Sukses

Oppo A96 Jalani Ratusan Uji Ketahanan Sebelum Diluncurkan, Apa Saja?

Oppo mengklaim telah melakukan 130 uji ketahanan dan 320 uji komperehensif yang sangat ketat terhadap Oppo A96.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun teknologi pada smartphone kian berkembang secara menyeluruh, kualitas masih menjadi tuntutan dasar yang paling diperhatikan konsumen.

Untuk menentukan apakah smartphone terbuat dari bahan berkualitas dan tahan banting, beberapa standar pengujian dilakukan sejumlah vendor teknologi.

Oppo adalah salah satu produsen teknologi yang selalu melakukan langkah tersebut, sebelum produknya meluncur di pasaran.

Terbaru, Oppo mengklaim telah melakukan 130 uji ketahanan dan 320 uji komperehensif yang sangat ketat terhadap Oppo A96.

Pengetesan itu termasuk uji jatuh, uji colokan kabel USB, ketahanan terhadap cuaca dan radiasi hingga uji tombol dan perlindungan atas lingkungan.

Oppo A96 bahkan sudah tahan debu dengan sertifikasi IP5X, tahan percikan air IPX4, dan tahan tekanan hingga 15 kg. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

50.000 Tes Pengambilan Video

Selain itu, Oppo A96 juga telah mengalami 500.000 klik tombol daya, 150.000 penekanan tombol volume, 200.000 tes plug-in USB, 50.000 tes pengambilan gambar adegan video, serta paparan suhu tinggi 65 derajat dan kelembaban 95 persen selama 14 hari.

Oppo menhklaim, meskipun pengguna mengklik tombol daya 200 kali sehari, Oppo A96 dijamin dapat bertahan selama hampir 7 tahun. Demikian sebagaimana dikutip dari IMedia, Senin (4/4/2022).

Tes yang keras seperti itu juga memastikan bahwa konsumen dapat menggunakannya dengan percaya diri untuk mendukung aktivitas harian mereka.

3 dari 6 halaman

Spesifikasi Kunci Oppo A96 yang Akan Hadir di Indonesia

Oppo baru saja mengungkap kehadiran smartphone terbarunya yang akan hadir dalam waktu dekat di pasar Indonesia, yakni Oppo A96. Sesuai namanya, smartphone ini merupakan penerus Oppo A95 yang meluncur pada akhir tahun lalu.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, Oppo A96 hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya. Salah satu yang paling terlihat adalah ukuran layar smartphone ini.

Aryo menuturkan, Oppo A96 yang memiliki ukuran layar 6,59 inci menjadi perangkat pertama Oppo di seri A yang memiliki layar sebesar iitu. Selain itu, layar smartphone ini memiliki refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.

"Resolusinya Full HD dengan 96 persen NTSC color gamut dan adaptive refresh rate," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (31/3/2022).

Aryo mengatakan, adaptive refresh rate di Oppo A96 bisa menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna saat mengakses aplikasi, tidak sekadar opsi 60Hz atau 90Hz, seperti perangkat lain di kelasnya.

Tidak hanya layar besar, Oppo juga menyertakan speaker ganda di Oppo A96 dan menjadi yang pertama di seri A. Oppo juga menghadirkan kemampuan ekspansi RAM hingga 5GB.

Adapun untuk konfigurasi memori HP Oppo ini adalah RAM 8GB yang dipadukan dengan memori internal 256GB. Pengguna juga masih bisa memperluas kapasitas memorinya dengan microSD hingga 1TB.

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang dipadukan dengan SuperVOOC 33W. "Pengisian daya 30 menit dapat mengisi baterai hingga 55 persen, dan terisi daya 100 persen dalam waktu 71 menit," ujar Aryo menjelaskan.

Sementara dari sisi desain, Oppo A96 hadir dengan Oppo Glow yang membuat tampilannya berkilau dan bebas sidik jari. Untuk pasar Indonesia, Oppo A96 hadir dengan dua pilihan warna, yakni starry black dan pearl pink.

HP Oppo terbaru ini juga disebut dengan menjalani lebih dari 130 uji ketahanan. Oppo A95 telah memiliki sertifikasi tahan debu IPX5 dan tahan percikan air IPX4.

4 dari 6 halaman

Meluncur 7 April 2022

Meski beberapa spesifikasi kunci smartphone ini sudah diungkap. Oppo belum memberikan informasi mengenai chipset yang digunakan berikut konfigurasi kamera smartphone ini.

Menurut Aryo, informasi lengkap Oppo A96 akan diungkap dalam peluncuran yang digelar secara virtual pada 7 April 2022 pukul 15.00 WIB. Acara peluncuran tersebut akan dimeriahkan oleh Diskoria dan Soundwave.

"Peluncuran Oppo A96 dapat disaksikan di akun Oppo Indonesia di TikTok, YouTube, Facebook, Instagram, serta Twitter," tutur Aryo.

5 dari 6 halaman

Oppo A96 Jadi Amunisi Tambahan Oppo Jelang Ramadhan

Terkait kehadiran Oppo A96 yang diumumkan dalam kurun waktu sekitar enam bulan dari Oppo A95, Aryo menuturkan, pertimbangannya adalah Oppo ingin menyajikan lebih banyak produk jelang bulan Ramadhan dan Lebaran.

Menurut Aryo, setelah Oppo memperkenalkan lini Reno7, pihaknya ingin menghadirkan produk baru yang lebih terjangkau menjelang Ramadhan. Karenanya, Oppo A96 hadir untuk pasar Indonesia.

"Ditambah, perangkat Oppo A95 itu mendekati discontinued, sehingga kami menyiapkan Oppo A96 sebelum (Oppo A95) benar-benar habis," tuturnya.

6 dari 6 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.