Sukses

Review Oppo Reno7 5G: Usung Desain Menarik dengan Performa Ciamik

Berikut ulasan Tekno Liputan6.com mengenai Oppo Reno7 5G yang baru saja meluncur di pasar Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Reno7 5G telah meluncur menjadi salah satu smartphone terbaru Oppo di pasar Indonesia. Smartphone ini diperkenalkan bersama Reno7 Z 5G dan sudah mulai dijual di Tanah Air sejak pekan lalu.

Ketika diperkenalkan pertama kali, seri Reno7 hadir dengan fitur portrait yang menjadi salah satu andalannya. Namun tidak hanya itu, Reno7 5G juga dibekali dengan sejumlah spesifikasi dan desain yang tidak kalah apik.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 7.499.000 ini. Nah, lantas bagaimana pengalaman kami dalam menggunakan smartphone ini? Berikut ulasan mengenai Oppo Reno7 5G.

Desain

Bicara soal desain, kami melihat Oppo Reno7 5G melakukan perubahan yang cukup signifikan. Tidak ada lagi, frame dengan sudut yang kaku seperti yang ada di Reno6 5G.

Sebagai gantinya, frame Reno7 5G dibuat lebih membulat. Begitu juga, dengan bodi belakang Oppo Reno7 yang didesain melengkung, sehingga terasa lebih nyaman dan mantap saat digenggam.

Sekilas, desain smartphone ini mengingatkan kami pada Reno6 non 5G yang juga rilis tahun lalu.

Penampilan Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Pada Reno7 5G, Oppo menggunakan teknik LDI (Laser Direct Imaging). Teknik ini diklaim menjadi yang pertama digunakan pada eksterior perangkat smartphone. Secara umum, LDI merupakan teknik yang biasanya digunakan pada proses fabrikasi semikonduktor.

Sementara pada Reno7 5G, teknik ini digunakan untuk menghadirkan efek visual lebih nyata. Dalam hal ini, Oppo meniru pola jejak bintang di angkasa. Kebetulan, kami mendapatkan varian warna starry black.

Secara tampilan, warna hitam di smartphone ini memang tidak terlalu pekat, tapi efek yang diberikan tetap membuatnya terasa unik dan tetap premium. Bodi belakang yang bertekstur juga membuatnya tidak licin, sehingga penggunaan satu tangan masih dimungkinkan.

Terlebih, dengan bodinya yang tipis dan bobotnya yang terbilang ringan, penggunaan dengan satu tangan untuk mengakses menu di bagian layar bagian bawah dan tengah tidak menyulitkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Penggunaan

Reno7 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 5G. Selama penggunaan, kami merasa tidak ada kendala sama sekali.  Mulai dari membuka atau menutup aplikasi, lalu mengganti layar ke aplikasi lain. Semuanya bisa dilakukan dengan baik.

Dukungan refresh rate 90Hz juga membuat pengalaman mengakses aplikasi di smartphone ini lebih mulus. Namun, kamu juga bisa menggantinya ke opsi standar atau 60Hz untuk menyimpan lebih banyak daya baterai.

Saat digunakan untuk menonton, pengalaman dengan smartphone ini juga terbilang menyenangkan. Ditambah, Reno7 5G sudah didukung sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD, sehingga gambar yang dihasilkan lebih detail.

Penampilan Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hanya, hal yang menjadi perhatian kami adalah absennya stereo speaker. Meski satu speaker yang ditawarkan sudah cukup, tapi dengan adanya speaker ganda tentu bisa menambah pengalaman menonton yang lebih optimal.

Ketika diajak bermain game, smartphone ini juga mampu melakukannya dengan baik. Dalam hal ini, kami mencoba memainkan game Call of Duty Mobile dengan kualitas grafis tinggi.

Penampilan Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasilnya, kami bisa memainkan game dengan lancar dan tidak ada lag. Suhu saat memainkan game dalam waktu sekitar 20 menit pun terbilang hangat dan tidak terlalu berlebih.

Reno7 5G memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh yang mendukung 65W SuperVOOC. Selama pemakaian kurang lebih 2 minggu, kombinasi keduanya harus diakui sangat bisa diandalkan.

Dengan kapasitas tersebut, Reno7 5G ternyata mampu bertahan dari pagi hingga malam dalam pemakaian normal.

Pemakaian normal yang kami maksud adalah mengakses media sosial, chatting, mendengarkan musik ataumenonton YouTube dengan durasi maksimal 2 jam sehari, serta sesekali bermain game dengan durasi sekitar 20-30 menit.

Apabila baterai habis, dukungan 65W SuperVOOC memungkinkan baterai smartphone ini terisi penuh dari kapasitas baterai 20 persen, hanya dalalm waktu sekitar 30 menit saja. Karenanya, smartphone ini bisa menjadi pilihan mereka yang sangat aktif dan memiliki mobilitas tinggi.

Tampilan ColorOS 12 yang ada di Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Beralih ke software, ColorOS 12 harus diakui juga sangat intuitif dan nyaman digunakan. Tampilannya yang sederhana didukung fitur yang beragam membuat adaptasi lebih mudah, terutama mereka yang belum pernah memakai smartphone Oppo sebelumnya.  

3 dari 4 halaman

Kamera

Bicara soal kamera, Oppo Reno7 5G hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP f/1.7, lensa wide angle 8MP f/2.2, serta lensa makro 2MP f/2/4.

Lalu kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP.

Setelah diuji coba, kemampuan kamera smartphone ini terbilang apik dan bisa diandalkan. Kualitas fotonya bagus dan terbilang detail.

Saat dipakai untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya, smartphone ini juga mampu melakukannya dengan baik ditambah sudah mendukung fitur Night Mode.

Kami juga sempat mencoba mengambil foto dengan fitur Portrait yang menjadi andalan lini Reno7. Hasilnya, seperasi dengan latar terbilang rapih dan membuat foto terlihat lebih estetik.

Untuk mengetahui seperti hasil kamera smartphone ini, berikut ada beberapa di antaranya:

Lensa Ultrawide, Utama, dan 2X Zoom

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Outdoor

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Portrait dengan Kamera Belakang Oppo Reno7 5G

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Kamera Depan Oppo Reno7 5G

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Malam Hari Tanpa Night Mode

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Malam Hari dengan Night Mode

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Lensa Makro Oppo Reno7 5G

Hasil foto kamera Oppo Reno7 5G. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Oppo Reno7 5G merupakan smartphone yang bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan. Mulai dari multimedia, kamera, hingga keperluan bermain game.

Bahkan, soal daya tahan baterai dan pengisian daya yang terbilang sangat cepat, patut diacungi jempol, karena akan sangat menunjang kebutuhan pengguna dengan intensitas tinggi.

Kemampuan kameranya pun terbilang apik dan sangat bisa diandalkan. Fitur portrait yang menjadi perhatian juga terbukti mampu memberikan hasil yang bagus.  

Ditambah, sesuai namanya, smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G. Karenanya, smartphone ini bisa menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin memiliki smartphone 5G dengan kemampuan lengkap di kelas menengah.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi perhatian kami, seperti absennya fitur stereo speaker. Padahal, kemampun ini sudah ditemukan di beberapa smartphone di rentang harga Reno7 5G, yakni 7 jutaan.

Selain itu, untuk perlindungan, meski Oppo sudah membekali smartphone ini dengan Corning Gorilla Glass 5, sertifikasi ketahanan air atau debu, bahkan untuk cipratan belum tersedia.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.