Sukses

XL Axiata Perkuat Jaringan untuk Sambut Ramadan, Trafik Internet Diprediksi Naik 15 Persen

XL Axiata memperkuat dan mengoptimalisasi jaringan untuk menyambut Ramadan dan Lebaran, di mana trafik internet sepanjang masa itu diperkirakan mengalami peningkatan antara 10-15 persen dibandingkan hari biasanya.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memperkuat jaringan telekomunikasi untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran 2022.

Penguatan jaringan dilakukan sebagai antisipasi lonjakan trafik penggunaan sepanjang Ramadan dan libur panjang Lebaran.

XL Axiata memprediksi saat Ramadan dan Lebaran akan ada peningkatan trafik internet antara 10 hingga 15 persen dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyebut, adanya pelonggaran pemerintah yang mengizinkan mudik Lebaran akan membuat mobilitas masyarakat meningkat dibandingkan tahun lalu.

Dengan mobilitas masyarakat, menurut Gede, trafik semua layanan telekomunikasi terutama data akan meningkat.

"Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus dilakukan, baik di permukiman atau di area tujuan mudik. Secara umum kami menyiapkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal," kata Gede, dikutip dari siaran pers XL Axiata, Rabu (30/3/2022).

Selain meningkatkan kapasitas, tim XL Axiata juga melakukan optimalisasi jaringan XL Axiata berdasarkan kemungkinan pergerakan pelanggan saat masa libur Lebaran.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optimalisasi Jaringan

Sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, terutama di Pulau Jawa, bakal jadi perhatian khusus.

Selain karena mobilitas, XL Axiata memperkirakan peningkatan trafik dipicu oleh perkembangan teknologi. Dengan teknologi yang makin maju berkat smartphone dan gadget baru, penggunaan layanan akan meningkat.

Misalnya, kini masyarakat cenderung menggunakan layanan streaming dengan kualitas maksimal.

"Saat ini di hari normal, trafik data XL Axiata sebesar 22 Petabyte (PB). Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan, kami menampung lonjakan trafik nanti kapasitas kami naikkan hingga 3 kali dari hari normal," ujar Gede, memberikan penjelasan.

Untuk menjamin keamanan jaringan dalam melayani masyarakat sepanjang Ramadan dan Lebaran, XL menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang memantau 24 jam serta tim lapangan yang bergerak jika diperlukan.

3 dari 4 halaman

Siagakan Mobile BTS untuk Lonjakan Trafik Tinggi

XL Axiata juga mengerahkan armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Perusahaan juga memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Tidak hanya memperkuat jaringan dan meningkatkan kapasitas, nantinya XL juga menghadirkan program Ramadan dan Lebaran untuk pelanggan prabayar dan pascabayar.

Sekadar informasi, hingga akhir 2021, jaringan XL sudah tersebar di 34 provinsi di 458 kota/kabupaten. Sebagian jaringan sudah melayani masyarakat di pelosok daerah terpencil dan perbatasan negara.

Kini, XL Axiata mengoperasikan 162 ribu BTS, di mana 77 ribu di antaranya adalah BTS 4G. XL Axiata juga memiliki jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113 ribu Km untuk melayani 57,9 juta pelanggan.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.