Indonesia Batal Kirim Atlet di 4 Nomor Cabor Esports ke SEA Games 2021

Oleh Yuslianson pada 05 Apr 2022, 15:01 WIB
Diperbarui 05 Apr 2022, 15:01 WIB
Ilustrasi eSports
Perbesar
Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengecewakan datang dari ranah esports Indonesia yang akan berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam.

Baru-baru ini, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengeluarkan pernyataan terkait atlet di 4 nomor cabang olahraga esports batal berangkat ke SEA Games 2021.

Pemerintah Indonesia melalui tim review Peningkatan Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora melakukan perampingan jumlah kontingen yang berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam.

Disebutkan, seluruh kontingen dari berbagai cabor olahraga termasuk esports kena perampingan hingga 43,4 persen. Dari total 841 atlet dari 52 cabor, hanya 476 atlet dari 31 cabor berangkat ke Vietnam.

"Keputusan perampingan ini diambil setelah melakukan pengkajian dengan berbagai alasan, seperti tidak ada rekam jejak prestasi, tidak berpeluang medali dan memiliki permasalahan organisasi," kata Ketua tim review PPON, Prof. Dr. Moch. Asmawi, dalam keterangan PBESI, Selasa (5/4/2022).

Untuk cabor esports sendiri, PBESI sendiri telah memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan empat nomor pertandingan di SEA Games 2021 Vietnam, yaitu:

1. Arena of Valor

2. League of Legends PC

3. League of Legends Wild Rift (Men)

4. League of Legends Wild Rift (Woman)

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fokus Menghadapi Asian Games 2022

Ilustrasi kompetisi gim eSports. (Doc: Fortune)

Lebih lanjut, Kemenpora memutuskan perampingan untuk melakukan efesiensi anggaran agar dapat fokus untuk menghadapi Asian Games 2022.

Sebelumnya, PBESI telah melakukan seleksi nasional dan Pemusatan Pelatihan Nasional Esports tahap 1 dimana telah menghasilkan 66 orang atlet dari 10 nomor pertandingan.

Setelah keputusan ini dikeluarkan, maka hanya akan ada sekitar 38 atlet dan 12 official dari 6 nomor pertandingan yang berangkat ke Vietnam.


Nomor Game Tersisa

Mobile Legends: Bang Bang.

Dengan ini, tim atlet esports ini Indonesia hanya akan bertanding di nomor game yang tersisa di SEA Games 2021 Vietnam, antara lain Mobile Legends, PUBG Mobile Solo & Team, FIFA Online 4, Cross Fire dan Free Fire.

Namun demikian, PBESI dan segenap insan esports di Indonesia tidak menyurutkan semangat juang para atlet untuk tetap memberikan yang terbaik di SEA Games 2021 Vietnam nanti.

Diharapkan, dengan memperlihatkan performa terbaik di ajang tersebut dapat meningkatkan ekosistem esports di Indonesia yang semakin progresifitasnya dan diakui oleh dunia internasional.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya