Sukses

Cara Cek dan Akses Link Pengumuman SNMPN 2022, Seperti Apa?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengecek pengumuman SNMPN 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman SNMPN (Seleksi Nasional Politeknik Negeri) 2022 baru saja dirilis. Pengumuman ini dapat diakses melalui situs resmi SNMPN.

Sebagai informasi, SNMPN merupakan seleksi jalur undangan diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di PTN bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesa.

Untuk tahun ini, seleksi SNMPN diperuntukkan untuk jenjang pendidikan D3 (Diploma 3) saja. Sementara Jenjang Pendidikan Sarjana Terapan, proses seleksi mengikuti jalur SNMPTN yang diselanggarakan LTMPT.

Seleksi ini diselenggarakan oleh 44 Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Jalur SNMPN diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah dengan pelaksanaan yang dilakukan secara serentak lewat seleksi portofolio prestasi akademik dan non akademik selama pendidikan di SLTA.

Nantinya, siswa yang dinyatakan lolos seleksi dapat melakukan pendaftaran ulang calon mahasiswa baru sesuai dengan jadwal masing-masing politeknik. Untuk mengetahui cara melihat pengumuman SNMPN 2022, simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Akses laman utama SNMPN di link snmpn.politeknik.or.di
  • Masukkan 14 digit nomor pendaftaran atau 10 digit NISN yang telah terdaftar
  • Hasil pengumuman akan muncu

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SNMPTN 2022: ITB Terima 2.085 Calon Mahasiswa Baru, Unpad 1.627

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 di Institut Teknologi Bandung (ITB) telah diumumkan pada Selasa (29/3/2022) siang. Hasilnya, sebanyak 2.085 calon mahasiswa baru program sarjana diterima masuk kampus ternama di Jawa Barat tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring mengatakan, sebaran calon mahasiswa yang diterima tersebut sudah termasuk penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

"Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNMPTN 2022 berasal dari 31 provinsi di Indonesia. Di antara 2.085 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB tersebut, terdapat 229 orang calon mahasiswa yang merupakan calon penerima KIP-K," tutur Jaka dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (29/3/2022).

Lebih jauh Jaka menerangkan, dari 2.085 orang calon mahasiswa yang diterima melalui melalui SNMPTN 2022, perbandingan jumlah mahasiswa dan mahasiswi yang diterima ITB adalah sebesar 51:49.

Adapun berdasarkan distribusi penerimaan pilihan fakultas, terbanyak untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) – Ilmu Pengetahuan Alam dengan jumlah calon mahasiswa sebanyak 195 orang.

Sementara, terkait penerimaan mahasiswa di ITB kampus Cirebon, Jaka menjelaskan bahwa ITB Kampus Cirebon menerima 52 mahasiswa asal Cirebon dan sekitarnya dari 203 total mahasiswa baru ITB kampus Cirebon yang diterima melalui SNMPTN 2022, atau sekitar 25,6%.

"Hal ini sejalan dengan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul, akses dan pemerataan pendidikan tinggi, serta mendorong pengembangan kawasan dan percepatan pembangunan, terutama di daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan sekitarnya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Daftar Ulang ITB

Jaka menambahkan, kegiatan pendaftaran ulang mahasiswa baru ITB bagi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2022 di ITB akan dilaksanakan pada 4–13 April 2022 secara daring. Informasi mengenai pelaksanaan dan persyaratan Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru ITB tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/ home/hasil-seleksi.

ITB menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2022/2023 melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN dan Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan oleh LTMPT secara nasional, serta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang diselenggarakan sendiri oleh ITB.

Informasi mengenai ketiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini