Sukses

Cara Bikin Satu Link yang Berisi 5 Tautan Berbeda untuk Maksimalkan Bisnis Online

Berikut cara membuat satu link (tautan tunggal) yang berisi hingga lima tautan berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Alih-alih membagikan lima atau lebih tautan berbeda, sekarang pebisnis online bisa mencantumkan hanya satu link yang berisi lima tautan. Dengan demikiam, calon pembeli menjadi lebih mudah mengakses informasi yang dibutuhkan.

Untuk mengakomodasikan kebutuhan tersebut, platform solusi e-commerce TokoTalk meluncurkan fitur baru bernama StoreLinks, sebuah halaman web yang bisa dipersonalisasi untuk mencantumkan hingga lima tautan  penting dari merchant.

“Sebagai salah satu fitur utama TokoTalk, StoreLinks, membantu pengguna kami untuk mengkompilasi tautan terpenting mereka ke dalam satu halaman web yang dapat diakses dengan mudah oleh audiens dari ponsel mereka," kata, Head of Division Marketing & Strategy TokoTalk, Yoanita Simanjuntak melalui keterangannya, Minggu (10/4/2022).

Yoanita menjelaskan StoreLinks adalah fitur yang menyediakan satu link yang dipersonalisasi untuk menampung berbagai tautan penting lainnya.

"Tujuannya untuk mengarahkan audiens ke berbagai tautan yang merchant ingin bagikan, misalnya tautan ke toko online, marketplace, halaman promosi, katalog terbaru, artikel tertentu, video, nomor WhatsApp toko, hingga akun media sosial," tuturnya memaparkan.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur StoreLinks? Berikut ini caranya, sebagaimana dikutip dari situs resmi TokoTalk:

  • Daftar atau masuk ke TokoTalk
  • Buka menu Toko Online, lalu klik StoreLinks
  • Masukkan link yang ingin ditampilkan
  • Custom gambar latar dan warna yang diinginkan

Selain custom desain, TokoTalk juga menyediakan berbagai desain template eksklusif yang bisa langsung kamu gunakan secara gratis. Dalam hal ini perusahaan bekerja sama dengan ilustrator lokal profesional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Ilustrator Lokal yang Digandeng TokoTalk

Desain dan gaya halaman StoreLinks bisa disesuaikan dengan selera pengguna. Bisa pilih beragam template dengan desain unik dan siap pakai—juga bebas pilih gambar, warna, dan tema untuk untuk memperkuat brand image toko online.

Dalam peluncuran fitur StoreLinks ini, TokoTalk bekerja sama dengan ilustrator lokal yaitu Rachel Ajeng (@rachelajeng), Sarkodit/Aditya Pratama (@sarkodit), Alvin Resqy (@alvinxki), Erin Dwi Azmi (@erindwia), dan Michelle Sherrina (@shcherle).

Jadi, bukan hanya link biasa tapi memiliki tampilan yang unik dan menarik sesuai brand identity bisnis.

StoreLinks memberi banyak kemudahan di dunia digital bagi para pengguna, terutama dalam berbagi link. Siapa pun bisa menggunakan fitur StoreLinks ini, mulai dari brand, influencer, content creator, pebisnis, dan penjual online.

TokoTalk adalah platform solusi e-commerce tercanggih di Indonesia. Dilengkapi dengan berbagai fitur advanced untuk menyukseskan merchant dari berbagai skala bisnis dalam menjalani kegiatan jualan online end-to-end.

TokoTalk–didukung oleh perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Codebrick, yang memiliki misi untuk menyediakan koneksi yang seamless ke semua kebutuhan merchant dalam berjualan online.

Antara lain termasuk integrasi dengan logistik, opsi pembayaran digital, 100++ template website premium, sistem manajemen order yang komprehensif, dan perangkat digital marketing yang profesional.

 

3 dari 4 halaman

Pentingnya Personal Branding Saat Punya Bisnis Online

Di sisi lain, personal branding memiliki peran penting saat menjalankan bisnis daring. Koneksi yang terhubung saat ini tidak lagi harus dilakukan secara tatap muka, tetapi bisa dilakukan secara daring. Ditambah, peralihan usaha secara daring sudah banyak dilakukan.

Salah satu pemicu adanya perubahan tersebut adalah munculnya media sosial LinkedIn yang dirilis pada 2003.

Sebuah platform digital yang dapat menciptakan tempat dan aktivitas kamu untuk berbagi seputar pengalaman pekerjaan secara profesional yang berbasis digital,

Sejak saat itu, melansir dari Forbes, Sabtu (2/10/2021), evolusi komunikasi mulai banyak bermunculan, seperti melakukan forum dan rapat secara daring atau jarak jauh⎼sama seperti yang kita semua rasakan hari-hari ini.

Berpapasan dengan munculnya pandemi, peralihan digital sebenarnya tidak terlalu berbeda. Hanya saja, sebelum adanya pandemi, penggunaan aplikasi dan menghadiri acara online tidak semasif sekarang.

Semua menjadi baru, terutama bagi karyawan yang melamar dan baru bekerja resmi di sebuah perusahaan yang belum pernah ia kunjungi secara langsung.

Menguasai personal branding digital adalah kunci bila kamu ingin meningkatkan kesuksesan dan kebahagiaan di tempat kerja.

Terdapat tiga prinsip dari personal branding antara lain sebagai berikut.

  1. Didasarkan pada sesuatu yang asli, benar, dan nyata.
  2. Berkaitan dengan diferensiasi, yaitu melakukan hal yang menonjol dan berbeda dibandingkan dengan orang lain.
  3. Memberikan nilai yang membuat kamu menjadi seseorang yang lebih menarik sehingga memengaruhi persepsi orang lain dalam melihat kamu.

 

4 dari 4 halaman

Infografis: 5 pesohor dunia yang terjun ke bisnis NFT (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.