Sukses

4 Fitur Google untuk Optimalkan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Google berupaya menjadi teman baik orang Indonesia dalam menjalankan Ibadah Ramadhan selama sebulan penuh. Berikut berbagai hal yang bisa dilakukan dengan bantuan Google selama menjalani ibadah Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan menjadi momen terpenting bagi orang Indonesia untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus menjadi pribadi yang lebih baik.

Meski tahun ini Ramadan masih harus dijalankan dengan penuh keterbatasan, aktivitas khas Ramadan seperti puasa, ngabuburit, hingga Idulfitri menjadi rangkaian yang dinantikan.

Google melalui berbagai produk berupaya untuk membantu masyarakat Indonesia yang mau fokus beribadah di bulan Ramadan, tetap terhubung, dan memiliki waktu bermakna bersama keluarga, di mana pun mereka berada.

Berikut empat fitur Google yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalani ibadah Ramadan-nya:

1. Teman Puasa

Perubahan rutinitas jadi tantangan tersendiri. Tahun ini puasa masih harus dijalani di tengah kewajaran baru.

Kini dengan mencari kata "Ramadan" atau "Ramadan 2021" di Google Search, pengguna bisa menemukan informasi dari mulai tanggal puasa, ucapan, hingga jadwal sholat dan beragam informasi lainnya untuk membantu pengguna merencanakan kegiatan di bulan Ramadan hingga Hari Raya di satu tempat.

Dengan Jam Kerja di Google Maps, pemilik bisnis juga dapat mempengaruhi informasi bisnis mereka di Google secara akurat dan terkini, terutama dengan waktu Imsak dan Buka Puasa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teman Ngabuburit

Setelah seharian menjalani ibadah puasa, momen berbuka puasa merupakan hal yang dinantikan dan ingin dihabiskan bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Keriaan berbuka bersama dapat terus di rasakan dengan tetap di rumah saja. Salah satunya dengan menjadikan memasak menjadi kegiatan mengisi waktu ngabuburit dan resep dari seluruh dunia tersedia di Google Search.

Pengguna juga bisa selalu mencari "restoran delivery dekat saya" di Google Search dan Maps.

Ketika waktu berbuka puasa, Qibla Finder akan membantu untuk menemukan arah tetap menuju Ka'bah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Teman Silaturahmi

Untuk menemani aktivitas selama Ramadan, sembari menunggu berbuka, Google Arts & Culture merilis Art Coloring Book - Ramadan and Eid Edition.

Fitur ini memungkinkan semua orang untuk belajar dan mewarnai karya seni favorit mereka langsung di situs atau aplikasi.

Google Play juga menyediakan berbagai rekomendasi aplikasi, gim menghibur, dan promo spesial di tab Editor's Choice untuk menemani masyarakat Indonesia di bulan suci ini.

Pastikan untuk memeriksa Google Play Points untuk menerima hingga 5x poin selama acara tertentu yang dapat Anda tukarkan ke aplikasi apapun pilihan Anda.

 

4 dari 4 halaman

4. Teman Hari Raya

Menjelang momen Lebaran, umat muslim biasanya mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik dari apa yang dikenakan hingga apa yang harus dibawa di hari Lebaran.

Untuk tahun ini, tonton live streaming dari kreator favorit seperti RaffiNagita, KinosGina, Melaney Ricardo, dan lain-lainnya pada 26 April 2022 di kanal masing-masing.

Pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi dan belanja langsung di YouTube Shopping dan Shopee.

Jika terlewat, cukup arahkan lensa atau scan dengan Google Lens melalui fitur "Shopping" dan dapatkan inspirasi lainnya.

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen di mana seluruh keluarga dan kerabat berkumpul dan bersilaturahmi. Dengan berbagai fitur di Google Duo, mulai dari filter Ramadan, Group Call, Video Message, Data Saving Mode, dan Duo on Web, pengguna bisa mempererat tali silaturahmi.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.