Sukses

Marc Marquez, Fabio Quartararo, dan Miguel Oliveira Terpopuler di Instagram Selama MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022 begitu riuh dan ramai diperbincangkan di media sosial, momen Marc Marquez terjatuh jadi yang paling banyak disaksikan. Selain itu, ada juga tiga pebalap yang paling populer di Instagram, menurut data dari Meta.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran MotoGP Mandalika 2022 mendapat sambutan baik di kalangan pecinta olahraga di Indonesia dan dunia melalui Facebook dan Instagram.

Ajang balap motor internasional bergengsi yang berlangsung tanggal 18-20 Maret 2022 ini dimenangkan pebalap Red Bull KTM asal Portugal Miguel Oliveira. Oliveira menerima trofi kemenangan langsung dari Presiden Joko Widodo.

Euforia MotoGP Mandalika 2022 pun masih terasa di media sosial. Sejumlah pebalap seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo hingga Miguel Oliveira pun terpopuler di Instagram.

Bahkan menurut data Crowd Tangle yang dihimpun Meta, adanya tren dan interaksi di Facebook dan Instagram yang diciptakan oleh komunitas olahraga dan pecinta MotoGP.

Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan komunitas olahraga adalah salah satu komunitas paling populer dan aktif membangun interaksi bermakna di Indonesia.

"Teknologi-teknologi Meta seperti Facebook dan Instagram hadir untuk membantu komunitas olahraga saling terhubung, berbagi inspirasi, dan berinteraksi. Ketika mereka saling menemukan teman dengan minat serupa, dunia olahraga akan makin berkibar," kata Lydian dalam keterangan Meta, Selasa (22/3/2022).

Data Meta mengungkap, ada tiga tagar yang paling banyak muncul di Facebook dan Instagram. Ketiga tagar tersebut adalah MotoGP, Mandalika, dan IndonesiaGP.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detik-Detik Marc Marquez Kecelakaan Paling Banyak Ditonton

Para penggemar dan komunitas olahraga juga aktif berinteraksi dan berbagi informasi terkini seputar MotoGP dengan pembalap favorit mereka, melalui Facebook Group.

Di Indonesia, lebih dari 1,6 juta orang jadi bagian dari sekitar 700 komunitas yang menyukai MotoGP di Facebook.

Data Crowd Tangle pada 18-20 Maret 2022, dukungan bagi perhelatan MotoGP membanjiri Instagram. Total ada 35,5 juta interaksi seputar MotoGP Mandalika di platform berbagi video dan foto tersebut.

Salah satu unggahan terpopuler di Instagram terkait MotoGP Mandalika 2022 adalah video dari akun resmi MotoGP @motogp.

Video tersebut yang menampilkan detik-detik pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami kecelakaan di tikungan 7 pada sesi pemanasan. Kecelakaan Marquez terjadi beberapa jam sebelum balapan utama dimulai.

Tidak hanya itu, peggemar MotoGP juga saling berinteraksi melalui Facebook. Data memperlihatkan ada lebih dari 36 ribu unggahan di Facebook dengan lebih dari 8 juta interaksi terkait MotoGP Mandalika 2022.

 

3 dari 4 halaman

Pebalap dan Tim Balap MotoGP Terpopuler di Instagram

Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 membuat pebalap mendapatkan perhatian dan makin populer di media sosial Instagram.

Ada tiga pebalap yang paling populer selama gelaran MotoGP Mandalika 2022, yakni Marc Marques (@marcmarquez93), Fabio Quartararo (@fabioquartararo20), dan sang juara MotoGP Mandalika 2022 Miguel Oliveira (@88migueloliveira).

Ketiganya merupakan pebalap dengan interaksi tertinggi di Instagram, sepanjang berlangsungnya MotoGP Mandalika 2022.

Bukan hanya itu, racing team yang bekerja di balik layar juga jadi perbincangan netizen. Monster Energy Yamaha MotoGP @yamahamotogp, yang menaungi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Kedua, Repsol Honda Team (@hrc_motogp), hingga Pramac Racing (@pramacracing) dengan pembalap unggulan Johann Zarco dan Jorge Martin menjadi tim balap MotoGP dengan interaksi tertinggi di Instagram.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Sirkuit Mandalika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.