Sukses

Lego dan Epic Games Sepakat Kerja Bareng Bikin Metaverse untuk Anak

Lego Group dan Epic Games akan bekerja sama membangun pengalaman digital metaverse yang imersif, menginspirasi secara kreatif, dan menarik untuk dinikmati oleh anak-anak dari segala usia

Liputan6.com, Jakarta - Lego Group dan Epic Games mengumumkan kerja sama mereka untuk menciptakan metaverse untuk anak dan keluarga, yang dinilai aman.

Melalui kemitraan ini, keduanya akan bekerja sama membangun pengalaman digital yang imersif, menginspirasi secara kreatif, dan menarik untuk dinikmati oleh anak-anak dari segala usia.

"Anak-anak menikmati bermain di dunia digital dan fisik dan bergerak dengan mulus di antara keduanya," kata Niels B Christiansen, CEO The Lego Group dalam keterangan resmi di laman Epic Games, dikutip Jumat (8/4/2022).

Menurut Christiansen, Lego dan Epic Games percaya ada potensi besar bagi anak untuk mengembangkan keterampilan bagi seumur hidupnya, seperti kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi melalui pengalaman digital.

Namun, kata Christiansen, mereka memiliki tanggung jawab untuk membuatnya aman, menginspirasi, dan bermanfaat bagi semua.

"Sama seperti kami telah melindungi hak anak-anak atas permainan fisik yang aman selama beberapa generasi, kami berkomitmen untuk melakukan hal yang sama untuk permainan digital," kata Christiansen. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangun Ruang di Metaverse untuk Anak

Baik Epic dan Lego juga sepakat, pengalaman digital yang ramah keluarga akan memberikan anak-anak akses ke alat yang memberdayakan mereka untuk menjadi kreator yang penuh percaya diri.

Selain itu, akses ini juga bisa memberikan mereka peluang bermain dengan pengalaman yang luar biasa di ruang yang aman dan positif.

"Grup Lego telah memikat imajinasi anak-anak dan orang dewasa melalui permainan kreatif selama hampir satu abad," ujar Tim Sweeney, CEO dan pendiri dari Epic Games.

"Kami bersemangat untuk berkumpul bersama demi membangun ruang di metaverse yang menyenangkan, menghibur, dan dibuat untuk anak-anak dan keluarga," imbuhnya.

Kedua perusahaan mengatakan, metaverse telah berevolusi dan membentuk ulang cara orang bertemu, bermain, bekerja, belajar, dan berinteraksi di dunia virtual.

Lego dan Epic pun menyatakan bakal menggabungkan pengalaman mereka untuk memastikan bahwa iterasi internet di kemudian hari, dirancang dari awal dengan mempertimbangkan kesejahteraan anak-anak.

3 dari 4 halaman

Tiga Prinsip

Dalam keterangannya, Epic mengungkapkan bahwa mereka telah mengakuisisi SuperAwesome pada tahun 2020, sebagai wujud komitmen memungkinkan pengembang menciptakan pengalaman online yang sesuai dengan usia.

SuperAwesome merupakan perusahaan yang telah mempelopori teknologi, yang dirancang untuk memberikan keterlibatan digital yang aman pada anak di bawah usia 16 tahun.

Sementara itu, Lego Group juga dianggap telah menginspirasi generasi anak-anak selama 90 tahun, melalui permainan Lego Brick, yang hingga saat ini masih menjadi inti bisnisnya.

Dalam kerja sama ini, Lego dan Epic telah bersepakat soal tiga prinsip, yang akan memastikan ruang digital yang mereka kembangkan, memberikan peluang bermain yang menarik dengan aman.

Prinsip pertama adalah melindungi hak anak untuk bermain, dengan mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan. Lalu yang kedua, adalah menjaga privasi anak denga mengutamakan kepentingan terbaik mereka.

Prinsip ketiga atau terakhir, adalah memberdayakan anak-anak dan orang dewasa, dengan alat yang memberikan mereka kendali atas pengalaman digital mereka.

4 dari 4 halaman

Epic Games Luncurkan Unreal Engine 5

Pengumuman ini sendiri disampaikan berdekatan dengan peluncuran Unreal Engine 5 oleh Epic Games. Peluncuran ini disampaikan dalam acara State of Unreal yang digelar pada Selasa pekan ini waktu setempat.

Mengutip The Verge, mesin yang diperbarui ini menampilkan sejumlah peningkatan untuk para pengembang, termasuk peningkatan kinerja dan user interface yang ditingkatkan.

Namun perubahan yang paling signifikan pada platform Unreal Engine 5 adalah beberapa teknologi yang dirancang untuk visual yang lebih fotorealistik.

"UE5 menyertakan fitur inovatif Nanite dan Lumen untuk menghadirkan pengalaman interaktif yang sangat realistis ke kehidupan, ditambah sistem baru untuk menciptakan dunia terbuka yang masif," tulis Epic.

Selain itu, menurut Epic Games di laman resminya, dikutip Rabu (6/4/2022), UE5 juga memiliki alur kerja baru yang ramah bagi pengembang untuk mempercepat proses kreatif.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.