini akan muncul sebagai opsi ketiga di samping "Add Comment" dan "Suggest Edits" ketika pengguna menyoroti sebuah teks. Pengguna juga bisa melakukan search secara manual untuk mencari katalog emoji.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aktif Secara Default

Dikutip dari The Verge, fitur reaksi emoji dihadirkan ke Google Docs karena layanan tersebut sedang mengalami perombakan besar, dan berkembang dari pengolah kata, menjadi lebih dari sekadar alat kerja kolaborasi jarak jauh.

Lebih lanjut, Google menyebut bahwa reaksi emoji akan aktif secara default dan tidak bisa dinonaktifkan.

Fitur ini sendiri diluncurkan melalui domain rilis cepat, meski akan tersedia untuk sebagian besar pengguna Google Documents setelah tanggal 20 April 2022.

Mereka juga akan tersedia untuk pelanggan Google Workspace, serta pelanggan lama G Suite Basic dan Business, dan tentu saja untuk para pengguna dengan Akun Google pribadi.

Penggunaan emoji sebagai sebuah reaksi atau respon dari sebuah konten, saat ini bukanlah hal baru di perangkat lunak modern, serta sudah tersedia di bebagai aplikasi messaging dan media sosial.

Reaksi emoji sudah tersedia di iMessage, Facebook Messenger, Facebook, dan Twitter dalam pengujian terbatas. 

3 dari 5 halaman

Emoji Baru WhatsApp

Baru-baru ini, pengguna WhatsApp dikabarkan akan segera bisa mengirim emoji terbaru ke teman dan keluarga. Emoji yang akan hadir mulai dari bola disko hingga pria hamil.

Ada 37 tambahan emoji untuk dipilih, seperti tangan hati, wajah yang meleleh, dan bibir menggigit genit. Demikian menurut laporan WABetaInfo, sebagaimana dikutip dari The Sun, Kamis (31/3/2022).

Terlebih lagi, beberapa emoji juga mendukung kombinasi warna kulit. Misalnya, jika kamu menekan dan menahan emoji berjabat tangan, akan muncuk sepuluh varian warna kulit.

Menurut WABetaInfo, platform milik Meta ini telah memulai pengujian secara publik. Belum diketahui kapan deretan emoji itu akan rilis, tetapi sepertinya tidak akan memakan waktu lama.

Sebelumnya, WhatsApp menguji coba berbagai hal baru, mulai dari emoji reaction hingga fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna mendapat kontrol lebih baik atas perekaman pesan suara.

4 dari 5 halaman

Fitur Emoji Reaction WhatsApp

Fitur Emoji Reaction WhatsApp atau reaksi emoji diperkirakan segera hadir di WhatsApp, terutama versi Android. Hal ini seiring dengan laporan WABetaInfo yang melaporkan emoji reaksi bakal mulai terlihat di WhatsApp beta Android versi 2.22.8.3.

Dengan fitur Emoji Reaction, pengguna bisa dengan mudah dan cepat memberikan respon untuk setiap pesan yang masuk.

Mengutip laman The Verge, Rabu (23/3/2022), untuk menggunakan fitur baru WhatsApp ini, pengguna hanya perlu menekan agak lama pada pesan yang diterima.

Nah, fitur ini memungkinkan pengguna memberikan reaksi dengan satu dari enam emoji yang disediakan.

Keenam emoji yang ada di fitur ini mulai dari jempol ke atas, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, atau tangan terlipat yang biasa diartikan sebagai 'terima kasih'. WhatsApp meluncurkan fitur Emoji Reaction secara bertahap di Android.

(Dio/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.