Sukses

Epic Games Kumpulkan Rp 2 Triliun untuk Donasi Korban Perang Ukraina dari Fortnite

Epic Games dan Microsoft berhasil menggalang dana hingga lebih dari Rp 2 Triliun untuk korban perang Ukraina dari game Fortnite

Liputan6.com, Jakarta - Epic Games dan Microsoft telah merampungkan donasi mereka untuk membantu korban perang di Ukraina, yang dikumpulkan melalui berbagai pembelian di game Fortnite.

Melalui akun Twitter resmi Fortnite, perusahaan mengumumkan kampanye tersebut telah berhasil mengumpulkan dana hingga USD 144 juta atau sekitar Rp 2 triliun lebih.

"Terima kasih yang mendalam kepada semua yang bergabung dengan kami untuk mendukung upaya kemanusiaan bagi orang-orang yang terdampak perang di Ukraina," tulis @FortniteGame, dikutip Rabu (6/4/2022).

Donasi untuk korban di Ukraina ini akan disalurkan kepada beberapa lembaga seperti Direct Relief, UNICEF, UN World Food Program, United Nations High Commissioner for Refugees, dan World Central Kitchen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Galang Donasi Selama Dua Pekan

Sebelumnya, Epic Games membuka penggalangan dana kemanusiaan bagi korban perang Ukraina melalui game Fortnite selama dua pekan, dari 20 Maret hingga 3 April 2022.

Donasi ini akan mencakup semua hasil pembelian dengan uang sungguhan dalam permainan online populer tersebut.

Epic Games mengumumkan, per 21 Maret 2022, atau dua hari setelah penggalangan dana dibuka, mereka sudah mengumpulkan USD 36 juta (Rp 516,6 miliar).

Dana ini akan disalurkan ke beberapa organisasi seperti Direct Relief, United Nations High Commicssioner for Refugees, United Nation Children's Fund, dan World Food Programme.

"Mereka berada di lapangan memberikan bantuan darurat, termasuk dukungan kesehatan, makanan dan air bersih, persediaan penting, bantuan hukum, dan tempat tinggal," tulis Epic Games di laman resminya.

3 dari 4 halaman

Menggaet Xbox

Epic juga mengatakan, Xbox bakal mendonasikan pendapatan bersihnya dari permainan tersebut, selama periode yang sama.

Dalam pengumuman hari Minggu, Epic Games mengatakan dana yang mereka kumpulkan akan segera dikirimkan ke organisasi-organisasi tujuan secepat yang mereka bisa.

Perusahaan mengatakan, mereka tidak menunggu dana yang sebenarnya masuk dari platform dan mitra pembayaran, yang dapat memakan waktu cukup lama tergantung pada bagaimana transaksi diproses.

"Saat transaksi dilaporkan, kami akan mencatatnya dan mengirim dana ke organisasi bantuan kemanusiaan dalam beberapa hari," kata Epic Games.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.