Sukses

WhatsApp Mulai Gulirkan Fitur Multi-Device Pekan Depan

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp akan meluncurkan fitur Multi-Device untuk iOS dan Android dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan akan mulai menggulirkan fitur Multi-Device untuk para pengguna pekan depan, setelah sebelumnya fitur ini hadir dalam versi beta. Informasi ini diketahui dari unggahan WABetaInfo.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (25/3/2022), fitur ini akan hadir lebih dulu untuk pengguna iOS dan disertai dengan sejumlah peningkatan pada akhir bulan ini atau pekan depan. Sementara pengguna Android baru akan mendapatkannya di April 2022.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun WhatsApp miliknya hingga ke empat perangkat lain secara mandiri. Dengan kata lain, smartphone sebagai perangkat utama sebuah akun tidak perlu selalu online.

Kendati demikian, fitur Multi-Device WhatsApp ini diketahui hanya mendukung penggunaan di WhatsApp Web, Desktop, atau perangkat lain. Untuk itu, dari versi beta yang ada saat ini, fitur Multi-Device tidak mendukung penggunaan di smartphone lain.

Selain akan diluncurkan secara penuh, WhatsApp juga akan meningkatkan kecepatan login. Jadi, durasi untuk mengunduh atau menampilkan pesan di perangkat lain kini lebih cepat.

Sebagai informasi, fitur ini merupakan salah satu yang sangat dinantikan pengguna WhatsApp. WhatsApp sendiri sudah melakukan uji coba fitur ini sejak delapan bulan lalu.

Menurut WhatsApp Head Will Cathcart, tantangan untuk menghadirkan fitur WhatsApp Multi-Device adalah mempertahankan enkripsi end-to-end. Karenanya, pengembangan fitur ini disebut membutuhkan waktu yang lama.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Gulirkan Emoji Reaction di Versi Beta Android

Sebelumnya, fitur Emoji Reaction WhatsApp atau reaksi emoji diperkirakan segera hadir di WhatsApp, terutama versi Android.

Hal ini seiring dengan laporan WABetaInfo yang melaporkan emoji reaksi bakal mulai terlihat di WhatsApp beta Android versi 2.22.8.3.

Dengan fitur Emoji Reaction, pengguna bisa dengan mudah dan cepat memberikan respon untuk setiap pesan yang masuk.

Mengutip laman The Verge, Rabu (23/3/2022), untuk menggunakan fitur baru WhatsApp ini, pengguna hanya perlu menekan agak lama pada pesan yang diterima.

Nah, fitur ini memungkinkan pengguna memberikan reaksi dengan satu dari enam emoji yang disediakan.

Keenam emoji yang ada di fitur ini mulai dari jempol ke atas, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut, atau tangan terlipat yang biasa diartikan sebagai 'terima kasih'.

WhatsApp meluncurkan fitur Emoji Reaction secara bertahap di Android.

3 dari 3 halaman

Segera Hadir juga di iOS

Bersamaan dengan hadirnya fitur Emoji Reaction di Android versi beta, ada sejumlah tanda kalau fitur ini bakal segera dirilis di WhatsApp versi iOS dan aplikasi WhatsApp desktop.

Pasalnya, sejak awal Januari lalu, aplikasi beta WhatsApp di iOS telah memiliki tombol untuk mengontrol Reaction Notifications atau notifikasi reaksi. Pengaturan serupa juga ada pada versi beta aplikasi desktop WhatsApp sejak awal bulan Maret ini.

Emoji Reactions telah menjadi fitur yang banyak hadir di berbagai layanan perpesanan. iMessage sudah punya fitur tersebut, demikian pula Facebook Messenger, aplikasi Google Message, hingga DM Twitter. Bahkan Telegram juga memiliki fitur serupa.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini