Sukses

Kreator GIF Stephen Wilhite Meninggal Dunia di Usia 74 Tahun

Meski identik dengan meme internet saat ini, ternyata bukan itu alasan Stephen Wilhite membuat GIF saat bekerja di CompuServe pada 1980-an.

Liputan6.com, Jakarta - Stephen Wilhite, penemu GIF dikabarkan telah meninggal dunia minggu lalu di usia 74 tahun. Kabar ini didapatkan The Verge dari Kathaleen, istri sang mendiang. Disebutkan, Stephen meninggal karena Covid-19.

Adapun gambar GIF (Graphics Interchange Format) saat ini terhitung sangat populer, dan digunakan untuk berbagai reaksi, pesan, dan lelucon di berbagai layanan pesan atau media sosial.

Meski identik dengan meme internet saat ini, ternyata bukan itu alasan Stephen Wilhite membuat GIF saat bekerja di CompuServe pada 1980-an.

Dikutip dari The Verge, Kamis (24/3/2022), GIF diperkenalkan sebagai cara untuk mendistribusikan "grafik berkualitas tinggi, resolusi tinggi" dalam warna pada saat kecepatan internet sangat rendah dibandingkan dengan sekarang.

"Dia menemukan GIF sendirian - dia benar-benar membuatnya di rumah dan membawanya ke tempat kerja setelah menyempurnakannya," kata Kathaleen.

"Dia akan mencari tahu semuanya secara pribadi di kepalanya dan kemudian pergi ke kota untuk memprogramnya di komputer."

 * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Bikin GIF dari Video di WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Di sisi lain, WhatsApp mendukung lampiran file dengan berbagai format, termasuk gambar atau foto. Selain gambar JPG/JPEG, pengguna WhatsApp juga dapat saling berkirim dan menerima GIF.

Nah, buat kamu yang belum tahu, ada satu trik mudah untuk membuat GIF langsung di aplikasi WhatsApp.

Saking mudahnya, trik ini tak memerlukan aplikasi pihak ketiga lainnya. Penasaran bagaimana cara membuat GIF di WhatsApp, simak penjelasannya berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Langkah Buat GIF untuk WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Adem Ay

Langkah pertama, pilih menu lampiran yang direpresentasikan dengan ikon klip. Lalu pilih video yang hendak kamu ubah jadi GIF.

Setelah itu, potong durasi video menjadi 7 detik atau lebih pendek. Di bagian kanan atas, kamu akan segera mendapati ikon GIF muncul tepat di sebelah ikon video, yang selanjutnya kamu pilih.

Berikutnya, kamu tentukan potongan video yang menurut kamu cocok untuk dibuat GIF dan dikirim ke teman, keluarga, ataupun grup WhatsApp.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini