Sukses

Microsoft Rayakan Ulang Tahun ke-47, Begini Sejarahnya

Microsoft merayakan ulang tahunnya yang ke-47 tahun pada 4 April 2022, berikut adalah sejarah dan perjalanan Microsoft, dari sebuah pengembangan bahasa pemrograman menjadi salah satu perusahaan software paling terkenal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft genap berusia 47 tahun pada 4 April 2022. Perusahaan ini didirikan pada 4 April 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen.

Pada usia 47 tahun, Microsoft boleh jadi merupakan salah satu perusahaan teknologi yang bersejarah. Berkantor pusat di Redmond, Washington, AS, Microsoft kini jadi salah satu perusahaan software terbesar di dunia, dalam hal kapitasi ekuitasnya mencapai USD 2.288 miliar.

Saat ini layanan yang dihadirkan Microsoft pun beragam. Mulai dari sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office, hingga konsol gaming Xbox.

Mengutip Gizchina, Selasa (5/4/2022), Microsoft bermula pada 1975 ketika Bill Gates dan Allen mengembangkan bahasa program bernama BASIC. Bahasa pemrograman ini dipakai untuk berkomunikasi dengan salah satu mikrokomputer pertama, Altair 8800 yang diproduksi MITS.

Setelah kesuksesan ini, Bill Gates dan Paul Allen meninggalkan pekerjaan mereka masing-masing dan menempuh jalan sendiri dengan proyek Micro-Soft mereka. Micro-Soft adalah kependekan dari Microcomputer dan Software.

Kedua sahabat ini pun berfokus pada bahasa pemrograman BASIC dan berhasil menyesuaikannya dengan distributor lainnya sehingga sangat meningkatkan fungsi komputer di tahun itu.

Tahun berlalu, Microsoft terus mengumpulkan kesuksesan dan menjadi pemimpin di sektor teknologi. Saking suksesnya, Microsoft membuka kantor internasional pertamanya di Jepang pada 1980 dan kantor pertama Eropa di Belgia pada 1982.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rilis OS Windows di 1983

Pada 1983, Gates dan Allen mengembangkan sistem operasi Microsoft Windows. Dengan sistem operasi ini, pengguna bisa berkomunikasi dengan PC hanya dengan mengetik di keyboard.

Bahkan, dengan Microsoft Windows, pengguna bisa mengeklik suatu elemen di layar dan mengelola beberapa program yang tak terkait satu sama lain secara bersamaan.

Pada tahun yang sama, mouse diperkenalkan dan terjadilah revolusi nyata di dunia teknologi komputasi.

Sepanjang 1980-an, Microsoft melanjutkan ekspansinya, membuka cabang di Inggris, Prancis, dan Jerman. Bahkan, Microsoft memilih Irlandia sebagai produksi pertama produk Microsoft untuk pasar Eropa.

3 dari 4 halaman

Perusahaan Software Pertama dengan Penjualan USD 1 Miliar Per Tahun

Pada 1990-an, yakni 15 tahun setelah kelahirannya, Microsoft jadi perusahaan software pertama di dunia dengan penjualan melebihi USD 1 miliar per tahunnya. Saking suksesnya, Windows dipakai oleh 9 dari 10 orang.

Perusahaan multinasional Gates dan Allen pun menciptakan penawaran yang makin bervariasi. Meski begitu perusahaan tetap setia pada tujuannya, yakni membuat produk Microsoft dapat diakses dan cocok untuk tiap pengguna.

Pada 2011, Microsoft mengambil alih Skype dan Xbox, yang membuat Microsoft memasuki sektor video game. Pada 2018, Microsoft merilis Windows 10 dan tahun berikutnya Office 2019.

Kini, dari kedua pendirinya tersisa Bill Gates yang jadi salah satu orang terkaya di dunia. Sementara, Paul Allen meninggal dunia pada 15 Oktober 2018 di Seattle, AS, di usianya yang ke-65 tahun.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini