Sukses

Xiaomi 12 Ultra, Bukti Debut Kerja Sama Leica dengan Xiaomi?

MIUI mengungkap kemitraan Xiaomi dengan Leica. Apakah benar teknologi pencitraan Leica akan diterapkan di flagship smartphone Xiaomi 12 Ultra yang akan datang?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, beredar kabar kemitraan Leica dan Huawei segera berakhir. Xiaomi pun diisukan menjadi vendor smartphone selanjutnya yang akan kerja sama dengan brand kamera kondang asal Jerman ini.

Kini informasi terbaru, terungkap bahwa Xiaomi akan bekerja sama dengan Leica dalam mengembangkan sistem pencitraan kamera di smartphone flagship Xiaomi.

Mengutip Gizchina, Rabu (30/3/2022), debut Leica di smartphone Xiaomi disebut-sebut akan dimulai pada flagship Xiaomi 12 Ultra.

Berdasarkan laporan, kerja sama antara kedua belah pihak hampir selesai. Baru hari ini, laman xiaomiui.net mengungkap jejak Leica di source code album MIUI.

Nah, filter Leica muncul di source code album MIUI tersebut. Itu artinya, Xiaomi dan Leica kini telah mengembangkan kerja sama strategis.

Menurut laporan yang sama, album MIUI akan hadir dengan filter-filter dari Leica. Dengan filter-filter tersebut, pengguna bisa secara bebas mengambil foto dengan "cita rasa" pabrikan kamera asal Jerman tersebut.

Laporan lainnya mengungkap berbagai spekulasi, bahwa Xiaomi 12 Ultra dengan cita rasa Leica akan debut pada kuartal 2 2022. Smartphone tersebut menggunakan algoritma pencitraan Leica.

Kamera Xiaomi 12 Ultra digadang-gadang juga akan didukung perekaman video 8K dengan filter dari Leica, filter warna natural Leica, filter hitam dan putih, dan lain-lain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xiaomi 12 Ultra Didukung 3 Kamera

Tidak hanya itu, menurut informasi yang sama, smartphone flagship Xiaomi ini akan didukung tiga kamera utama. Ketiga kamera ini adalah dengan resolusi super besar, kamera wide-angle, dan kamera telefoto periskop.

Disebut-sebut, ketiga lensa atau setidaknya salah satunya akan mendukung penggunaan teknologi Optical Image Stabilization (OIS).

Sebelumnya, generasi flagship Xiaomi Mi 11 Ultra sempat mendominasi daftar DxOMark. Kini dengan kerja sama bersama Leica, pencitraan di kamera Xiaomi pun akan meningkat ke level lebih tinggi. Ada kemungkinan hasil kamera Xiaomi 12 Ultra akan mendominasi rating DxOMark.

Tentang Xiaomi 12 Ultra

Selama beberapa bulan terakhir, sudah ada banyak spekulasi mengenai kehadiran Xiaomi 12 Ultra.

Perangkat ini bakal jadi smartphone flagship Xiaomi yang hadir dengan berbagai spesifikasi kelas atas. Laporan yang sama mengklaim Xiaomi 12 Ultra akan hadir dengan layar QuadHD+ AMOLED dan refresh rate 120Hz.

3 dari 4 halaman

Teknologi Kamera di Xiaomi 12 Ultra

Teknologi LPTO di layar OLED Xiaomi diyakini tidak hanya mengurangi konsumsi daya tetapi juga bisa menyesuaikan frame rate layar dengan cerdas.

Dengan konsumsi daya lebih rendah, kinerja baterai pun bisa lebih panjang. Apalagi, refresh rate minimal layar LPTO adalah 1Hz.

Selanjutnya di segmen kamera, kabarnya Xiaomi akan menggunakan sensor flagship dari Sony.

Kamera utama Xiaomi 12 Ultra dipercaya menggunakan lensa 48MP periskop telephoto, sama dengan lensa super wide-angle 48MP-nya. Lebih lanjut, kamera perangkat ini juga kabarnya didukung kemampuan periskop telephoto 5x.

Rumor lainnya juga menyebut Xiaomi 12 Ultra akan diperkuat chipset Snapdragon 8 gen 1 dari Qualcomm dan baterai 4500mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 120Hz. Perangkat ini digadang-gadang punya RAM 12GB.

(Tin/Ysl)

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.