Sukses

Microsoft Luncurkan Platform untuk Asah Keterampilan Digital Masyarakat Indonesia

Menurut Microsoft, peluncuran ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk terus memberdayakan ekonomi digital Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Microsoft meluncurkan serangkaian platform dan program lokal yang memungkinkan masyarakat Indonesia mengasah keterampilan digital, menciptakan inovasi berbasis teknologi, mematangkan ide, dan memperluas jaringan di mana pun mereka berada.

Melalui keterangan persnya, ditulis Selasa (29/3/2022), perusahaan mengatakan bahwa peluncuran ini merupakan bagian dari komitmen mereka untuk terus memberdayakan ekonomi digital Indonesia.

Platform dan program tersebut antara lain meliputi platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure dalam Bahasa Indonesia, serta platform Microsoft for Startups Founders Hub bagi pemilik startup atau ide startup di Indonesia.

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, mengatakan dalam Roadmap Digital Indonesia 2021-2024, terdapat empat sektor strategis yang memerlukan percepatan transformasi.

Empat sektor itu adalah infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

"Hal ini menunjukkan bagaimana pemberdayaan talenta digital dan ekosistem teknologi di sekitarnya sangat diperlukan," kata Dharma.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Materi Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia

Komitmen Microsoft ini diresmikan dalam acara Dev//Verse: Empowering Developer Universe, konferensi virtual yang mengundang seluruh pegiat teknologi Indonesia, untuk mengenal lebih dekat berbagai platform developer terkini.

Di kegiatan pada 22 hingga 25 Maret 2022 ini, juga dipelajari kisah kolaborasi sukses antara pelaku industri dan talenta digital, mengasah keterampilan dengan skill digital terbaru, serta mengeksplorasi pengembangan usaha atau peluang kerja baru.

"Sejalan dengan tujuan Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, kolaborasi dan dukungan dari berbagai stakeholders pembangunan memainkan peranan penting," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara tersebut.

Microsoft Learn sendiri merupakan platform pembelajaran daring yang menghadirkan ribuan materi informasi teknologi secara gratis.

Sebanyak 396 jalur belajar dan 1.536 modul kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia, dengan mengangkat topik-topik penting seperti cloud, data dan AI, serta keamanan siber.

Adanya materi yang dilokalisasi ini diharap dapat mendukung pemenuhan kebutuhan Indonesia akan sembilan juta talenta digital hingga 2035 mendatang.

Jumlah materi yang dilokalisasi pun akan terus diperbanyak agar dapat semakin mendukung pemberdayaan talenta digital nasional. Khusus untuk topik cloud Azure, seluruh jalur belajar dan modul kini sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan untuk Startup

Selain itu, portal inovasi Azure yang kini juga telah tersedia dalam Bahasa Indonesia. Ini adalah sebuah portal yang memungkinkan developer dan talenta digital untuk membangun inovasi mereka di platform cloud Microsoft Azure.

Microsoft juga meluncurkan Microsoft for Startups Founders Hub untuk mendukung pendiri dan pemilik ide startup, agar dapat mematangkan dan mewujudkan ide, mengembangkan usaha, dan meningkatkan skala bisnis mereka.

Microsoft for Startups Founders Hub menawarkan bantuan teknologi, mentoring, dan dukungan go-to market yang diperlukan startup untuk mencapai prestasi mereka berikutnya, semuanya secara gratis.

Lebih lagi, startup dapat membangun bisnis mereka sesuai kesiapan dan kecepatan masing-masing menggunakan teknologi Azure dengan nilai hingga US$ 150 ribu (sekitar Rp2,1 miliar) secara gratis.

"Semua ini kami lakukan agar dapat mendampingi Indonesia di setiap langkah dan proses transformasi digital dalam negeri; memberdayakan sebanyak mungkin individu dan organisasi untuk ikut mengambil bagian dalam perjalanan ini,” pungkas Dharma.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.