XL Axiata Ajak UMKM Transformasi Digital dengan Solusi Google Workspace

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 03 Apr 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 03 Apr 2022, 13:00 WIB
XL Axiata
Perbesar
Ilustrasi XL Axiata (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata Business Solutions melebarkan sayapnya untuk membantu UMKM bertransformasi digital. Terbaru, solusi bisnis XL Axiata merilis kartu perdana Biz Starter yang sudah dilengkapi akses ke solusi dari Google Workplace.

Dengan membeli kartu Biz Starter, pelaku UMKM akan mendapat manfaat berupa akses ke sejumlah fitur solusi bisnis dari Google Workspace.

Mereka pun bisa meningkatkan produktivitas usaha sekaligus mendukung cara kerja hybrid dan memperluas kolaborasi dengan cloud Google.

Program bundling XL Axiata-Google Workspace ini bisa didapatkan mulai dari Rp 65 ribu. Dengan harga tersebut, pelanggan bisa mendapatkan kartu perdana Biz Starter Prabayar dengan kuota 5GB dan akses ke sejumlah solusi bisnis Google.

Solusi yang dimaksud mulai dari Gmail, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Meets, Google Calendar, dan Google Drive.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan, pertumbuhan UMKM dan industri kreatif di Indonesia mencapai 64,2 juta.

"Tren positif ini tidak terlepas dari tumbuhnya skala bisnis UMKM yang didukung pemanfaatan teknologi digital pada proses produksi, promosi, hingga pemasaran," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


UMKM Perlu Transformasi Digital

Google Workspace
Perbesar
G Suite berubah nama menjadi Google Workspace. (Doc: Google)

Untuk bisa bersaing di pasaran, menurut Feby, sudah saatnya pelaku UMKM dan industri kreatif perlu bertransformasi digital dan memanfaatkan teknologi.

Guna mempermudah pelaku UMKM bertransformasi digital program bundling Biz Starter dengan Google Workspace pun hadir.

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie mengatakan, dengan teknologi yang tepat dan akses ke perangkat kolaborasi cloud yang kuat, pelaku UMKM bisa berhasil mendorong usahanya.

"Kami berharap kolaborasi dengan XL Axiata bisa memberi kesetaraan kolaborasi. Seluruh karyawan yang bekerja di organisasi besar dan kecil bisa sama-sama berkomunikasi dan berkontribusi, terlepas dari lokasi, peran, pengalaman, bahasa, dan perangkat pilihannya," kata Megawaty.

Salah satu pelaku usaha yang sudah memakai solusi bisnis XL Axiata adalah Haus! Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages ini menyebut telah mengalami perkembangan terlepas dari dampak pandemi.

CEO Haus! Indonesia Gufron Syarif mengatakan, adopsi teknologi digital telah mendukung karyawannya tak hanya dalam bekerja hybrid, tetapi juga berkolaborasi menggunakan layanan berbasis cloud dari Google.


Pelanggan Solusi Bisnis XL Axiata

XL Axiata
Perbesar
XL Axiata mengumumkan kerja sama bidang cloud dengan Google Cloud (Foto: XL Axiata)

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar dan UKM. Mereka bergerak di lebih dari 330 sektor industri.

Selain itu, XL Axiata Business Solutions memiliki berbagai layanan yang berkaitan dengan konektivitas internet korporat, layanan pendorong produktivitas perusahaan, dan juga Internet of Things beserta layanan konsultasi eksklusif.

Solusi bisnis XL Axiata ditopang oleh infrastruktur jaringan dengan total lebih dari 162 ribu BTS, termasuk lebih dari 77 ribu BTS 4G, dan sejak kuartal ketiga tahun 2021  juga mulai melakukan pengembangan jaringan 5G.

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya