Hands-on Poco M4 Pro: Desain Ikonik dengan Kemampuan Gaming Apik

Oleh Agustinus Mario Damar pada 08 Apr 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 08 Apr 2022, 14:00 WIB
Poco M4 Pro
Perbesar
Tampilan Poco M4 Pro. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Poco Indonesia resmi mengumumkan kehadiran Poco M4 Pro di Tanah Air. Sebelumnya, smartphone ini lebih dulu diperkenalkan di ajang MWC 2022.

Saat diperkenalkan di Indonesia, menurut Head of Marketing Poco Indonesia, Andi Renreng, Poco M4 Pro tampil sebagai seri M paling tipis dengan ketebalan hanya 8,09 mm.

Selain itu, smartphone ini dibekali dengan chipset MediaTek Helio G96. Di Indonesia, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 untuk varian RAM 6GB/ROM 128GB.

Tampilan Poco M4 Pro yang meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Lalu varian lebih tinggi, yakni RAM 8GB/ROM 256GB dijual dengan harga Rp 3.339.000. Tak lama usai meluncur, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan melakukan hands-on Poco M4 Pro.

Dari segi tampilan, kami merasa HP Poco baru ini mengusung desain khas dari pendahulunya. Terutama, dari segi frame kamera belakang.

Tampilan Poco M4 Pro yang meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Sekilas, desain frame kamera belakang Poco M4 Pro mirip dengan Poco M3 yang meluncur tahun lalu. Hal itu terlihat dari frame kamera belakang yang besar dan ada ikon Poco.

Tampilan Poco M4 Pro yang meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kebetulan, kami mendapatkan varian warna kuning. Pada varian ini, bodi belakangnya hadir dengan tekstur yang membuatnya tidak licin dan tak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Hadir dengan layar Super AMOLED FHD+ berukuran 6,43 inci, Poco M4 Pro terbilang masih nyaman digenggam dalam satu tangan. Namun dalam pengoperasiannya, penggunaan dua tangan tentu lebih baik.

Di bagian bawah, diletakkan speaker dan port USB Type-C. Sementara di bagian atas ada 3,5mm headphone jack dan speaker lain.

Tampilan Poco M4 Pro yang meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Smartphone ini belum mendukung pemindai sidik jari di layar, sehingga Poco menyertakannya di tombol power yang di samping bodi bersama dengan tombol volume. Slot kartu SIM ada di sisi kiri bodi. 

Tampilan Poco M4 Pro yang meluncur di Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Nah, bagaimana impresi pertama mengenai Poco M4 Pro kali ini? Untuk mengetahui ulasan lengkap mengenai smartphone ini tunggu di artikel selanjutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Spesifikasi Poco M4 Pro

Poco M4 Pro (Dok. Poco)
Perbesar
Poco M4 Pro (Dok. Poco)

Untuk soal fotografi, Poco M4 Pro tampil dengan kamera utama berkemampuan 64MP. "Ini akan menjadi seri M pertama yang menggunakan lensa 64MP," ucap Andi.

Selain itu, Poco M4 Pro juga tampil dengan lensa ultra wide 180 derajat, macro 4cm, dan kamera selfie 16MP.

Poco menyebutkan, Poco M4 Pro ini sudah akan menggunakan OS Android 11 dengan MIUI 13.

Kemampuan Baterai Poco M4 Pro

Mendukung performa ponsel dalam pemakaian sehari-hari, Poco juga sudah melengkapi smartphone dengan baterai berkapasitas 5000mAh berkemampuan fast charging 33W Pro.

Poco mengklaim, smartphone baru ini dapat bertahan dipakai menonton video selama 2 jam hanya dengan diisi daya selama 10 menit.

Poco M4 Pro tersedia dalam tiga varian warna, yakni Poco Yellow, Cool Blue, dan Power Black.


Layar Lebih Besar

Poco M4 Pro 5G memiliki layar lebih besar berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1080p Plus, refresh rate 90Hz, serta touch sampling rate 240Hz.

Smartphone ini dipersenjatai chipset Dimensity 810 dengan dua opsi konfigurasi memori, yakni RAM 4GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ROM 128GB. Poco membenamkan baterai 5.000mAh dan sudah mendukung fast charging 33W.

Dengan kemampuan tersebut, Poco mengklaim baterai Poco M4 Pro 5G dapat terisi penuh dari posisi baterai nol persen dalam waktu 59 menit. Sementara dengan pengisian 10 menit, smartphone ini dapat digunakan untuk menonton video hingga 2 jam 30 menit.

Beralih ke departemen kamera, smartphone ini memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dan lensa ultrawide 8MP. Sementara kebutuhan selife diserahkan pada kamera depan 16MP.

Selain itu, Poco M4 Pro 5G juga hadir dengan stereo speaker, headphone jack 3,5mm, dukungan NFC di sejumlah negara, serta pemindai sidik jari yang terletak di tombol power bagian samping bodi.

Ada tiga pilihan warna yang tersedia, yakni power black, poco yellow, dan cool blue. Poco M4 Pro 5G dibanderol dengan harga mulai dari 230 euro (sekitar Rp 3,7 juta), tapi belum diketahui apakah smartphone ini akan hadir untuk pasar Indonesia atau tidak.

(Dam/Isk)


Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya