3 Startup Lokal Terbaik IDT 2022 Bercerita Latar Belakang Solusi Mereka

Oleh M Hidayat pada 10 Apr 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 10 Apr 2022, 10:00 WIB
Indonesia Digital Tribe 2022 - Final Day
Perbesar
Indonesia Digital Tribe 2022 - Final Day

Liputan6.com, Jakarta - Final Day dari ajang Indonesia Digital Tribe (IDT) 2022 telah selesai terselenggara beberapa waktu lalu di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Ajang itu telah menarik lebih dari lebih dari 18 ribu peserta terdaftar dan 1.500 ide-ide startup lokal inovatif, yang kemudian berujung pada 3 tim startup terbaik.

Ketiga tim startup terbaik itu adalah JadiBoss, Hello-HOPE, dan CIRO WASTE.

JadiBoss

Startup lokal JadiBoss beranggotakan empat orang, yaitu Andrian sebagai Hustler, Joy dan Victor sebagai Hacker, dan Yemima sebagai Hipster.

JadiBoss adalah platform jual beli waralaba yang menawarkan berbagai opsi jenis dan harga. JadiBoss juga menambahkan fitur edukasi untuk memberi wawasan pada customer seputar dunia bisnis waralaba.

Andrian pun menceritakan latar belakang pendirian JadiBoss berawal dari masalah di mana banyak pemilik modal yang merasa belum ada platform transaksi jual-beli waralaba secara daring yang aman, mudah, variatif, dan informatif.

"JadiBoss membawa terobosan dalam transaksi bisnis waralaba secara digital, sehingga memudahkan dan memberikan dorongan bagi para pemilik modal untuk menemukan dan memulai bisnis waralaba yang sesuai dengan keinginan dan harapan mereka," ujar Andrian.

Dia juga meyakini, startup JadiBoss akan dapat mendukung pertumbuhan UMKM lokal dalam skala regional maupun nasional.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Hello-HOPE

Sementara itu, Hello-HOPE berupaya menjawab masalah yang ada di generasi Z pada rentang usia 21–25 tahun yang sedang mengalami quarter life crisis.

Sebut saja sulit mengetahui self-care yang tepat dalam menjaga dan menangani kesehatan mental serta, serta mendapatkan tempat berbagi guna meluapkan perasaannya secara aman, nyaman, tanpa takut merasa dihakimi.

Startup lokal tersebut diinisiasi oleh persahabatan empat orang anak muda, yakni Rifki sebagai Hustler, Chalik dan Ezra sebagai Hacker, dan Rizky sebagai Hipster.

"Hello-HOPE adalah personal Mental Health assistant berbasis mobile app yang membantu pengguna untuk mendapatkan rekomendasi self-care dan dukungan komunitas yang disesuaikan dengan problematika dan karakter masing-masing," kata Rifki.


Hadiah

3 tim startup terbaik Indonesia Digital Tribe 2022 itu adalah JadiBoss, Hello HOPE, dan CIRO WASTE. Selain inkubasi, mereka berhak atas hadiah masing-masing senilai Rp 100.000.000.

Di samping itu, Eidos didapuk sebagai juara favorit pilihan penonton melalui vote di laman indonesiadigitaltribe.id dan berhak atas hadiah sebesar Rp 20.000.000

Tak cuma itu, 20 tim startup terbaik yang mengikuti babak final akan mendapatkan kesempatan untuk magang di BUMN. Sementara itu, 3 tim startup terbaik akan berkesempatan mengikuti program inkubasi bisnis di BUMN.

Banner Infografis 4 Unicorn di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis 4 Unicorn di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya