Sukses

Fitur Baru Google Maps: Tampilkan Tarif Tol, Indonesia Dapat Duluan

Google Maps bakal meluncurkan tarif tol di empat negara terlebih dahulu, salah satunya adalah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur baru lewat update atau pembaruan Google Maps tampaknya bisa membantu pengguna kendaraan, untuk menentukan apakah mereka harus melewati jalan tol dan membayar sejumlah uang atau memilih rute lain dengan lebih cepat.

Apalagi beberapa waktu lalu, sejumlah ruas tol di Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan tarif.

"Untuk membantu mempermudah pilihan antara jalan tol dan jalan biasa, kami meluncurkan tarif tol di Google Maps untuk pertama kalinya," tulis Google melalui blog resminya, dikutip Rabu (6/4/2022).

Menurut perusahaan, pengguna akan melihat perkiraan harga tol ke tujuan, sebelum memulai navigasi, berkat informasi yang terpercaya dari otoritas tol setempat.

Google juga melihat faktor lain seperti biaya penggunaan tiket atau metode pembayaran, hari, serta perkiraan biaya tol di waktu tertentu saat pengguna akan melewatinya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diluncurkan di AS, Jepang, India, dan Indonesia

Google pun juga mengatakan bahwa dengan penambahan fitur ini, pengguna Maps tetap bisa memilih jalur non-tol yang akan tetap ditampilkan sebagai sebuah opsi.

Pengguna masih bisa menghindari rute tol dengan mengetuk tiga titik di bagian kanan atas, memilih opsi rute, dan mengisi centang Hindari Jalan Tol.

"Anda akan mulai melihat harga tol di Android dan iOS bulan ini untuk hampir 2.000 jalan tol di AS, India, Jepang, dan Indonesia — dengan lebih banyak negara segera hadir," tulis Google.

Berdasarkan panduan yang dirilis Google, nantinya akan muncul "1" di samping waktu dan jarak tempuh, setelah pengguna Maps menentukan asal dan tujuan perjalanan.

Saat diklik, pengguna dapat melihat berapa harga yang harus dibayarkan apabila mereka akan menempuh jalur tol tersebut.

3 dari 4 halaman

Peta Navigasi Baru

Meski menurut Google fitur ini akan tersedia terlebih dulu di beberapa negara termasuk Indonesia, hingga artikel ini ditulis, pantauan Tekno Liputan6.com belum menemukan adanya tarif tol yang muncul di Maps.

Melalui pengumuman itu, Google juga mengumumkan peta yang lebih rinci sehingga pengguna dapat menavigasi jalan yang baru dengan lebih mudah.

"Anda akan segera melihat lampu lalu lintas dan rambu berhenti di sepanjang rute Anda, bersama dengan detail yang disempurnakan seperti garis bangunan dan area yang diminati," tulis Google.

Peta navigasi baru ini baru akan diluncurkan ke negara-negara tertentu dalam beberapa minggu mendatang, untuk pengguna Android, iOS, Android Auto, dan CarPlay.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.