Kemkominfo: Migrasi 3G ke 4G Telkomsel Bikin Internet Lebih Cepat

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 07 Apr 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 07 Apr 2022, 12:30 WIB
Telkomsel menghentikan layanan 3G dan mengalihkannya ke 4G per Maret 2022. (Ki-ka): Direktur Planning and Transformation Wong Soon Nam, Dirjen SDPPI Kemkominfo Ismail, dan Direktur Network Telkomsel Nugroho. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).
Perbesar
Telkomsel menghentikan layanan 3G dan mengalihkannya ke 4G per Maret 2022. (Ki-ka): Direktur Planning and Transformation Wong Soon Nam, Dirjen SDPPI Kemkominfo Ismail, dan Direktur Network Telkomsel Nugroho. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 49.000 BTS 3G Telkomsel di 504 kota/kabupaten secara bertahap dialihkan ke jaringan 4G LTE mulai Maret 2022.

Telkomsel menargetkan proses migrasi 3G ke 4G bakal selesai hingga akhir 2022. Langkah ini pun mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui Kemkominfo.

Upgrade 3G ke 4G ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan mengakses layanan internet 4G yang lebih cepat.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail menyambut baik rencana improvement 3G ke 4G.

"Semoga langkah-langkah yang diambil Telkomsel selalu terukur dan terarah, serta terlihat dampaknya terhadap aktivitas sehari-hari masyarakat," kata Ismail yang mengecek proses upgrade 932 BTS 3G ke 4G di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Rabu (6/4/2022) malam.

Ismail mengatakan, dengan upgrade 3G ke 4G, masyarakat bisa menikmati layanan Telkomsel yang lebih baik, terutama untuk akses layanan digital dan panggilan berkualitas HD melalui VoLTE.

Menurutnya, saat ini koneksi internet mobile sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, dengan 90 persen akses ke internet orang Indonesia dilakukan melalui seluler.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tetap Utamakan Kenyamanan Pelanggan

Telkomsel lakukan upgrade layanan 3G ke 4G
Perbesar
Telkomsel lakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 504 kota/ kabupaten mulai Maret 2022. (Foto: Telkomsel)

Dengan pengalihkan 3G ini, operator sekaligus mengembangkan jaringan 4G atau 5G di Indonesia. Ismail mengatakan, sejak awal Kemkominfo menganut kebijakan teknologi netral untuk jaringan.

Kebijakan teknologi netral, menurut Ismail, memungkinkan operator untuk memilih teknologi jaringan yang dibutuhkan guna meningkatkan layanan ke pelanggan. Termasuk dalam meningkatkan jaringan 3G ke 4G atau teknologi yang lebih tinggi.

Sementara, Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, proses upgrade jaringan 3G ke 4G dilakukan bertahap dan terukur, sesuai arahan Kemkominfo.

"Kami tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan dalam mengakses jaringan broadband dari Telkomsel sesuai target akhir 2022," kata pria yang karib disapa Nugie ini. 

Dia menambahkan, upaya ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan mempercepat transformasi ekonomi nasional melalui pemanfaatan teknologi berbasis digital.

“Kami yakin upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE ini akan mampu menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang merata hingga pelosok negeri, serta mengakselerasi transformasi digital di lintas sektor industri di berbagai wilayah Indonesia,” imbuh Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam.

 

 


Jumlah Pelanggan 3G Only Telkomsel

Upgrade USIM non 4G ke USIM 4G LTE
Perbesar
Telkomsel mengajak pelanggan melakukan upgrade kartu SIM non 4G ke USIM 4G LTE (Foto: Telkomsel).

Sekadar informasi, saat ini dari Telkomsel punya lebih dari 173,5 juta pelanggan. Pelanggan layanan 3G only disebut sekitar 2-3 persen dari jumlah tersebut atau sekitar 3-5 jutaan pelanggan.

Jumlah pelanggan 3G only terus mengalami penurunan seiring dengan makin meratanya jaringan 4G.

Vice President RAN Engineering and Project Telkomsel, Akhmad, menyebut upgrade jaringan 3G ke 4G dilakukan bertahap. Di mana layanan yang dialihkan dipilih berdasarkan kecamatan yang pengguna 3G-nya sedikit hingga tingkat kabupaten.

Saat ini Telkomsel memasuki tahap pertama proses upgrade jaringan 3G ke 4G. Tahap pertama, Telkomsel meng-upgrade 766 kecamatan di 90 kota/kabupaten sepanjang Maret-Mei 2022.

Wilayah yang dicakup meliputi Telkomsel area Jawa Bali dan Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan. Wilayah ini disebut-sebut paling mendominasi untuk percepatan upgrade 3G ke 4G pada tahap pertama ini.

Sementara tahap kedua berlangsung Juni-Juli 2022 di 132 kota/kabupaten. Upgrade 3G ke 4G tahap tiga berlangsung Agustus-Oktober di 178 kota/kabupaten.


Saat Upgrade 3G, Pelanggan Masih Bisa Nikmati Layanan Panggilan 2G

Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru
Perbesar
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel Baru. Kredit: Telkomsel

Terakhir, tahap keempat upgrade 3G ke 4G dilakukan pada November-Desember di 104 kota/kabupaten.

Disebutkan pula, selama proses migrasi 3G ke 4G, pelanggan masih bisa melakukan panggilan suara dengan nyaman melalui 2G yang masih tersedia.

Telkomsel juga memiliki layanan panggilan suara berkualitas HD (VoLTE) sembari menikmati akses internet, baik itu browsing, main gim, atau streaming.

Saat ini VoLTE Telkomsel sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Untuk menikmatinya pastikan sudah memakai perangkat yang bisa terhubung 4G dan USIM 4G. 

Mengingat masih adanya pelanggan Telkomsel yang menggunakan 3G karena belum berganti USIM card, Telkomsel mengajak pelanggan untuk berganti kartu SIM menjadi USIM 4G untuk bisa menikmati 4G.

Selain itu, bagi pelanggan yang perangkatnya belum mendukung 4G, Telkomsel mengadakan berbagai promo bundling pembelian perangkat 4G, dengan berbagai rentang harga.

(Tin/Isk)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya