Sukses

Aplikasi Google di Android Izinkan Pengguna Hapus Riwayat Pencarian 15 Menit Terakhir

Aplikasi Google di Android kini mengizinkan pengguna menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir mereka di Chrome. Fitur privasi ini sebelumnya sudah hadir pada Juli 2021 untuk pengguna iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Google menambah kemampuan menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir untuk aplikasi Google di Android.

"Kami kini menggulirkan fitur ini (menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir) di Android dan berupaya agar tersedia untuk semua pengguna aplikasi Google dalam beberapa minggu ke depan," kata juru bicara Google Ned Adriance, dalam pernyataan kepada The Verge, dikutip Selasa (22/3/2022).

"Kami terus mengeskplorasi berbagai cara-cara membawa fitur yang berguna ini ke pengguna," katanya, menambahkan.

Fitur hapus riwayat pencarian Google 15 menit terakhir ini pertama dilihat oleh mantan Pemred XDA Developer Mishaal Rahmad. Selanjutnya, editor The Verge juga mendapati fitur tersebut di aplikasi Google pada ponselnya.

Untuk mengecek dan melihat apakah di Android kamu sudah tersedia fitur ini, pengguna Android bisa membuka aplikasi Google di ponsel mereka, ketuk foto profil, dan lihat opsi "Delete last 15 min" atau "Hapus 15 menit terakhir."

Sekadar informasi, butuh waktu agar fitur ini bisa masuk ke aplikasi Android. Google pertama kali mengumumkan fitur hapus riwayat pencarian 15 menit terakhir itu pada Google I/O Mei lalu. Fitur tersebut baru hadir di aplikasi iOS Google pada bulan Juli atau berselang dua bulan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semula Dijadwalkan Rilis Pada 2021

Pada saat itu, Google mengatakan, fitur hapus riwayat pencarian 15 menit terakhir pada aplikasi versi Android di tahun 2021. Namun karena beberapa alasan, Google melewatkan tenggat waktu yang ditentukannya.

Tak jelas apakah Google berencana untuk membawa fitur tersebut ke desktop. Namun dalam unggahan pengumuman pada Mei lalu, Google tidak menentukan platform mana yang akan kebagian fitur hapus riwayat pencarian 15 menit terakhir.

Kemudian, pada Juli 2021, Google mengatakan, fitur ini akan hadir di aplikasi iOS dan Android.

Sebelumnya, Google menawarkan tools untuk secara otomatis menghapus riwayat pencarian pengguna dengan waktu 3 bulan terakhir, 18 bulan terakhir, atau 36 bulan terakhir.

3 dari 4 halaman

Sudah ada di Google iOS Sejak 2021

Sebelumnya, Google meluncurkan privasi baru untuk pencariannya. Lewat fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir mereka di Chrome mobile untuk iOS.

Mengutip The Verge, Jumat (16/7/2021), opsi baru ini pertama diungkap bersama dengan beberapa update lainnya pada Chrome, dalam ajang I/O 2021. Kini, opsi tersebut tersedia untuk lebih banyak pengguna, terutama untuk pengguna di iOS. 

Dikutip dari blog Google, kontrol auto-delete riwayat pencarian yang dapat dipilih pengguna kini makin beragam. Misalnya hapus otomatis riwayat pencarian 3, 18, atau 36 bulan terakhir dan terbaru 15 menit terakhir.

Dengan opsi ini, seluruh riwayat pencarian akan dihapus sesuai waktu yang dipilih. Jika memililh menerapkan hapus otomatis hasil pencarian 15 menit terakhir, riwayat pencarian 15 menit terakhir akan dihilangkan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini