Sukses

Hands-On Samsung Galaxy A33 5G: Desain Kece dan Pas di Tangan

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui impresi awal Tekno Liputan6.com mengenai Samsung Galaxy A33 5G yang resmi melenggang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung resmi meluncurkan Galaxy A33 5G di Indonesia. Smartphone ini sempat diumumkan bersama dengan Galaxy A53 5G.

Pre-order Galaxy A33 5G juga sudah dilakukan mulai 4 hingga 6 April lalu. Di Indonesia, smartphone ini hadir dengan dua varian, yakni RAM 6GB/ROM 128GB dan RAM 8GB/ROM 128GB.

Varian pertama dijual dengan harga Rp 4.999.000, sedangkan varian lebih tinggi dibanderol Rp 5.499.000. Tekno Liputan6.com berkesempatan melakukan hands-on smartphone ini.

Seperti yang sudah diketahui, Samsung tidak menyertakan kepala charger di smartphone ini. Karenanya, boks penjualan smartphone ini tampil ramping.

Tampilan Samsung Galaxy A33 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Saat dibuka, selain smartphone, kamu akan mendapatkan kabel Type C-to-C, SIM ejector, serta buku panduan maupun garansi. Tidak ada case yang disertakan dalam smartphone ini.

Kebetulan, kami mendapatkan Galaxy A33 5G varian warna hitam. Dari impresi awal, kami melihat smartphone ini berhasil tampil solid dan elegan.

Tampilan Samsung Galaxy A33 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Keseluruhan bodinya tampil menyatu, begitu juga dengan frame kamera belakang. Desain ini mengingatkan kami pada Galaxy S21 FE yang memiliki nuansa serupa.

Bodi belakangnya dibalut dengan lapisan matte, sehingga Galaxy A33 5G tidak terasa licin saat digenggam dan bekas sidik jari juga tidak mudah menempel.

Tampilan Samsung Galaxy A33 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Memiliki ukuran layar Super AMOLED 6,4 inci yang mendukung refresh rate 90Hz, kami merasa Galaxy A33 5G nyaman digenggam. Termasuk, dalam pemakaian satu tangan.

Tampilan Samsung Galaxy A33 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Sensor pemindai sidik jari smartphone ini diletakkan di layar. Sementara tombol power dan volume ada sisi kanan, lalu slot kartu SIM berada bagian atas.

Tampilan Samsung Galaxy A33 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Di bagian bawah bodi, Samsung menyematkan port USB Type-C dan lubang speaker. Sebagai tambahan, layar Galaxy A33 5G sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 dan mendukung IP67.

Tampilan Samsung Galaxy A33 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Untuk mengetahui pengalaman menggunakan Samsung Galaxy A33 5G, tunggu pembahasannya di artikel selanjutnya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A33 5G

Untuk diketahui, Galaxy A33 5G hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci yang mendukung refresh rate 90Hz. Layar smartphone ini sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 ditambah sertifikasi tahan air maupun debu IP67.

HP Samsung ini memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, lensa makro 5MP, serta depth sensor 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 13MP.

"Hasil video dan foto Galaxy A33 5G juga akan lebih awesome karena sudah dibekali fitur OIS (Optical Image Stabilization). Hasilnya, konten yang dihasilkan akan tetap stabil dan smooth," ujar MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ricky Burnardi. 

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang sudah mendukung fast charging 25W. Berbekal kemampuan tersebut, Samsung mengklaim baterai smartphone ini bisa terisi 50 persen dalam waktu 30 menit.

Samsung juga menyematkan fitur lain seperti fitur keamanan Samsung Knox, serta Private Share di smartphone ini. Galaxy A33 5G juga sudah mendukung koneksi dengan Galaxy Buds Series.

Galaxy A33 5G hadir dengan empat pilihan warna, yakni awesome black, awesome peach, awesome white, dan awesome blue. Smartphone ini menjalankan One UI 4.1 berbasis Android 12. 

3 dari 4 halaman

Lebih Ramah Lingkungan

Saat diperkenalkan, Samsung juga mengumumkan mereka tidak lagi menyertakan kepala charger dan mengurangi ukuran boks kemasan di Galaxy A Series terbaru, termasuk Galaxy A33 5G.

Perusahaan mengatakan, ini merupakan keberlanjutan dari inisiatif Galaxy for the Planet yang diperkenalkan pada Agustus 2021.

Hal ini demi menegaskan kepedulian Samsung terhadap lingkungan melalui aksi-aksi nyata untuk membantu membuat planet ini jadi lebih sehat pada tahun 2025.

Pengemasan A33 5G pun memanfaatkan kertas ramah lingkungan, sedangkan perangkatnya menggunakan bahan daur ulang dari post-consumer materials untuk tombol-tombol di bagian samping dan slot kartu SIM.

Galaxy A Series terbaru kini juga memiliki masa penggunaan semakin panjang. Galaxy A53 5G menjamin pembaruan One UI dan Android OS hingga empat generasi serta pembaruan keamanan hingga lima tahun.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.