20 Tim Terpilih sebagai Startup Finalis Indonesia Digital Tribe

Oleh M Hidayat pada 27 Mar 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 27 Mar 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan
Perbesar
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Digital Tribe (IDT) memasuki fase akhir setelah melalui serangkaian proses. Hasilnya, 20 tim terpilih sebagai startup finalis di fase ini.

Diharapkan, ajang Indonesia Digital Tribe mampu mendorong kehadiran lebih banyak startup bertitel soonicorn dan unicorn baru di berbagai sektor. Sebut saja Edutech, Fisheries, Healtech, Ecommerce, Agritech, Fintech, Logistik, dan Social Impact.

Terlibat sebagai Head Mentor di program Indonesia Digital Tribe, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, serta Pendiri Narasi Najwa Shihab. Erick Thohir menyoroti pentingnya ekosistem dalam pengembangan industri teknologi.

"Kita harus mempunyai ekosistem sendiri, road map sendiri sebagai dunia Indonesia, bukan dunia orang lain. Kita harus memastikan eksositem ini yamg menang," ujar Erick beberapa waktu lalu di fase awal ajang ini.

Kalau tidak, menurut dia, ekosistem tersebut akan lebih banyak didominasi oleh orang lain.

"Ekosistem itu harus kita menangkan. Teknologi tidak bisa terelakkan, dunia baru akan kita hadapi," tutur Erick.

Sejauh ini, 20 tim terpilih telah menyisihkan lebih dari 18.934 orang pendaftar dan 1.463 ide inovatif. Mereka akan melakukan showcase, pitching, dan mengenalkan prototipe produk mereka di hadapan Corporate Venture Capital Badan Usaha Milik Negara. Prototipe terbaik yang berasal tiga tim akan mendapatkan hadiah 300 juta.

Pada acara puncak IDT Final Day: Let's Kickstart The Future pada Kamis (31/3/2022) mendatang, akan ada juga sesi konferensi dan roundtable.

Selain itu, ada pula sesi coaching clinic, seleksi terbuka bagi peserta terdaftar IDT dan publik untuk berdiskusi bersama perwakilan Corporate Venture Capital.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


10 dari 20 Finalis

Startup
Perbesar
Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Gurumuda

Gurumuda berfokus pada pengembangan media sosial untuk guru, dan bermimpi mewujudkan kualitas pendidikan Indonesia lebih setara. Gurumuda hadir sebagai platform bagi guru-guru untuk saling terhubung dan membantu, sehingga mereka dapat meningkatkan kapasitas untuk mewujudkan pendidikan Indonesia lebih baik.

Hello HOPE

Hello Hope adalah asisten kesehetan mental pribadi yang membantu mengguna untuk mendapatkan rekomendasi self-care dan dukungan komunitas yang disesuaikan dengan problem dan karakter masing-masing.

Platform ini berupaya menjawab masalah yang ada di generasi Z rentang usia 21-25 tahun yang sedang mengalami quarter life crisis.

JadiBoss

JadiBoss adalah platform jual beli waralaba yang menyediakan beragam variasi pilihan jenis dan harga.

Di dalamnya tersedia fitur edukasi untuk memberi wawasan pada customer seputar dunia bisnis waralaba.

 


Jlantah.Hero

Jlantah.Hero merupakan startup pengolahan minyak jelantah menjadi berharga. Visi perusahaan rintisan ini adalah membentuk ekosistem siklikal pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel dengan konsep pemberdayaan masyarakat.

Kindboard

Kindboard berfokus terhadap isu pelecehan seksual di lingkungan pendidikan indonesia. Aplikasi Kindboard memiliki fitur yang dapat mengintegrasikan stakeholder profesional dalam menjembatani penyelesaian kasus pelecehan seksual serta keyboard berbasis AI dalam menanggulangi pelecehan seksual secara verbal.

Kudata

Kudata adalah platform survey gratis 100% No.1 di Indonesia dengan misi untuk mempercepat siswa menjadi generasi berbasis data. Fitur utama Kudata mencakup mengiklankan, mengisi, dan mensponsori survey.

Kutik-In

Kutikin merupakan aplikasi mobile yang menyediakan produk-produk isi ulang dan daftar toko yang menjual produk isi ulang terutama produk-produk kebutuhan rumah tangga. Kutikin mempunyai visi untuk mengurangi sampah berkemasan plastik di Indonesia dan menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

 


Laut Ekonomis

Laut Ekonomis adalah layanan yang bergerak di bidang perikanan dan kelautan untuk distribusi bahan baku hasil laut. Platform ini memudahkan customer mendapatkan produk berkualitas dan terjamin.

Mixture

Mixture adalah sebuah platform musik yang bertujuan meningkatkan nilai ekonomis industri musik. Mixture berharap bisa mengubah nilai tambah produk musik, sehingga memiliki nilai ekonomi lebih tinggi serta menjadi jawaban untuk segala kebutuhan pelaku industri musik.

Pabrik Tani

Pabrik Tani merupakan suatu ekosistem rantai pasok dari hulu ke hilir untuk mewadahi petani dalam melakukan komunikasi dengan pihak UMKM jasa.


Infografis 4 Unicorn di Indonesia

Infografis 4 Unicorn di Indonesia
Perbesar
Infografis 4 Unicorn di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya