Top 3 Tekno: Alasan Akun Medsos Kementerian Mudah Diretas Jadi Sorotan

Oleh Iskandar pada 10 Apr 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 10 Apr 2022, 11:30 WIB
Hacker
Perbesar
Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta - Alasan mengapa kasus ini selalu berulang, menurut pakar sekaligus praktisi keamanan siber, Alfons Tanujaya, karena akun media sosial itu tidak dimaintain dengan baik.

Berita ini menuai perhatian dan menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (9/4/2022) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari spesifikasi dan harga Samsung Galaxy M21. Meski bukan produk terbaru, smartphone banyak dicari pengguna.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Mengapa Akun Media Sosial Kementerian dan Lembaga Rentan Diretas? Ini Penjelasan Pakar

Sejumlah akun media sosial, terutama Twitter dan Instagram, milik kementerian dan lembaga di Indonesia belakangan ini kerap diretas, lalu digunakan untuk hal yang tak semestinya.

Terkini, akun milik Twitter milik Dewan Pers @dewanpers dibajak untuk digunakan sebagai lapak jualan NFT oleh hacker tak dikenal.

Sebelumnya, akun media sosial Twitter resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan nama @kkpgoid juga mengalami nasib yang sama.

Lantas, mengapa akun media sosial kementerian dan lembaga rentas diretas dan dibajak?

Baca selengkapnya di sini

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


2. Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M21 Per April 2022

Samsung
Perbesar
Tampilan Samsung Galaxy M21 yang baru meluncur. (Sumber: Samsung)

Beberapa waktu lalu, Samsung memperkenalkan Galaxy M21. Di Indonesia, Galaxy M21 sudah tidak tersedia untuk dibeli di laman Samsung, namun di sejumlah toko online di e-commerce, Galaxy M21 dibanderol seharga Rp Rp 1,7-3 jutaan, per April 2022.

Secara spesifikasi, Galaxy M21 memiliki layar Super AMOLED Infinity-U dengan ukuran 6,4 inci. Perangkat ini hadir dengan bodi ramping agar nyaman dalam genggaman tangan penggunanya.

Galaxy M21 didukung tiga kamera utama. Masing-masing adalah lensa utama 48MP dengan f2.0, kamera depth 5MP (f2.2), dan kamera ultra-wide 8MP (f2.2).

Baca selengkapnya di sini

3. Akun Twitter Dewan Pers Dibajak Jadi Lapak Jualan NFT

Akun Twitter Dewan Pers dengan nama @dewanpers dibajak oleh hacker tak dikenal untuk digunakan sebagai lapak jualan aset non-fungible token (NFT)

Akun Twitter Dewan Pers diretak, diubah jadi lapak jualan NFT. Dok: screenshot dari Twitter

Pantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (9/4/2021), saat ini akun bercentang biru milik Dewan Pers itu tidak memiliki foto profil. Sejumlah kicauan sebelumnya juga sudah menghilang.

Kabar pembajakan akun Twitter ini pun diinformasikan oleh Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet), Damar Juniarto, melalui Twitter.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

Beragam Model Kejahatan Siber
Perbesar
Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya